31 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Tentang Kompensasi Lahan Di PLTMH, Ini Komentar Walinagari Tanjuang Bonai
T

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Proses ganti rugi tanaman dilahan masyarakat yang telah ada proses pembayaran sebelumnya,di wilayah kerja pengembangan Perusahaan Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara,diduga ada permainan tidak sehat antara pemilik lahan dan salah satu lembaga nagari terhadap Ikhwan Mega Power (IMP) selaku pengembang proyek Kalo Kalo dengan pembiayaan Penanaman Modal Asing (PMA).

Pasalnya lahan yang telah pernah dilakukan ganti rugi bisa di ulang kembali pengganti rugiannya,salah satunya terdapat di Jorong Pamusihan Nagari Tanjuang Bonai,”dilahan penguasaan fisik bidang tanah dengan hak kepemilikan ulayat Nagari Tanjung Bonai,diduga sudah diberikan kompensasi pada tahun 2017 bahkan dalam berita acara terdapat pembayaran ganti rugi tambahan selang lima bulan berikutnya.

Lutfi,S.Pd Walinagari Tanjung Bonai mengungkapkan kepada Beritasumbar.com.”mengenai ganti rugi,PT IMP memang menyurati Pemerintahan Nagari waktu itu guna permohonan mediasi dengan warga kami yang menuntut kompensasi lahan yang di kelolahnya longsor oleh dampak pengerjaan PLTMH.

“Karena permasalahan ini berhubungan dengan ulayat Nagari,”oleh sebab itu Pemerintahan Nagari menyurati Kerapatan Adat Nagari (KAN) untuk melimpahkan permasalahan tersebut.”hasil akhirnya sampai sekarang memang belum ada laporan KAN ke Walinagari.”kita juga belum tau kapan diberitahu,mungkin nanti.”katanya.

Saat dikonfirmasi tentang ganti rugi ulayat yang telah dibayarkan sebelumnya tersebut,Lutfi menyampaikan,”kalau permasalah itu,lebih banyak kegiatannya bersama Niniak Mamak,”ungkapnya.

Pihak pengembang PLTMH yang tidak ingin disebutkan namanya ketika di minta Klarifikasinya membenarkan,”memang benar telah adanya mediasi dan pemberian kompensasi terhadap lahan masyarakat yang terdampak pengerjaan proyek yaitunya,lahan sebelumnya terdapat longsor di Jorong Pamusihan Nagari Tanjung Bonai dalam hal ini tertuang dalam surat tanggal 16 Maret 2021.”dimana dalam notulen rapat membahas Klaim atas tanaman salah satu warga.

“Adapun poin dalam pembahasan tersebut pernyataan klaim tanaman pada lokasi Sand Trap / Intake pada Sta.0+00 S/d Sta 350 disebabkan bencana tanah longsor serta perihal tanah seluas kurang lebih 5000 m2 tersebut adalah hak Lembaga Kerapatan Adat Nagari dan permintaan surat tidak menghalangi kegiatan proyek kepada penggarap lahan berikut dangan penggantian kompensasi sebesar Rp.130 juta yang telah di bayarkan.

Sanada dengan Walinagari Tanjung Bonai perihal ganti rugi pada tahun 2017,”pihak pengembang akan mempelajari data data yang terdahulu,apakah pernah diganti rugi sebelumnya atau tidak,sebab saat ini kita ingin pengerjaan proyek berjalan lancar kedepannya tanpa ada gangguan lagi,karena kita selaku pengembang sudah mengalami kerugian hingga puluhan milyar dan ini dibiayai dari dana asing melalu perizinan Kementrian ESDM.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan. Sabtu 8/5/2021
- Advertisement -

Tulisan Terkait

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.

Tidak Memiliki BPJS,Petani Nira Di Batu Bulat Yang Tersambar Petir Kesulitan Untuk Biaya Pengobatan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca Tersambar Petir Minggu 25/05/2021,Petani nira di Nagari Batu Bulat Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki BPJS dan kesulitan untuk biaya pengobatan di RSUD M.Djamil Padang.

Lima Tahun,Puluhan Sertifikat Tanah Ulayat Nagari Tanjung Bonai Ditangan KAN

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Lima tahun berselang,sejak pengajuan pengurusan sertifikat oleh Warga Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara atas tanah ulayat nagari di Jorong Pauh Tinggi, hingga hari ini puluhan bukti buku kepemilikan tersebut masih di Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN).

Penyadap Nira Di Batu Bulek Tersambar Petir

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Petani penyadap air nira di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara di sambar petir ketika sedang berada di pohon Aren saat sedang menyadap, Minggu 25/25/2021

Cuaca Ekstrim Akibatkan Puluhan Rumah Warga Di Kabupaten Tanah Datar Rusak Ringan Hingga Berat

Tanah Datar Beritasumbar.com - Cuaca Ekstrim sejak kemaren siang hingga,Kamis 01/04/2021 mengakibatkan puluhan rumah di Kabupaten Tanah Datar,Rusak ringan hingga berat tertimpa pohon yang tumbang serta diterpa angin kencang.

Di Lalap Si Jago Merah,Rumah Siti Lena Warga Tembok Hitam Hangus Terbakar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Rumah Siti Lena warga Lanjut Usia (Lansia) di Tembok Hitam,Jorong Cempaka,Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hangus terbakar di lalap si jago merah,Senin 29/03/2021.

Peletakan Batu Pertama Proyek PDAM,Tokoh Masyarakat Lintau IX Koto Harapkan Kebutuhan Air Bersih Terpenuhi

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam Rangka peletakan batu pertama pembangunan sarana dan prasarana air bersih dengan sistem penangkapan air baku ( Intek) proyek PDAM Kabupaten Tanah Datar,Senin 29/03/2021 di Jorong Seroja,tokoh masyarakat Lintau IX Koto harapkan kebutuhan Air bersih terpenuhi ke rumah - rumah penduduk.

Diduga Lakukan Hipnotis Terhadap Lima Orang Warga Di Tanah Datar,Polsek Lintau Buo Utara Amankan Pelaku

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Diduga melakukan Tindak pidana penipuan (hipnotis) terhadap warga Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo Utara,pelaku yang merupakan warga Kecamatan Sumpur Kudus,Kabupaten Sijunjung diringkus Polisi,Rabu 24/03/2021 di sebuah warung milik warga.

Merasa Tidak Dilibatkan Saat Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB-Pansimas, Masyarakat Kecewa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peresmian rumah data kependudukan kampung KB percontohan dan Pamsimas di Jorong Koto Godang, Nagari Pangian oleh Bupati Tanah Datar, Rabu...

Tambal Sulam Tidak Efektif,Jalan Raya Penghubung Lintau Batusangkar Butuh Perbaikan Serius.

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tambal Sulam dirasakan tidak efektif,Jalan raya penghubung Lintau Batusangkar via Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting butuh perbaikan serius dari pemerintah.
- Advertisement -