Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,– Banjir tahunan yang kerap menimpa kawasan Tanjung Anau, Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara mendapat perhatian serius dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Rabu (9/1) pagi, Walikota Riza meninjau saluran irigasi Bandar Padang gantiang dikawasan tersebut yang sering meluap dan menyebabkan terjadinya banjir. Hasilnya walikota menemui banyak titik saluran irigasi yang endapan sedimennya sangat tinggi, sehingga volume air tertampung menjadi kecil.

“Pagi ini saya bersama Kadis PU, dan camat sengaja turun lapangan, meninjau irigasi Banda Padang Gantiang yang kerap meluap ini, kenapa tiap musim hujan banjir, ternyata sedimennya sudah sangat tebal, ini harus di keruk agar volume air hujan tertampung optimal,” ujar Riza Falepi.

Untuk mengangkat sedimen yang mendangkalkan irigasi, walikota mengusulkan untuk dilakukan secara gotong royong. Disamping memperkuat kearifan lokal, pengangkatan sedimen dinilai tidak terlalu sulit.

“Saya lihat dibeberapa titik bisa diselesaikan melalui gotong royong, dan dibeberapa titik lagi diperlukan alat berat untuk bisa mengangkat endapan sedimen berupa material yang masuk ke saluran irigasi, tolong segera kita agendakan Goro,” ujar Walikota kepada Camat Payakumbuh Utara, Nurdal yang turut memdampingi kelapangan.

Dikatakan, untuk menyemangati warga bergoro, dirinya siap menyumbang satu ekor kambing untuk dimasak dan dijadikan santap siang warga. “Ajak warga Goro pak Camat, saya siap turun, nanti kito bantu kambiang agak satu ekor untuk dimasak, makan gulai kambiang basamo kito habis goro,” ujar Walikota disambut anggukkan camat.

Meski akan Goro, Walikota Payakumbuh juga memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk menyediakan anggaran perbaikan saluran bandar irigasi tersebut agar fungsi irigasi bisa maksimal.

“InsyaAllah anggaran perbaikan pada tahun ini juga kita siapkan pak,” ujar Kadis PUPR, Muslim.(rel)

loading...