21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

AM Kuncoro Rilis ‘Kau Dewiku’, Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur
A

Kategori -

Yogyakarta (BeritaSumbar.com) – Eksistensi AM. Kuncoro punya magnet tersendiri bagi industri musik Indonesia. Penyanyi asal Kota Yogyakarta tersebut hadir menyajikan karya-karya lagu anti mainstream, mengikuti idealisme bermusiknya sendiri tanpa terimbas trend musik yang ada, seperti pada lagu Kau Dewiku yang dirilis di channel YouTube Prima Founder TV dan diputar serentak di 78 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 20 April 2021.

AM. Kuncoro tinggal di Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (20/4/2021) ia mengatakan bahwa lagu Kau Dewiku memuat pesan bahwa apapun proses hidup yang kita alami harus disyukuri. Ketika kita mengenal seseorang, hidup bersamanya, dan mencintainya, tidak ada yang kebetulan, walaupun ada tantangan yang menghadang. Kita harus yakin, itu semua adalah hal yang baik untuk masa depan. Perjuangan dengan segenap jiwa raga sangat perlu dilakukan hingga hidup kita berakhir di dunia.

Seperti dijelaskan AM. Kuncoro, Lagu Kau Dewiku ia tulis pada tahun 2015 sebagai hadiah ulang tahun pernikahan untuk istri tercintanya. Lagu tersebut bercerita tentang proses dari saling mengenal, membangun kebersamaan, hingga akhirnya saling jatuh cinta.

“Kau Dewiku saya jadikan sebagai judul lagunya karena selain memang nama istri, Dewi juga mengandung arti makhluk khayangan, hal ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur dengan menamsilkan istri sebagai anugerah dari surga,” jelas AM. Kuncoro.

Menurut AM. Kuncoro, aransemen musik lagu Kau Dewiku menggunakan konsep pop romantis, instrument piano dan saxophone membuat nuansa romantis lagu tersebut jadi semakin kuat. Para musisi yang terlibat dalam penggarapannya yaitu; Anggoro (piano), Bangkit (saxophone), Luddy Roos (organ), Eckel Ross (mixing), Axel Naray (mastering), dan Rulli Aryanto (Vocal Director). 

Lebih lanjut AM. Kuncoro menjelaskan bahwa Kau Dewiku adalah single yang merupakan bagian dari album perdananya yang bertajuk ‘Teman dan Senang’. Lagu-lagu pada album tersebut sebagian besarnya ia tulis sendiri dan sebagiannya lagi merupakan karyanya bersama rekan-rekan grup band C4 yang personalnya yaitu; Herry Setiawan, Andri Prihantoro, Donatus Arie Hartanto, dan Krisna Winursito.

“Sebelum Prima Founder Records didirikan, banyak kenangan yang tak dapat saya lupakan bersama C4, grup band yang saya bentuk bersama teman-teman semasa kuliah. Saat itu kami belum ada yang punya alat musik. Untuk bisa bermusik, saya pinjam gitar teman yang lain. Bahkan gitar itupun sempat menjadi alat untuk bertahan hidup di Jogja dengan jadi pengamen saat krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 lalu,” kata AM. Kuncoro. 

AM. Kuncoro menjelaskan motivasi awalnya untuk merilis lagu adalah untuk mendokumentasikan lagu-lagu yang ia tulis. Berkat dorongan dari istri dan keluarganya,  juga dari Rulli Aryanto, salah seorang Owner and Founder Prima Founder Records, maka ia memberanikan diri untuk memproduksi karya-karya lagunya tersebut, agar dapat dinikmati oleh semua orang secara lebih meluas. Dengan dirilisnya single Kau Dewiku, AM. Kuncoro berharap dapat menjadi tambahan semangat baginya, agar terus berkarya dan memberi manfaat bagi orang banyak.

”Bagi saya musik adalah bagian yang tidak bisa lepas dalam setiap proses hidup saya, perasaan suka dan duka dapat diterjemahkan menjadi lebih kuat maknanya melalui musik. Musik memiliki peran yang luas dari setiap aspek kehidupan saya, bukan hanya mengungkapkan rasa, tapi juga menjadi wadah mengungkapkan ide, imajinasi, kritik, ucapan syukur, doa, dan lain sebagainya,” kata AM. Kuncoro.

Rulli Aryanto, salah seorang pendiri Prima Founder Records menyebutkan 78 stasiun radio yang akan memutar serentak lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro, yaitu: Megaswara FM (Sukabumi), Radio Inayah (Tasikmalaya), MeNara FM (Sukabumi), ADS Radio (Karawang), Taszkia FM (Kuningan), RCA FM (Banjar), Elmitra FM (Sukabumi), Gaya FM (Banjar), Mutiara Radio (Subang), Pusaka FM (Sukabumi), Tamala FM (Tasikmalaya), Trisara FM (Cianjur), Radio Sembilan (Subang), GSP Radio (Pemanukan), DFas FM (Indramayu), Inovasi Radio (Oki), DBFM (Belitang), Gema Randik FM (Musi), Radio Baturaja (SumSel), Global Radio (Palembang), Sriwijaya Radio (Palembang), Swara Unib (Bengkulu), ABCD FM (Prabumulih), Radio Jazirah UMB (Bengkulu), Kayu Agung Radio (Oki), Flamboyan FM (Bengkulu), BE Radio (Batam), UB Radio (Malang), Duta FM (Lampung), Bas Radio (Lampung), Sip FM (Lampung), Mandiri FM (Lampung), Inovasi Radio (Lampung), Rapemda Pass FM, Kis Fm (Cilegon), Serang Radio (Serang), Ujungkulon FM (Pandeglan), Samradio (Cilegon).

Selanjutnya; Prima FM (Serang), Planet DMC (Bima), Sonora FM (Bali), Radio AR (Bali), Duta FM (Bali), Favorit FM (Atambua), Gema Merdeka (Bali), Radio Publik (Bangli), CDBS FM (Bali), Suara Kota Wali (Demak), Salma FM (Klaten), Cbs Radar (Tegal), Suara Diponegoro (Semarang), Yes FM (Cilacap), Shoutuna (Purworejo), J FM (Semarang), Inn FM (Kebumen), Citra FM (Wonosobo), RT FM (Tarakan), Paras FM (Samarinda), KP FM (Pky), Tanjung FM (Bulungan Kaltara), Evella (Pky), FMentaya (Sampit), Stars FM (Palangkaraya), Tarakan FM (Kalimantan Utara), Soka Radio (Jember), Grindulu FM (Pacitan), SKFM (Kediri), Garasi FM (Situbondo), Akbar FM (Jember), Mahardhika FM (Blitar), Fajar FM (Banyuwangi), Si FM (Tuban), MCFM (Banyuwangi), DCS FM (Madiun), Bahana FM (Ngawi), Rasi FM (Magetan), dan Abdi Persada FM (Banjar Baru, KalSel).

Rulli Aryanto juga mengatakan, “Untuk info materi lagu, buat teman radio atau media yang mau ikutan support bisa ke +62 821-2207-0147 (Tixxy). Prima Founder Records bakalan open audisi buat penyanyi baru dari seluruh Indonesia, untuk bisa gabung membawakan karya-karya lagu apik dari AM. Kuncoro dan Donas.”

Video lirik lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro ada di link berikut ini: https://youtu.be/FXj-BCQt3YU

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

CRID feat Anto Baret Rilis Lagu Honocoroko, Maknai Kesetiaan Hidup Bernegara Saat Hadapi Pandemi

Asal mula aksara Jawa yang dikenal dengan sebutan Honocoroko terdapat dalam legenda Ajisaka. Kisahnya yang mengharukan bisa menjadi bahan edukasi bagi mental bangsa dalam kesetiaan hidup bernegara, apalagi di situasi pandemi saat sekarang ini. Di momen penyambutan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, grup band CRID feat Anto Baret mengangkat mitologi tersebut di lagu terbaru mereka yang berjudul Honocoroko, soft lauching-nya akan dilakukan di acara tumpengan kecil pada Minggu, 18 Juli 2021 di Jalan Kalipasir No. 16 Cikini, Jakarta Pusat.

Amir Roez feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

AM Kuncoro Rilis 3 Karya Lagu dari 3 Genre Musik di Bulan Juni 2021

Karya lagu biasanya terlahir dalam genre musik tertentu. Setiap genre musik memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Seorang penikmat musik bisa saja menyukai lebih dari satu genre musik. Membaca peluang tersebut, AM. Kuncoro, Vokalis grup band Heniikun Bay akan merilis 3 lagu dari 3 genre di bulan Juni 2021 pada stasiun radio berbagai kota di Indonesia.

Prima Founder Records Gelar Jumpa Pers OST Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Kepiting Tapal Kuda dikenal masyarakat Jawa dengan nama Mimi Mintuno. Mereka memfilosofikan Mimi Mintuno sebagai sepasang hewan sejoli yang saling setia sehidup semati. Filosofi tersebut jadi budaya tersendiri bagi masyarakat Jawa, termaktub dalam doa pada saat prosesi pernikahan, "Dadio pasangan koyo mimi lan mintuno", artinya "Jadilah pasangan yang awet dan setia seperti mimi dan mintuno”.

AM Kuncoro bersama Steven & Tege Coconut Treez Siap Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Lagu Mimi Mintuno Tresno

Sebuah lagu juga dapat menjadi media dalam pelestarian bahasa daerah untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Seperti Mimi Mintuno Tresno, lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh AM. Kuncoro berkolaborasi dengan Steven & Tege, dua personal Coconut Treez, grup musik reggae legendaris Indonesia yang popular dengan lagu Welcome to My Paradise.

The Bungsu Optimis Rilis Single Perdana Setelah 16 Tahun Berkiprah

The Bungsu bukanlah nama baru di peta musik Tanah Air. Grup band tersebut sudah 16 tahun menjajal berbagai panggung hiburan di Bandung, kota asalnya. Berbekal kematangan dari menjalani proses bermusik, The Bungsu optimis merilis single perdananya yang berjudul 'Cinta Sebelah Mata' pada Kamis, 27 Mei 2021 di kanal YouTube Ruangkreasi TV.

Prima Founder Records Buka Casting Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Songbanyu, sebuah desa terpencil yang terletak di ujung timur Provinsi Yogyakarta memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Melihat potensi yang dimiliki oleh desa tersebut, Prima Founder Records mengangkat kearifan lokal yang dimilikinya ke dalam web series yang berjudul Mimi Mintuno – The Story of Tresno, casting-nya resmi dibuka dari tanggal 12 - 23 Mei 2021 untuk para pegiat seni peran di seluruh Indonesia.

Alex Yunggun Produseri Sendiri Single Solo Perdananya ‘Painting of Beauty’

Alex Yunggun, remaja berusia 16 tahun asal Kota Yogyakarta punya selera dan imajinasi unik dalam menulis lagu, seperti pada lagu Painting of Beauty yang akan menjadi single solo perdananya. Alex Yunggun akan take vokal lagu tersebut pada pada Senin, 31 Mei 2021 di Yogyakarta.

Andre Gustian Vokalis Lochness Rilis Single Solo Perdana Gadisku, Karya Yoni Dores Penulis Lagu Nike Ardila

Andre Gustian, Vokalis grup band Lochness dipercaya Yoni Dores, adik kandung Deddy Dores untuk menyanyikan karya lagunya yang berjudul Gadisku. Lagu tersebut jadi single perdana Andre Gustian, dirilis pada Kamis, 20 Mei 2021 di channel YouTube Bintang Delapan Production.

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -