25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Korwil Gempita Sumbar Serahkan Bantuan Bibit Sayuran Dari Kementan Kepada Petani Terdampak Erupsi Marapi
K

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,– Sejak gunung Marapi erupsi aktifitas jual beli dipasar sayur yang ada di Koto Baru kecamatan X Koto Tanah Datar sangat sepi. Hal ini terucap oleh para pedagang yang rutin berjualan sayur di pasa Koto Baru di pinggir jalan Utama dari Bukittinggi – Padang.

Senin 5/2/24 pedagang pasar sayur tersebut menyampaikan keluhannnya kepada Nurkhalis SH korwil Gempita Sumbar yang saat ini maju sebagai calon anggota DPD RI dari Sumbar dengan nomor urut 12.

Nurkhalis SH sambangi pedagang sayur dipasar tersebut usai bertemu petani terdampak erupsi Marapi di aia Angek Koto Baru X Koto Tanah datar.

Pada pertermuan tersebut Kordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Sumbar Nurkhalis menyerahkan bantuan bibit sayuran untuk petani korban terdampak erupsi gunung Merapi.

Penyerahan itu dilakukan Nurkhalis di Koto Baru saat sarapan pagi bersama beberapa perwakilan petani, Datuak Bernes, Kari, Gindo, Beny dan kang Uus.

Semua mewakili nagari , panyalaian, Aie Angek, Kotobaru, Kecamatan X Koto Tanah Datar.

Nurikhalis yang kini tengah berjuang menjadi Senator DPD RI dengan foto camping petani juga mengunjungi pasar sayur. Nurkhalis berdialog langsung dengan pedagang sayur yang juga petani.

“Semenjak bencana erupsi Gunung Merapi pasar sayur Kotobaru jauh sepi dari yang biasa,”ujar Nurkhalis menyampaikan curhat pedagang di sana

Menurut mereka kata Nurkhalis, sepi pasa sayur karena petani banyak gagal panen terdampak erupsi gunung.

“Banyak sayur mereka gagal panen,”ujar Ninik Mamak Koto Baru Dt Bernes.

Nurkhalis bersama Walinagari Koto Baru Adenis dan ketua KAN Irviandi Datuak Tungga serahkan bantuan bibit sayur kepada perwakilan kelompik tani.

“Bantuan benih sayuran dari kementrian pertanian untuk menyemangati kembali mengolah lahan masing- masing,”ujar Nurkhalis. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img