24.9 C
Padang
Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tim Pengabdian FMIPA Unand Berikan pelatihan pembuatan POC Kepada Warga Sunua Barat
T

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Dr. Afdhal Muttaqin, S.Si., M.Si. dan Tim Dosen
Departement Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,– Tim pengabdian kepada masyarakat dari fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unand lakukan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk cair (POC). kegiatan diadakan pada Minggu 10/12/23 kemaren di korong Pintir Kayu Nagari Sunua Barat kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.

Sebanyak 30 orang warga yang sehari hari berprofesi sebagai petani hadir di kantor Walinagari Sunua Barat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sambutan dari Wali Nagari Sunua Barat, Sukardi Syukur., B.Sc. Pada kesempatan membuka kegiatan pelatihan tersebut Walinagari menyambut gembira kegiatan pelatihan ini, dengan harapan mampu membantu Masyarakat Sunua Barat yang Sebagian besar berprofesi sebagai petani. Dalam sambutannya, Sukardi Syukur menyampaikan kesulitan petani dalam mendapatkan pupuk yang diperlukan oleh masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau.

Wali Nagari Sunua Barat, Sukardi Syukur., B.Sc. mengucapkan ribuan terimakasih atas adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Nagari Sunua Barat oleh FMIPA UNAND ini.

Usai pembukaan Acara dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan POC dengan bahan utama memanfaatkan limbah rumah tangga yang mudah diperoleh, diantaranya berbahan air kelapa, air cucian beras, kulit bawang, dan bumbu-bumbu daput serta sampah pisang yang selama ini tidak termanfaatkan.

POC merupakan pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia. POC memiliki keunggulan, diantaranya merangsang pertumbuhan tunas baru, merangsang pembungaan dan pembentukan buah, dan dapat memperkuat daya tahan tanaman.

Pada pelatihan disampaikan bahwa kandungan yang terdapat dalam POC dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, seperti untuk merangsang pembungaan dan pembentukan buah dapat digunakan POC air kelapa dengan tambahan telur, dan jantung pisang atau sabut kelapa.Suasana saat pemberian materi pelatihan pembuatan POC oleh narasumber dari FMIPA Universitas Andalas.

Antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan pada sesi diskusi. Terlihat warga sangat antusias untuk mengetahui beragam POC yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan jenis tanaman. Pada pelatihan ini, warga juga diajak membuat POC secara langsung dengan bahan air kelapa yang banyak ditemukan di Nagari Sunua Barat.

Peserta pelatihan juga dibekali dengan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan POC. Selain itu, pada pelatihan juga diberikan POC yang telah siap untuk digunakan sebagai contoh, dikarenakan untuk POC yang dibuat membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu sebelum dapat digunakan. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan foto tim pengabdian dari FMIPA Universitas Andalas dengan masyarakat Nagari Sunua Barat peserta pelatihan POC.

Foto Bersama peserta pelatihan pembuatan POC dengan masyarakat peserta pelatihan POC Nagari Sunua Barat.

Kegiatan pengabdian ini terlaksana atas dukungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, melalui dana PN-Unand FMIPA Universitas Andalas dengan kontrak kegiatan Nomor: 07/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 tahun anggaran 2023. Masyarakat berharap agar kegiatan pengabdian ini ddapat terus berlanjut agar kontribusi Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi dapat terus dirasakan oleh masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img