29 C
Padang
Selasa, Mei 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tanaman Hias Dalam Ruangan : Dari Hobi Pembawa Manfaat
T

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,– Setiap orang memiliki hobbi yang berbeda-beda. Hobbi yng dilakukan biasanya sesuatu yang bersifat yang paling disenangi. Begitu juga bagi para sebagain orang yang memiliki hobbi dalam menanam tanaman hias. Kegiatan menanam apalagi tanaman hias biasanya dapat memberikan aura positif bagi pelakunya, memberikan rasa kepuasaan dan kesenangan serta yang tak kalah pentingnya rumah menjadi indah dengan aneka tanaman yang berbeda. Apalagi jika seseoarang tersebut memiliki jiwa seni yang tinggi, ruangan yang biasa akan dapat disulap menjadi ruangan yang aestetik dengan penataan tanaman hias yang pas.

Berbicara tanaman hias, tidak semua tanaman yang dapat ditanam didalam ruangan. Setiap tanaman memiliki syarat tumbuh yang berbeda. Ada tanaman yang mengiinginkan tumbuh tapa ruang terbuka dengan cahaya matahari yang penuh da nada juga tanaman yang dapat tumbuh dengan pencahayaan matahari yang sedikit. Nah, tanaman tersebut dikenal dengan tanaman indoor atau tanaman yang dapat tumbuh didalam ruangan. Banyak tanaman khususnya tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik dan biasanya memang digunakan untuk memperindah sudut ruangan kantor, sekolah, intansi pemerintahan ataupun sebagai dekorasi dari suatu perhelatan. Beberpa tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor diantaranya yaitu seperti lidah mertua atau sansivierra, sri rejeki atau aglonema, monstera, peace lily, philodendron, pakis, bamboo air, bonsai kaktus dan banyak lagi jenis yang lainnya.

Tanaman hias indoor memiliki banyak manfaat disamping dapat memperindah ruangan. Apabila pemilihan tanaman hias yang digunakan tepat maka tanaman tersebut dapat berfungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan sehingga polusi yang disebabkan oleh asap rokok ataupun asap yang lainnya dapat diinimalisir. Selain menjaga kualitas udara, tanaman indoor juga dapat membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Sekitar 10 persen kelembapan udara yang Anda hirup dilepaskan oleh tanaman di sekitar. Lebih lanjut, apabila kita memiliki alergi terhadap debu maka penggunaan tanaman hias indoor bisa dijadikan sebagai alternative karena dengan menanam tanama hias kadar debu dan kelembapan dapat berkurang secara signifikan. Itu sebabnya, udara menjadi lebih bersih dan gejala alergi atau asma, seperti batuk, bersin, dan sakit tenggorokan, tidak mudah kambuh.

Kegiatan menaman tanaman hias karena merupakan suatu hobbi maka dengan menata tanaman hias di dalam suatu ruangan juga bisa membantu meredakan stres dan melepas penat. Hal ini karena tanaman mempunyai efek yang menenangkan apalagi tanaman hias yang memiliki bentuk, warna yang beragam macamnya.. Warna hijau dan aroma segar tanaman dapat membuat suasana hati menjadi positif sehingga stres atau kepenatan pun hilang. Efek serupa akan juga akan dapat kita rasakan bila menaruh tanaman hias yang berbunga di dalam ruangan.

Keberadaan tanaman hias dalam rumah juga bisa menjadi salah satu bentuk terapi. Dengan adanya tanaman hias tersebut, maka kita akan memiliki suatu kesibukan yang positif untuk merawatnya terus menerus. Kesibukan tersebut bisa berupa kegiatan penyiraman yang rutin dilakukan, memberinya pupuk, dan mungkin terkadang juga mengajaknya bicara. Melihat tanaman segar dan tumbuh dengan subur akan membuat hati pemiliknya menjadi gembira. Selain itu, dengan melihat tanaman hias dalam ruangan mampu membantu mempercepat pemulihan dari penyakit, cedera, atau operasi. Sebuah tinjauan penelitian pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa orang yang melihat tanaman hias indoor saat sedang dalam masa pemulihan setelah operasi mengalami pemulihan yang lebih cepat.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img