30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Wakil Ketua KOMISI V DPR RI Mulyadi Dukung Pembangunan Bandara

Keinginan Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, membangun Bandara di Luak Limopuluah, disambut hangat politisi Senayan.  Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. H. Mulyadi,  sukses meloloskan anggaran untuk pembangunan jalan dari Hulu Air, Harau, menuju lokasi Bandara di kawasan  Jorong Kubang Balambak, Nagari Simpang Kapuak, sebesar Rp55 Miliyar, tahun anggaran 2014. Jalan tersebut dirancang akan tembus ke  Simpang Kapuak dan Taeh, sepanjang lebih kurang 15 Km.

“Saya bertekad, akan meloloskan dana buat kelanjutan pembangunan  jalan ini pada  APBN-P 2014.  Saya juga akan berusaha mengajak  Menteri Perhubungan RI, EE. Mangindaan, melihat calon lokasi pembangunan Bandara di Kubang Balambak ini, sebelum Oktober tahun depan,” ucap Wakil Ketua Komisi V DPR, Mulyadi, setelah menembus jalan terjal dan berlumpur menuju Kubang Balambak,  Sabtu (7/12).

Sabtu siang itu, setelah makan siang di salah satu rumah makan di Lubuk Bangku, Mulyadi bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menuju jorong Kubang Balambak. Cuaca cukup mendukung, tidak terlalu terik. Dalam rombongan ini ikut mendampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Limapuluh Kota Ir. Edwar, SP.I, Kabid Cipta Karya Deswandi,  Kepala Dishubkom Payakumbuh Adrian, SH, M.Si, Kabid Cipta Karya Efli Jaya, ST,  Sekretaris Bappeda Ismet Ibrahim, ST, M.Si, Kabag Humas Setdako Jhon Kenedi dan sejumlah Staf Khusus  Walikota Riza Falepi.

Tak mudah menerobos jalan menuju Kubang Balambak itu. Lima kendaran double gardan  disiapkan kedua daerah, untuk membawa rombongan.  Dari pertigaan Hulu Air, kelima kendaraan khusus membawa rombongan meluncur tanpa rintangan, karena medan yang dilewati masih jalan beraspal dan jalan berkerekel.

Selepas 1,5 Km dari Hulu Air, perjuangan berat mulai dirasakan rombongan. Medan berat mulai menantang, kondisi jalan tanah berlumpur, menurun dan mendaki, membuat driver mulai hati-hati mengendarai kendaraannya.  Ketakutan terjebak jalan berlumpur itu akhirnya tiba juga.  Sebuah tanjakan dengan kondisi jalan berlobang bekas digilas roda ban, membuat sebuah kendaraan terjebak.  Walikota Riza Falepi dan Mulyadi   dan seluruh rombongan ikut turun dan mendorong kendaraan yang terjebak.

Mobil Chevrolet, spesialis off road, dilengkapi dengan tali atau sling baja, milik pribadi anak Bupati Alis Marajo yang ikut dibawa, dan diharapkan mampu mengeluarkan kendaraan  terjebak lumpur pun ikut lumpuh.  Walikota Riza Falepi,   rela, pakaiannya  kotor kena tanah lumpur,  akibat semburan putaran  ban mobil. Dua jam lebih mengeluarkan kendaran, hasilnya sia-sia.

Keputusan kilat diambil.  Tiga mobil yang  terjebak ditinggalkan di lokasi tersebut, mengingat hari sudah sore, menunjukkan pukul 16.00 WIB.  Rombongan pindah berdesakan pada dua kendaraan.  Tapi, cobaan itu belum berakhir. Hanya sekitar  satu kilometer berlalu, habis melewati tanjakan, sebuah kendaran  tak kuat menghadapi medan jalan yang berat. Tak ada pilihan, rombongan mengambil keputusan berjalan kaki, menurun dan mendaki menuju lokasi, sejauh 2 Km.

Kelelahan mulai menerpa rombongan. Tapi, karena tekad  yang tinggi, medan berat itu dapat dilewati. Sebuah mobil yang lepas jebakan, akhirnya membawa rombongan sampai ke lokasi  yang direncanakan buat Bandara, pada pukul 17.00.  Jarak Hulu Air – Kubang Balambak 8,6 Km itu, ditempuh rombongan lebih kurang 3,5 jam.

Peta pun dibuka.  Sekretaris Bappeda Ismed Ibrahim yang sebelumnya telah menyiapkan peta perencanaan, menjelaskan detail rencana pembangunan Bandara itu. Melihat kondisi alam dengan pemandangannya yang sangat indah, Wakil Ketua Komisi V Mulyadi, spontan menyampaikan kegagumannya.

“Pak Walikota Riza Falepi dan Pak Bupati Alis Marajo, tak salah memilih lokasi ini sebagai calon Bandara.  Segera tuntaskan pembebasan tanah lokasi Bandara ini, pak wali,” kata Mulyadi dengan wajah ceria. “Urusan dengan pemerintah pusat, dan perjuangan dana pada APBN,  bagian dari tanggung jawab Saya di Jakarta,” tambah Mulyadi.

Dukungan moral disampaikan Mulyadi  itu, membuat  seluruh rombongan bagaikan mendapat tambahan energi. Kelelahan yang  mendera badan, hilang seketika. Walikota Riza Falepi, mengaku, akan bejuang maksimal untuk melakukan koordinasi dengan  Gubenur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, DPRD kedua daerah dan elemen masyarakat lainnya, guna bersama-sama mewujudkan pembangunan Bandara.

Menurut Mulyadi, rampungnya pembangunan fly over kelok sembilan, akan menambah daya tarik  keberadaan Bandara di Kubang Balambak. Kedua daerah bertetangga ini, diprediksi Mulyadi akan menjadi pusat perekonomian Sumatera Barat ke depan. Industri-industri besar akan bermunculan dalam 10 sampai 20 tahun ke depan. Bandara di Luak Limopuluah, tidak hanya  berfungsi menciptakan pertumbuhan ekonomi atau kesejahteraan bagi masyarakat, tapi juga  berfungsi sebagai migitasi bencana, jika ancaman gempa dan tsunami di Padang, terjadi.

Staf rombongan Walikota Riza Falepi dan staf khusus  Mulyadi, rela pulang disirami  hujan deras, berdiri di atas kendaraan bak terbuka dari kawasan Kubang Balambak, menuju  rumah dinas kediaman walikota di Jalan Rky. Rasuna Said  Payakumbuh, dari senja hari hingga pukul 20.00 WIB. Sementara, sebagian rombongan, terpaksa tinggal di dalam rimba kawasan Kubang Balambak, mengeluarkan dua kendaraan yang terjebak sampai larut malam.

Bialah badan marasai, asalkan Bandara Luak Limopuluah ini bisa diwujudkan,” coloteh Kabid Cipta Karya Elfi Jaya, yang diamini  Kadishubkom Adrian dan Kadis PU Edwar serta Sekretaris Bappeda Ismet Ibrahim.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

Melalui Genpro, Bumbu Randang Payakumbuh Dikirim Ke 7 Negara Henny Riza : City of Randang Bukan Gertakan Saja

Payakumbuh --- Impian Kota Payakumbuh agar Randang Go Internasional sudah di depan mata, pasalnya setelah dibantu fasilitasi oleh Global Enterpreneur Profesional (Genpro)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -