24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Kejaksaan Lidik Persoalan Perpakiran di Bukittinggi
K

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi melakukan penyelidikan terhadap pengelolaan perpakiran, yang dikelola mitra kerja Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat.

“Kita tengah menyelidiki persoalan perparkiran. Pihak-pihak tertentu terkait perpakiran sudah dipanggil untuk dimintai keterangan,” kata Kasi Pidsus Kejari Bukittinggi, Mulyadi didampingi Kasi Intel, Zulfikar di Bukittinggi, Selasa (12/5/2021).

Menurut dia, meski pun yang dipanggil baru sebatas dimintai keterangan, tidak tertutup kemungkinan statusnya bisa naik ketingkat penyidikan.

“Kejari sendiri dalam menangani persoalan perparkiran, dengan memanggil pihak terkait yang mengelola perparkiran untuk dimintai keterangan, sudah berjalan sebulan,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika persoalan pengelolaan parkir naik statusnya, tentu setelah ditemukan alat bukti yang cukup.

“Meminta keterangan ahli, Kejari juga akan melakukannya agar dapat mengetahui apakah ada kerugian negara di dalamnya. Bisa jadi kita minta dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Sumbar,” sebutnya.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, berharap persoalan pengelolaan parkir kini diusut Kejari, sehingga menemukan apa dan bagaimana permasalahan sebenarnya.

“Saya berharap pihak kejaksaan terus berkerja untuk mengusutnya, guna dapat menuntaskan persoalan perparkiran di kota Bukittinggi,” ungkapnya.

Marfendi mengaku heran kenapa Pendapat Asli Daerah (PAD) kota Bukittinggi dari retribusi parkir jauh lebih rendah dibandingkan dengan PAD kota Payakumbuh.

“Masak iya tinggi pula PAD parkir kota Payakumbuh dari Bukittinggi, jelas Bukittinggi merupakan kota sejarah dan kota wisata,” paparnya.

Untuk diketahui, pengelolaan parkir di Bukittinggi pada 2020 diserahkan ke pihak ketiga. Dilaporkan sejumlah keluhan muncul di tengah masyarakat, seperti tarif parkir mahal diminta juru parkir.

Bahkan dikabarkan setoran parkir oleh mitra kerja Dishub, tidak terealisasi sesuai kontrak yang telah disepakati nilainya selama setahun. Sebagaimana pernah dikonfirmasikan ke Kepala Bidang Lalulintas dan Parkir Dishub Bukittinggi, Marshal Danil mengaku, sejak pandemi covid-19, pengunjung yang datang ke Bukittinggi tak ramai seperti biasanya, maka dilakukan evaluasi besaran setoran dari mitra kerja kerja Dishub.

Mengenai berapa besarnya setoran parkir seharusnya oleh mintra kerja ke Dishub ditengah pandemi covid-19, Danil tak dapat memberi keterangan, dengan alasan bidangnya hanya mengkaji dimana saja titik-titik parkir.

“Untuk berapa nilai setoran, tanyakan langsung ke UPTD Parkir,” katanya seraya menyebutkan, tarif parkir kendaraan roda empat Rp5 ribu dan roda dua sebesar Rp2 ribu.

Menurut dia, titik-titik parkir di Bukittinggi sudah diatur sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwako).

“Di titik parkir yang tidak masuk Perwako, misalnya di depan Hotel Jogja, ada informasi yang menyebutkan pakir diminta Rp200 ribu,” katanya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sampah Membusuk di Titik Kumpul, Tak Pernah Terjadi saat Ramlan Nurmatias Pimpin Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Tumpukkan sampah di titik kumpul sampah belakang Pasar Atas, tak habis dibawa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi, mengeluarkan aroma busuk...

Saluran Permanen Dibuat di Bypass Bukittinggi, Rahmat: Kita Sudah Bertemu Gubernur

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Keinginan warga Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, agar bahu jalan bypass yang berada dibawahnya terdapat saluran air, sempat...

100 Hari Kepemimpinan Erman Safar – Marfendi, Awal Menuju Bukittinggi Hebat

Bukittinggi, beritasumbar.com - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi mengumumkan 100 hari progres kinerja mereka memimpin Bukittinggi pascadilantik pada 26 Februari...

Mundurnya Sejumlah Pejabat di Pemko Bukittinggi, Qory : Bukti Tak Mampu Laksanakan Tugas

Bukittinggi, beritasumbar.com- Mundurnya sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. "Pelayanan Pemko terhadap masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Tidak...

Bukittinggi Dapat Hibah Mobil Pustakaan Keliling dari Perpusnas RI

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendapat bantuan hibah 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Mobil dengan fasilitas 3 komputer,...

Satu Mobil Ketua DPRD Diganti Dengan Inova, Tasmon: Mobil-nya Jenis Sama Ada Dua

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Mobil dinas Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Herman Syofyan saat ini jenis Jipp ada dua unit, yakni Fortuner dan Pajero. Untuk Bukittinggi...

Nyali Dinas PUPR Dipertanyakan, Bangunan Tanpa IMB Dibiarkan Berdiri

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Nyali Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bukittinggi dipertanyakan. Bangunan terletak di Luak Anyir, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto...

DPRD Bukittinggi Tak Elok Asal Hantam Kromo

Pasca dilantik Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (26/2/2021), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Marfendi terus mendapat sorotan, mulai...

Kwatir Amblas Lagi, Warga Jl Bypass Mohon Pemerintah Bangun Drainase

Bukittinggi, beritasumbar.com — Warga di sekitar Jalan Bypass Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, masih khawatir jika sewaktu-waktu bahu jalan di depan tempat usaha...

Bukittinggi Zona Orange, Plt DKK Ismail: Ingat yang Menentukan Warna Zona Satgas Covid Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Adanya dua pandangan tentang warna zona status covid-19 di Kota Bukittinggi, ditanggapi Dinas Kesehatan Kota (DKK) setempat dengan menyatakan penetapan zona...
- Advertisement -