24 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jenis-jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan
J

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Tanaman hias semua jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai penambah keindahan dari kecantikan atau estetika. Tanaman hias mencakup semua jenis tumbuhan baik dari tanaman yang merambat, semak-semak, bahkan pohon. Dalam dunia arsitektur lanskap, bentuk dari tanaman hias menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk dijadikan sebagai salah satu peran penting di dalam mendekoresi sebuah ruangan. Tanaman hias memiliki banyak manfaat, Selain sengaja ditanam untuk dekorasi, tanaman hias juga berfungsi sebagai tanaman pelindung atau penutup tanah. Pada umumnya, tanaman ini sengaja ditanam untuk tujuan memberikan kesan keindahan di dalam maupun di luar ruangan.

Tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

a. Tanaman hias daun. Tanaman ini memiliki keindahan pada daunnya yang unik dengan karakter yang kuat seperti aglaonema dan lain sebagainya

b. Tanaman hias bunga. Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang memiliki bunga sebagai daya tarik utamanya seperti antara lain mawar, melati, anggrek dan sebagainya

c. Tanaman hias buah. Tanaman hias buah merupakan tanaman hias yang mempunyai buah dan buah tersebut dapat dimanfaatkan atau diolah menjadi bahan apa pun itu seperti nanas hias lava bust dan sebagainya

d.Tanaman hias pohon. Biasanya tanaman hias pohon ditanam di area outdoor, taman, depan rumah, atau dalam bentuk bonsai antara lain seperti beringin, bambu jepang, bambu kuning, pinang.

e.Tanaman hias akar. Tanaman hias akar adalah tanaman yang mempunyai keunggulan pada bagian akarnya antara lain seperti Ficus benjamina, Ficus elastica, Canarium spp., dan lain-lain.

Berdasarkan penempatannya, tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu tanaman hias outdor dan tanaman hias indoor. Tanaman hias indoor merupakan tanaman hias yang dapat dibudidayakan dan tumbuh dengan baik pada ruangan atau kondisi lingkungan yang minim cahaya matahari.

Beberapa contoh tanaman hias indoor yang dapat ditanam dalam ruangan rumah diantaranya yaitu:

  1. Sansevieria

Tanaman ini dikenal juga dengan nama lidah mertua. Daunnya berbentuk lancip, belang-belang terlihat seperti kulit ular, bentuknya juga bermacam-macam, ada yang panjang tipis, panjang menebal, bulat bahkan ada yang kerdil. Jenis ini sangat cocok ditempatkan diruang tamu atau dekat tv. Selain menmabh keindahan, dipercaya juga dapat membersihakan udara ruangan.

2.Kaktus

Tanaman yang tidak menyukai air ini cocok ditempatkan dalam ruangan. Bentuknya yang unik dan aestetik bisa menambah kesan indah pada ruangan. Pilihannya tepat sekali bagi pencinta tanaman tapi malas untuk menyiram. Namun hati-hati bagi yang memiliki anak kecil, karena kaktus berduri jadi penempatannya agka ditinggikan dan dijauhkan dari jangkauan anak-anak

  1. Peace lily

Tanaman hias cantik ini juga dikenal karena sifatnya yang bisa memurnikan udara. Bentuk daunnya kokoh dan mengkilap, dengan bunga yang mekar berwarna putih flamboyan berbentuk arum.

  1. Pakis

Tanaman hias ini memberikan kesan hidpu pada ruangan. Pakis memiliki daun yang unik dan tahan ditanaman dalam ruangan. Selain itu perawatannya juga tidak terlalu sulit.

  1. Aglonema

Tanaman jenis daun ini memiliki keindahan dari jenis dan warna daunnya. Tanaman ini memberikan kesan indah mata untuk memandangnya. Beragam warna mulai dari merah, putih ataupun warna yang bercorak.

6.Monstera

Tanaman hias ini naik daun beberapa tahun belakangan sehingga dijuluki tanaman kekinian. Bentuk daunnya yang unik, yaitu di tengahnya terdapat lubang, menjadi salah satu daya tarik monstera yang kini dijual dengan harga yang cukup tinggi.

7.Bonsai

Tanaman hias ini merupakan cemara udang yang dikerdilkan. Ini yang menjadi daya tariknya. Bonsai memiliki harga yang fantastic tergantung keunikkannya. Menanam bonsai dianggap sebagai bentuk seni dalam praktik hortikultura Tiongkok. Bonsai menjadi representasi alam yang miniatur, namun terlihat realistis dengan tekstur kulit kayu, batang tebal, serta jalinan bentuk kayu hidup yang menarik.

8.Lidah buaya

Bentuknya memanjang dengan adanya duri dipinggirnya. Biasanya lidah buaya dapat diletkkan dalam ruangan, dekat tv ataupun ruang tamu. Selain itu juga dapat digunakan lagsg sebagai masker.

9.Palem kuning

Palem jenis ini cocok untuk diletakkan sebagai tanaman hias di ruang tamu karena bisa jadi pembersih udara yang alami. Menghias rumah dengan palem kuning akan membuat udara di rumah kamu terjaga kebersihannya.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img