Padang Pariaman,beritasumbar.com. Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman Mendapatkan Pelayanan Gratis di “GAPURA PAPA” ( Gerai Pelayanan Untuk Rakyat Padang Pariaman ) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman yang Ke–186. Acara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Padang Pariaman Paritmalintang mulai dari tanggal 9,10 dan 11 Januari 2019, yang diawali dengan lomba Marathon 10 K yang diikuti oleh kaum Adam. Start yang dilepas oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur juga sebagai tanda di bukanya perayaan HUT Kab Padang Pariaman yang Ke-186 sejak 11 Januari 1833-11 Januari 2019.

Lomba Marathon 10K dengan rute start di Halaman Kantor Bupati -IKK Parit Malintang – Simpang Pasa Dama – Jalan Raya Padang Bukittinggi – Simpang Parit Malintang – TK Pembina – Dinas Pendidikan – Finist di IKK.

Bupati mengintruksikan melalui Wakilnya Suhatri Bur “disamping untuk memeriahkan ulang tahun Padang Pariaman,Lomba Marathon 10K ini dijadikan sebagai agenda rutin dengan pelaksanaannya setiap seminggu sekali dengan program membudayakan olahraga di Padang Pariaman”Ujar Suhatri Bur pada Raby  9/01.

Perayaan Ulang Tahun kali ini dirancang beda dengan tahun sebelumnya berbagai pelayanan gratis disediakan di Gapura Papa serta Bazar Usaha Kecil dan Menengah melalui Pameran Pembangunan, juga menampilkan Kesenian Tradisi Anak Nagari seperti Silat, Ulu ambek dan Randai serta Kesenian tradisional Minang lainya.

Pelayanan di Gapura Papa tersebut dari sejumlah instansi pemerintahan di daerah dan swasta serta BUMD yang ada di Kabupaten Padang pariaman yang memberikan pelayanan di antaranya pelayanan pemeriksaan kesehatan, periksaan tekanan darah, IVA, laboratorium, konseling kesehatan, dan gizi serta disediakan pelayanan administrasi kependudukan mulai dari KTP-el, kartu keluarga, hingga akta kelahiran dan pelayanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Pajak Bumi dan Bangunan, pajak kendaraan,Perpustakaan ,Informasi data, pelayanan administrasi nikah, bimbingan Islam, serta pelayanan Keluarga Berancana, dan vaksinasi terhadap hewan peliharaan, pada stand Dinas Pertanian juga diberikan pinjaman alsintan untuk masyarakat petani, pelayanan pinjaman alsintan tersebut melalui kelompak tani .

“Padang Pariaman dalam keterpurukan pasca gempa 2009 yang sempat luluh lantak dikala itu Pemerinthan Kabupaten ini menargetkan pemulihan dalam jangka 15 tahun, tapi kerja keras Pemerintahan Daerah dan Pemerintah Pusat Kabupaten Padang Pariaman kini sudah dirasakan oleh masyarakat pesatnya perkembangan pembangunan dan Insprastruktur serta berbagai pelayanan publik disetiap bidang.

Di Usia tua Kabupaten Padang Pariaman terus menampakan kemampuan dalam ketegaran semangat pembangunan berbagai fasilitas umum dan sarana trasnportasi serta pengembangan wisata dan sumber daya manusia melalui pendidikan dan inovasi daerah serta pengembangan iptek terhadap pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman.

Kekinian Kabupaten Padang Pariaman telah dirasakan masyarakat Padang Pariaman berkat keseriusan pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan,” tangapan Zahirman tokoh Masyarakat, Padang Pariaman diusia 186 tahun. (syamsul).

loading...