28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Wako Lounching Gerakan Payakumbuh Berwakaf
W

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, dan Kepala Kantor Kemenang Kota Payakumbuh, Asra Faber melounching gerakan Payakumbuh Berwakaf. Lonching dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh pada Senin, (9/4).
“Wakaf cakupannya luas, beda dengan zakat, yang memiliki syarat dan ketentuan. Zakat hanya buat golongan hasnaf yang delapan, diluar itu tidak bisa digunakan, sementara wakaf bisa mencakup lebih luas segmen, bahkan bisa diproduktifkan,” ujar Walikota, Riza Falepi.
Dikatakan, wakaf merupakan cara menjaga kelangsungan umat dari sisi ekonomi, kesejahteraan Dan sosial mereka. Wakaf bisa menjadi cara untuk memberdayakan ekonomi ummat.
“Kenapa saya peduli gerakan Payakumbuh Berwakaf ini, karena didasarkan kepada keyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Payakumnuh bisa ditingkatkan dengan program wakaf ini,” ujar Wako Riza.
Dijelaskan, wakaf memiliki fleksibilitas dalam penggunaan dana yang dihimpunnya. Keuntungan dari dana wakaf yang diproduktifkan bisa langsung digunakan untuk memperkuat dan melebarkan usaha tersebut.
“Kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi menggunakan dana APBD melalui berbagai program, katakanlah program budidaya sapi. Cuma kelemahannya, keuntungan dari budidaya sapi jika menggunakan dana apbd, maka baru bisa dikembangkan menunggu tahun anggran berikutnya, kalau sumbernya dari wakaf bisa langsung dikembangkan, misalnya beli sapi atau anakan sapi baru,” beber Riza.
Meski demikian, Riza mengingatkan, fleksibilitas yang dimiliki dana wakaf ibarat pisau bermata dua. Dia punya potensi untuk diselewengkan.
“Wakaf bisa seperti pisau bermata dua, jika tidak dikelola dengan baik dan amanah, maka ia akan menjadi ladang korupsi baru, jadi pilihlah pengelola dan pengurus yang amanah,” pesan Wako diamini Wakil Walikota, Erwin Yunaz.
Menurut Kepala Kemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, gerakan Payakumbuh Berzakat ini merupakan yang pertama se Indonesia.
“Kota kita adalah yang pertama menggulirkan ini, kita pilot project, mudah mudahan menjadi contoh bagi daerah lain,” ujar Asra.
Dikatakan Asra, saat ini pihaknya sedang mengusulkan kepada Menteri Agama RI untuk memberikan penghargaan khusus kepada Walikota Payakumbuh atas kepeduliannya terhadap program wakaf ini.
“Kita sedang usulkan penghargaan khusus tentang wakaf ini dari kementrian agama pusat bagi walikota kita, mudah-mudahan di kabulkan,” pungkas Asra Faber.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.
- Advertisement -