25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Menyandang Prediket WBK, Polres Solok Kota Berbagi Trik dan Rahasia Meraihnya
M

Kategori -

Solok, BeritaSumbar.com – Pasca ditetapkannya Polres Solok Kota sebagai unit kerja berpredikat WBK oleh Kemenpan RB RI Desember 2018, jajaran Polres Solok Kota menyadari bahwa ada tanggung jawab yang besar dalam predikat tersebut yaitu harus dapat dijaga dan harus dapat dijadikan contoh oleh unit kerja lainnya.

Berdasarkan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Republik Indonesia (Permenpan RB RI) nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan instansi pemerintah, ditegaskan bahwa unit kerja yang telah mendapat predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) merupakan unit percontohan nasional terkait pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal kualitas pelayanan publik dan integritas anti korupsi.

Selain itu, Permenpan RB RI tersebut juga mensyaratkan bahwa unit kerja yang dapat diusulkan berpredikat wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) adalah unit kerja yang sebelumnya telah mendapatkan predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK). Hal ini untuk memastikan bahwa unit kerja yang akan diajukan memang menjadi unit yang sebelumnya sudah menjadi percontohan.

Dalam periode meraih predikat WBK dan perjuangan menuju predikat selanjutnya yaitu WBBM, Polres Solok Kota telah menerima kunjungan studi tiru pembangunan Zona Integritas (ZI) dari berbagai instansi di antaranya dari Pengadilan Agama Kota Solok, Kecamatan Kubung Kab. Solok, Badan Pertanahan Kota Solok dan Kantor Kementerian Agama Kota Solok.

Tidak hanya itu, Polres Solok Kota juga pernah mendapat kunjungan dari kalangan akademisi yaitu dari Universitas Negeri Padang, Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya dalam rangka meninjau pembangunan ZI di Polres Solok Kota.

Terakhir, Polres Solok Kota kembali menerima kunjungan studi tiru pembangunan ZI dari Polres Padang Panjang Polda Sumbar, Selasa 30 Juli 2019. Kepada Polres Padang Panjang, Polres Solok Kota berbagi trik dan rahasia dalam meraih penghargaan prediket bergengsi itu.

Polres Padang Panjang adalah salah satu dari empat Polres di jajaran Polda Sumbar yang sedang dalam proses pembangunan ZI menuju WBK bersama Polres Agam, Polres Pesisir Selatan Dan Polres Pasaman Barat.

Dalam studi tiru ini, Polres Padang Panjang mengirimkan 10 orang personil yang terdiri dari ketua dan operator program pembangunan ZI, dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Rudi Munanda, S.H., M.H., dan Kabag Ren Kompol Jefrizal, S.H., M.H.

Tim studi tiru Polres Padang Panjang disambut oleh Wakapolres Solok Kota Kompol Budi Prayitno,S.E,M.H bersama ketua dan operator program pembangunan ZI dan diarahkan langsung untuk meninjau proses pelayanan publik dan sarana pendukung pelayanan publik mulai dari front office, ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), ruang pelayanan SKCK dan Sidik Jari satu atap serta ruang pelayanan SIM.

Setelah itu, Tim studi tiru Polres Padang Panjang disambut oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan SIK,MH., di Aula Polres Solok Kota.

Dalam sambutannya, Kapolres Solok Kota mengapresiasi semangat tim studi tiru Polres Padang Panjang dan dilanjutkan dengan berbagi pengalaman tentang tahapan pembangunan ZI.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Dony Setiawan menceritakan bagaimana perjalanan dalam proses perjuangan membangun ZI hingga akhirnya berhasil meraih predikat WBK itu.

Dijelaskan Dony, setelah dilakukan pencanangan pembangunan ZI – WBK ini, pertama sekali yang dilakukannya, adalah bagaimana mengubah mindset, budaya dan karakter seluruh personil, dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Kemudian secara bersama – sama melakukan pembenahan dan perubahan yang sangat prinsip pada masing – masing personil dan pada proses system pelayanan.

“Komitmen pembangunan ZI dimulai dari pimpinan. Awalnya, ini terasa sebagai pilihan yang sulit, berkomitmen dengan diri sendiri, baru pelan-pelan mengkomunikasikannya dengan seluruh personel. Namun, ketika semua dilakukan dengan sungguh – sungguh dan kompak, ternyata semua bisa diwujudkan. Kuncinya, sungguh – sungguh, ikhlas dan solid“, ungkap Dony.

Di sela-sela diskusi, Kabag Ren Polres Padang Panjang menyampaikan langkah-langkah yang telah ditempuh oleh jajaran Polres Padang Panjang dan mengapresiasi sambutan Polres Solok Kota dan kesediaan berbagi informasi.

Setelah diskusi, acara dilanjutkan dengan pendalaman informasi dimana masing-masing ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Padang Panjang bertemu langsung dan berdiskusi dengan ketua dan operator program Polres Solok Kota.

Saat pendalaman informasi, ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Solok Kota juga menunjukkan dan mendiskusikan contoh hard copy lembar kerja evaluasi (LKE) pemenuhan komponen pengungkit pembangunan ZI yang telah dipenuhi saat Polres Solok menghadapi evaluasi WBK kepada ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Padang Panjang. (Rel/FRP)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ratusan Santri Pondok Pesantren Gontor Buka Barsama dengan Wawako Marfendi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menggelar buka bersama dengan santri dan santriwati, wali santri serta alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Minggu...
- Advertisement -

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -