24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’
T

- Advertisement -

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai Tapan, Kampung Tengah Tapan, Talang Balarik Tapan dan Limau Purut Tapan.

Menurut keterangan masyarakat setempat, volume air mulai naik sejak sore hari, puncaknya sekitar pukul 18. 30 Wib. “Akibatnya jalan akses masuk ke nagari Binjai dan kampung tengah putus akibat direndam banjir” ungkap Syaifullah selaku aktivitas Pemuda dan Pelajar Tapan yang cepat tanggap dan melaporkan kepada awak media beritasumbar.com seusai diwawancarai bakda Tarwih 21.00 WIB

Banjir yang terjadi saat ini merupakan terparah sepanjang tahun 2021, ungkap Syaifullah. Bersama rekan-rekan aktivis Pemuda dan Pelajar aktivis Islam Tapan; Syaifullah mengaku telah ditunjuk langsung sebagai Koordinator Aksi Peduli Banjir Tapan sesaat beberapa jam setelah kejadian dan saat ini sedang melalukan investigasi lebih lanjut sambil bergerak cepat membantu dibeberapa titik lokasi bencana terdekat.

Foto Syaifullah

Menurut informasi korban terbanyak terdapat di Nagari Kampung Tengah dan Binjai Tapan. Sedangkan di nagari Limau Purut dan Talang Balarik ditemui rumah yang roboh bahkan ada yang hanyut dibawa oleh arus banjir. Syaifullah telah mengajak semua komponen masyarakat dan jejaring di Sumatera Barat untuk bahu membahu menghadapi musibah banjir ini.

“Banjir ini datang saat hari raya idul Fitri akan tiba. Tentu banyak keluarga yang seharusnya bisa berbahagia bersama, harus berganti dengan tangisan pilu akibat banjir. Untuk itu, mari kita bergerak bersama”, ajak Syaifullah. Diketahui Syaifullah juga adalah alumni dan eks. Ketua PII Sumbar dan saat ini juga selaku pengurus Pemuda Dewan Masjid Indonesia Sumbar.

Disaat berita ini diterbitkan, awak media belum dapat menghubungi pihak BPD dan Pemerintah setempat untuk juga mendapatkan keterangan resmi lebih lanjut. (Tan Gindo)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img