Padang Pariaman,BeritaSumbar.om,-Pada 13 Mei 2019 Tim Layanan dan Pusat Pembelajaran HKSR (Hak Kesehatan Seksual & Reproduksi) dan Gizi bagi perempuan dan perempuan muda Kec. Enam Lingkung mulai mempromosikan secara resmi keberadaan inovasi Tim Layanan dan Pembelajaran HKSR dan Gizi berbasis masyarakat ini kepada masyarakat Kec. Enam Lingkung bertempat di Puskesmas setempat.

Pada tahapan ini tim layanan melakukan survei sederhana terkait layanan HKSR dan Gizi serta kendala yang dirasakan masyarakat, terutama perempuan dan perempuan muda dalam mengakses layanan HKSR dan Gizi.

Otriramayani, Manager Program LP2M menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah:

1. Walaupun telah ada layanan pengaduan tapi masyarakat blm pro aktif shg utk tahap awal ini dilakukan penjaringan aduan melalui survei sederhana di puskesmas utk mengetahui bagaimana kepuasan masy (perempuan & perempuan muda) terhadap layanan puskesmas terkait kespro (kesehatan reproduksi)

2. Kegiatan ini sekaligus sosialisasi tentang keberadaan layanan pengaduan berbasis masyarakat di enam.lingkung

3. Melalui penjaringan ini diharapkan masyarakat bisa terbuka pada tim layanan terhadap masalah atau keluhan mereka yg selama ini blm tersalurkan.

Selanjutnya Sri Ambarwati, Koordinator Program Adv. HKSR & Gizi LP2M, menambahkan bahwa Hasil penjaringan akan dijadikan bahan evaluasi dan penyusunan inovasi ke depan oleh Puskesmas dlm memberikan layanan HKSR-Gizi.

Tim Layanan mulai membuka Layanan ini pukul 08.30-11.00 Wib, Untuk hari pertama sudah ada 4 orang perempuan yang mengakses Layanan ini. 3 orang dari perempuan yang mengakses layanan ini adalah ibu hamil, 1 orang di antara 3 ibu hamil ini adalah seorang ibu hamil usia 25 tahun memiliki 2 orang anak yang ditinggal cerai suami. Dan 1 orang lagi ibu yang membawa anaknya berobat.

Perempuan yang memanfaatkan layanan dan sekaligus responden survei sangat senang dengan adanya layanan ini. Berbagai persoalan yang selama ini untuk mengakses layanan HKSR dan Gizi antara lain, jauhnya jarak tempuh dari rumah ke puskesmas. Rasa senang tidak hanya muncul dari perempuan yang mengakses Layanan tapi juga dari Tim Pusat Layanan dan Pembelajaran HKSR dan Gizi yang bertugas hari ini.(lp2m)

loading...