24.4 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Unik! Pisang Ganepo Rumah AdZ Dikunjungi HKTI Pariaman
U

- Advertisement -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com – Panganan ganepo biasanya terbuat dari ubi, namun di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat ada rubik ganepo dari buah pisang. Tepatnya di Jorong Pintu Koto, Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, diramu oleh Maslindawati (40), seorang wirausaha wanita binaan dinas Perdagkop, dinas industri dan PLUT setempat.

Kabar keunikan produk tersebut sudah tersiar kemana – mana, dari mulut ke mulut. Dan hasilnya berbagai kunjungan untuk studi banding berdatangan, Selasa ini (30/7) pisang ganepo dengan merek Rumah AdZ itu mendapatkan kunjungan dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), dinas pertanian dan jajaran pemerintah Kota Pariaman.

Ny. Lucyanel Arlim Genius Umar yang merupakan ketua HKTI Kota Pariaman merasa senang, “alhamdulillah, kita sudah bisa mengetahui proses pengolahan rubik ganepo pisang. Di daerah kita (pariaman – red) juga banyak tanaman pisang, semoga inovasi pertanian seperti ini juga bisa dilahirkan oleh anggota HKTI,” kata ketua yang juga istri walikota Kota Pariaman tersebut.

Pemilik usaha, Maslindawati juga merasa senang dengan adanya kunjungan dari daerah lain, Uni mengolah pisang yang blm pernah diolah orang lain, yaitu pisang ganepo balado. Biasanya ganepo itu dari ubi, kini Uni olah dari pisang karna pisang itu lebih sehat, buah pisang juga ada dalam Al Quran dalam Surat Al Waqi’ah ayat 28 -31,” katanya kepada wartawan saat diwawancara.

Hal tersebut yang menjadikan ganepo pisang Rumah AdZ bisa maju, “kita selalu siap berkolaborasi, bersinergi dan saling mengedukasi dengan pihak manapun. Kita menerima kunjungan dan memberi materi pelatihan olahan pisang untuk keseluruh Indonesia.” tutupnya penuh semangat. (FRP)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img