25.1 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Pelatihan Guru On Line "Sagusagelas".
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Peningkatan kompetensi guru di semua satuan pendidikan, merupakan kebutuhan pokok pendidik, walaupun itu dalam kondisi darurat bencana Covid 19. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan Komunitas Guru melaksanakan Pelatihan Guru On Line yang bertajuk “Satu Guru Satu Google Classroom”(Sagusagelas”)
Pelatihan ini dilakukan secara daring/jarak jauh dengan peserta berjumlah 114 orang guru dari satuan SD hingga SMA/SMK.Pendidik mengikuti pelatihan hanya dengan melalui Hp Androitnya.Kadisdikbud Lima Puluh Kota Indrawati pada waktu membuka Pelatihan 5 Mei 2020 menegaskan.
Guru Milenial harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dengan memiliki kemampuan untuk mengkritisi masalah pembelajaran yang efektif, menyelesaikan masalah, berkolaborasi dan berkomunikasi,kreaktif dan inovatif,mampu berliterasi serta menguasai tekhnologi informasi” ujarnya.Pelatihan ini juga sebagai alat pengukuran untuk menguji kemampuan guru dalam memanfaatkan tekhnologi informasi dalam pembelajaran antara peserta didik dan pendidik atau sesama pendidik, tukuk Kadisdikbud.
Nazli Anas,S.Pd Ketua Panitia kegiatan menjelaskan bahwa pelatihan guru on line ini cukup diminati oleh pendidik dari SD sd SMA/SMK “Pelatihan Sagusagelas ini bekerjasama dengan komunitas guru Ikatan Guru Indonesia berlangsung 4 sd 12 Mei 2020” ujar Guru Olahraga ini dengan penuh semangat menjelaskan.
Peserta pelatihan cukup berada di rumah saja dengan mengaktifkan hpnya dan mencari alamat situs yang diinfokan Panitia,via aplikasi Webek “Kondisi Covid 19 ini memberikan pelajaran untuk guru, untuk menguasai tekhnologi informasi, sehingga pembelajaran tidak terkendala” ujar Nazli Anas.Selanjutnya narasumber adalah Mike Ritaliah,S.Si,M.Si, Riza Asfa,S.Si.M.Si dan Afdhal,S.Pd Pengurus MGMP Bhs. Inggris Kab.Lima Puluh Kota.Nara sumber akan memberikan materi tentang Keunggulan Google Classroom dan pengelolaan kelas,materi ,tugas dan quiz.
Selanjutnya Nazli Anas menuturkan kebanggaannya peserta tidak hanya berasal dari Sumbar tetapi juga diikuti guru daerah lain di Indonesia.”Kita sangat bangga pelatihan guru online yang dikelola guru di Lima Puluh Kota juga diminati guru dari daerah lain dan tidak dipungut biaya” ujarnya.
Kondisi kekinian telah menjadikan guru lebih kreaktif dan inovatif untuk menjalankan tugas mulia sebagai pendidik anak bangsa.(Hms)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
- Advertisement -

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -