28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Pelaku Ojek di Sawahlunto, Tolak Revisi UU Nomor 22 Tentang LLAJ
P

Sawahlunt, BeritaSumbar.com,-Kerapnya terjadi perseteruan antara ojek konvensional dengan ojek online di berbagai daerah di tanah air, tampaknya menjadi salahsatu penolakan terkait rencana revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
Sejauh ini, di kota Sawahlunto Sumatera Barat memang belum ada pelaku ojek online, dan yang ada hanya menggunakan HP sebagai sarana menghubungi jasa tukang ojek bagi para pelanggannya. Dan biasanya, hal itu pun hanya dilakukan bagi mereka yang sudah saling mengenal, sehingga pengguna jasa ojek pun merasa nyaman atau terhindar dari rawannya kejahatan dan kecelakaan dari tukang ojek itu sendiri.
Menanggapi adanya revisi UU LLAJ tersebut, sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan di Sawahlunto pun turut angkat bicara. Salahsatunya, dari Ketua Ojek pasar Sapan, Agusril saat ditemui Warta Andalas, Senin 9/4).
Didampingi pelaku ojek konvensional Sunarto dan Roni, pria yang akrab disapa Wak Aguih ini menyatakan bahwa untuk di kota Sawahlunto tidak perlu ada ojek online.
Menurutnya, disamping para pelanggan jarang yang menggunakan HP Andriod, hadirnya ojek online di Sawahlunto juga prediksi akan menyebabkan rawan gesekan.
“Saat ini, kondisi kota sawahlunto cukup tenang, aman dan nyaman. Jika dilegalkan, pasti akan terjadi gap-gap ditengah pelaku usaha ini. Untuk itu, saya minta kepada pihak berwenang yang ada di pusat, agar tidak usah diresmikan,” sebutnya.
Dikatakan Agus, mayoritas pelaku ojek di Sawahlunto adalah usaha sampingan saat tidak ada proyek. Artinya, dengan adanya ojek online nantinya akan dapat menutup peluang usaha bagi mereka.
“Hal inilah yang dikhawatirkan dapat menjadi awal terjadinya gesekan ditengah masyarakat kita. Sebab, saat mereka tidak ada proyek, tidak bisa kembali menjadi tukang ojek,” tuturnya, yang juga diamieni oleh sejumlah tukang ojek lainnya di pangkalan ojek Sapan, Senin siang ini.
Hal senada juga disampaikan pelaku ojek convensional di pasar pusat kota Sawahlunto, Ade Berton.
Menurutnya, di Sawahlunto yang penduduknya multi etnis dan penuh dengan rasa kekeluargaan, tidak butuh adanya ojek online. Sebab, menurut Ade, selain mangkal di pasar, rata-rata pelanggannya akan menghubungi melalui SMS atau langsung menelphone.
“Artinya, kita sudah memiliki hubungan emosional atau kedekatan dari masing-masing pelanggan, sehingga mereka merasa nyaman menggunakan jasa layanan kami,” sebutnya.
Sementara itu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kota Sawahlunto, H. Adi Muaris Khatib Kayo menyatakan bahwa tidak perlu ada revisi UU LLAJ, karena sudah ada komitment dari Dinas Perhubungan, Polri dan PU serta pihak terkait lainnya tentang peraturan Lalulintas.
“Hanya tinggal bagaimana cara melaksanakannya secara optoimal. Jika diperlukan, agar dilaksanakan PERPPU atau Perpres untuk menunda revisi tersebut, sehingga tidak menghabiskan energy dan tidak menghamburkan keuangan Negara dan juga tidak menimbulkan polemic yang mengakibatkan keresahan di tengah masyarakat,” ungkap mantan PNS yang pernah menjabat berbagai Kepala Bidang itu.
Kapada Warta Andalas, ia juga menghimbau agar para pelaku usaha jasa ojek untuk tetp melakukan aktivitasnya seperti biasa, namun harus tetap mengikuti dan mentaati semua peraturan yang berlaku.
Sementara itu, menanggapi penolakan yang datang dari berbagai pihak tersebut, Kapolres Sawahlunto AKBP. Zamroni Wibowo, SH, S.IK didampingi Kasat Lantas AKP. Harry M Puytra, S.Si mengatakan bahwa pihaknya tetap akan mengacu pada aturan serta intruksi dari Polri.
“Kita berharap polemic terkait revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dapat memicu terjadinya benturan di tengah masyarakat ini, dapat segera diselesaikan oleh pemerintah,” sebutnya.
Namun demikian, lanjut dia, kita di institusi Polri akan tetap berpegang pada UU dan Peraturan yang berlaku. (ap)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -