29 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

AM Kuncoro Rilis ‘Kau Dewiku’, Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur
A

Kategori -

Yogyakarta (BeritaSumbar.com) – Eksistensi AM. Kuncoro punya magnet tersendiri bagi industri musik Indonesia. Penyanyi asal Kota Yogyakarta tersebut hadir menyajikan karya-karya lagu anti mainstream, mengikuti idealisme bermusiknya sendiri tanpa terimbas trend musik yang ada, seperti pada lagu Kau Dewiku yang dirilis di channel YouTube Prima Founder TV dan diputar serentak di 78 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 20 April 2021.

AM. Kuncoro tinggal di Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (20/4/2021) ia mengatakan bahwa lagu Kau Dewiku memuat pesan bahwa apapun proses hidup yang kita alami harus disyukuri. Ketika kita mengenal seseorang, hidup bersamanya, dan mencintainya, tidak ada yang kebetulan, walaupun ada tantangan yang menghadang. Kita harus yakin, itu semua adalah hal yang baik untuk masa depan. Perjuangan dengan segenap jiwa raga sangat perlu dilakukan hingga hidup kita berakhir di dunia.

Seperti dijelaskan AM. Kuncoro, Lagu Kau Dewiku ia tulis pada tahun 2015 sebagai hadiah ulang tahun pernikahan untuk istri tercintanya. Lagu tersebut bercerita tentang proses dari saling mengenal, membangun kebersamaan, hingga akhirnya saling jatuh cinta.

“Kau Dewiku saya jadikan sebagai judul lagunya karena selain memang nama istri, Dewi juga mengandung arti makhluk khayangan, hal ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur dengan menamsilkan istri sebagai anugerah dari surga,” jelas AM. Kuncoro.

Menurut AM. Kuncoro, aransemen musik lagu Kau Dewiku menggunakan konsep pop romantis, instrument piano dan saxophone membuat nuansa romantis lagu tersebut jadi semakin kuat. Para musisi yang terlibat dalam penggarapannya yaitu; Anggoro (piano), Bangkit (saxophone), Luddy Roos (organ), Eckel Ross (mixing), Axel Naray (mastering), dan Rulli Aryanto (Vocal Director). 

Lebih lanjut AM. Kuncoro menjelaskan bahwa Kau Dewiku adalah single yang merupakan bagian dari album perdananya yang bertajuk ‘Teman dan Senang’. Lagu-lagu pada album tersebut sebagian besarnya ia tulis sendiri dan sebagiannya lagi merupakan karyanya bersama rekan-rekan grup band C4 yang personalnya yaitu; Herry Setiawan, Andri Prihantoro, Donatus Arie Hartanto, dan Krisna Winursito.

“Sebelum Prima Founder Records didirikan, banyak kenangan yang tak dapat saya lupakan bersama C4, grup band yang saya bentuk bersama teman-teman semasa kuliah. Saat itu kami belum ada yang punya alat musik. Untuk bisa bermusik, saya pinjam gitar teman yang lain. Bahkan gitar itupun sempat menjadi alat untuk bertahan hidup di Jogja dengan jadi pengamen saat krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 lalu,” kata AM. Kuncoro. 

AM. Kuncoro menjelaskan motivasi awalnya untuk merilis lagu adalah untuk mendokumentasikan lagu-lagu yang ia tulis. Berkat dorongan dari istri dan keluarganya,  juga dari Rulli Aryanto, salah seorang Owner and Founder Prima Founder Records, maka ia memberanikan diri untuk memproduksi karya-karya lagunya tersebut, agar dapat dinikmati oleh semua orang secara lebih meluas. Dengan dirilisnya single Kau Dewiku, AM. Kuncoro berharap dapat menjadi tambahan semangat baginya, agar terus berkarya dan memberi manfaat bagi orang banyak.

”Bagi saya musik adalah bagian yang tidak bisa lepas dalam setiap proses hidup saya, perasaan suka dan duka dapat diterjemahkan menjadi lebih kuat maknanya melalui musik. Musik memiliki peran yang luas dari setiap aspek kehidupan saya, bukan hanya mengungkapkan rasa, tapi juga menjadi wadah mengungkapkan ide, imajinasi, kritik, ucapan syukur, doa, dan lain sebagainya,” kata AM. Kuncoro.

Rulli Aryanto, salah seorang pendiri Prima Founder Records menyebutkan 78 stasiun radio yang akan memutar serentak lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro, yaitu: Megaswara FM (Sukabumi), Radio Inayah (Tasikmalaya), MeNara FM (Sukabumi), ADS Radio (Karawang), Taszkia FM (Kuningan), RCA FM (Banjar), Elmitra FM (Sukabumi), Gaya FM (Banjar), Mutiara Radio (Subang), Pusaka FM (Sukabumi), Tamala FM (Tasikmalaya), Trisara FM (Cianjur), Radio Sembilan (Subang), GSP Radio (Pemanukan), DFas FM (Indramayu), Inovasi Radio (Oki), DBFM (Belitang), Gema Randik FM (Musi), Radio Baturaja (SumSel), Global Radio (Palembang), Sriwijaya Radio (Palembang), Swara Unib (Bengkulu), ABCD FM (Prabumulih), Radio Jazirah UMB (Bengkulu), Kayu Agung Radio (Oki), Flamboyan FM (Bengkulu), BE Radio (Batam), UB Radio (Malang), Duta FM (Lampung), Bas Radio (Lampung), Sip FM (Lampung), Mandiri FM (Lampung), Inovasi Radio (Lampung), Rapemda Pass FM, Kis Fm (Cilegon), Serang Radio (Serang), Ujungkulon FM (Pandeglan), Samradio (Cilegon).

Selanjutnya; Prima FM (Serang), Planet DMC (Bima), Sonora FM (Bali), Radio AR (Bali), Duta FM (Bali), Favorit FM (Atambua), Gema Merdeka (Bali), Radio Publik (Bangli), CDBS FM (Bali), Suara Kota Wali (Demak), Salma FM (Klaten), Cbs Radar (Tegal), Suara Diponegoro (Semarang), Yes FM (Cilacap), Shoutuna (Purworejo), J FM (Semarang), Inn FM (Kebumen), Citra FM (Wonosobo), RT FM (Tarakan), Paras FM (Samarinda), KP FM (Pky), Tanjung FM (Bulungan Kaltara), Evella (Pky), FMentaya (Sampit), Stars FM (Palangkaraya), Tarakan FM (Kalimantan Utara), Soka Radio (Jember), Grindulu FM (Pacitan), SKFM (Kediri), Garasi FM (Situbondo), Akbar FM (Jember), Mahardhika FM (Blitar), Fajar FM (Banyuwangi), Si FM (Tuban), MCFM (Banyuwangi), DCS FM (Madiun), Bahana FM (Ngawi), Rasi FM (Magetan), dan Abdi Persada FM (Banjar Baru, KalSel).

Rulli Aryanto juga mengatakan, “Untuk info materi lagu, buat teman radio atau media yang mau ikutan support bisa ke +62 821-2207-0147 (Tixxy). Prima Founder Records bakalan open audisi buat penyanyi baru dari seluruh Indonesia, untuk bisa gabung membawakan karya-karya lagu apik dari AM. Kuncoro dan Donas.”

Video lirik lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro ada di link berikut ini: https://youtu.be/FXj-BCQt3YU

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).
- Advertisement -

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Wako Izinkan Sholad Id Di Masjid Atau Lapangan

Payakumbuh --- Menindaklanjuti Surat Edaran baru Gubernur Sumatera Barat Nomor : 09/Ed/GSB-2021 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Wali kota Riza Falepi menyampaikan membolehkan warganya untuk shalat idul Fitri sepanjang tidak membahayakan kondisi lingkungan, artinya sepanjang daerah yang melaksanakan beresiko rendah

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.

Rojanah Rilis Perdana Single ‘Algoritma Cinta’ di 60 Radio se-Indonesia

Keunikan vokal Rojanah dalam mengusung genre musik dangdut remix modern punya potensi tersendiri di industri musik Tanahair. Gadis molek asal kota kembang Bandung tersebut merilis single perdananya yang berjudul Algoritma Cinta, yang diputar serentak di 60 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 6 April 2021.

Next Gen Cari Penyanyi untuk Lagu-Lagu Chris Weni, Didukung oleh Indonesia Records dan Chossypratama

Chris Weni, dara cantik asal Pasuruan, Jawa Timur punya keahlian istimewa dalam menulis lagu, baik pada kekuatan lirik, juga pada komposisi akord. Karya-karya lagu yang ia tulis punya peluang besar untuk sukses di industri musik Tanah Air.

Bea Serendy Kenalkan Pop Falsetto Harmonies Lewat Single Solo Perdana ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’

Teknik vokal falsetto harmonies telah terbukti mengantar kesuksesan bagi Bee Gees, grup band rock legendaris dunia. Bea Serendy, penyanyi cantik asal Yogyakarta mengenalkan teknik vokal tersebut dalam aliran musik pop orkestra kepada para penikmat musik di Indonesia lewat single solo perdananya yang berjudul 'Sampai Matahari Berhenti Bersinar', videoklipnya dirilis pada Kamis, 15 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.

Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapan dirinya untuk maju sebagai Calon Presiden RI 2024 apabila memang jalan untuk maju terbuka. Pria yang...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Neo CPCP Buka Audisi untuk Jadi Penyanyi Lagu Terbaru Karya Musisi Legend Chossypratama

Chossypratama merupakan salah seorang musisi legendaris di Indonesia. Beratus karya lagunya berhasil mempopularkan banyak penyanyi. Pada tahun 2021 ini, Chossypratama kembali menjaring penyanyi berbakat dari seluruh Indonesia melalui program Neo Chossy Pratama Cari Penyanyi (Neo CPCP).

Indonesia Records Gandeng Banyak Potensi Baru dari Kalangan Generasi Muda Seluruh Indonesia

Indonesia Records merupakan perusahaan recording baru yang hadir menjadi pilihan bagi penikmat musik Indonesia. Walau terbilang baru dan belum 1 tahun berjalan, Indonesia Records telah merilis beberapa artis setiap bulannya. Indonesia Records sendiri didirikan oleh Rulli Aryanto (Jendral Rich) bersama rekannya Ahon Kiat.
- Advertisement -