26.6 C
Padang
Saturday, October 24, 2020

Syafruddin Karimi: TDS Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Sumbar

Padang – Pengamat Ekonomi dari Universitas Andalas (Unand) Prof Dr Syafruddin Karimi mengatakan bahwa Tour de Singkarak (TdS) berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Sumatera Barat.

“Saya yakin acara ini sangat berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat karena akan banyak pendatang dari luar,” katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini memang belum ada penelitian pasti mengenai hal tersebut, namun ia akan mencoba mencari tahu seberapa besar peningkatan ekonomi saat event balap sepeda internasional itu berlangsung.

“Sejauh ini saya belum melihat ada penelitian tentang ini, tapi ini memang patut untuk diteliti agar kita tahu secara pasti,” katanya.

Direktur Pascasarjana Unand ini juga menyebutkan bahwa selain dampak ekonomi, sebenarnya banyak yang bisa didapatkan dari kegiatan TdS tersebut.

“Tidak hanya di bidang ekonomi, TdS juga memberikan keuntungan untuk pariwisata dan kebudayaan Sumbar,” katanya.

Lanjutnya, dengan TdS, nama Sumbar juga menjadi lebih dikenal di mancanegara karena yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai negara.

Terkait dengan terganggunya pelayanan masyarakat seperti alur lalu lintas yang ditutup, ia berpendapat bahwa permasalahan tersebut sebenarnya bisa diatasi tanpa harus menimbulkan kemacetan dan gangguan lainnya.

“Sebenarnya jika acara tersebut dikelola dengan baik dan seksama, tentu kendala-kendala di lapangan seperti jalan macet, bisa teratasi,” ujarnya.

Ia juga berharap untuk kedepannya, pihak penyelenggara TdS lebih teliti dalam mengelola even tahunan ini, agar permasalahan yang sama tidak terulang kembali.

Sehubungan dengan hal tersebut, Sekretaris Jurusan Sosiologi Unand, Zuldesni, S.Sos, MA berpendapat sama, bahwa kegiatan TdS ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Sumbar.

“Salah satunya, fasilitas umum seperti jalan raya terus diperbaiki karena akan menjadi jalur TdS,” katanya.

Tapi, ia melanjutkan, untuk permasalahan macet dan larangan mengadakan acara seperti resepsi pernikahan, panitia penyelenggara hendaknya mengantisipasi sejak awal dan memberikan peringatan yang jelas kepada masyarakat. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Yola Oksandra Raih Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya

Sijunjung, Berita Sumbar-- Yola oksandra, meraih juara 3 ( tiga) Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya, kata Kadis Parawisata...

KONI Kota Payakumbuh Dan UNP Jalin Kemitraan Pembinaan Atlit

Payakumbuh,- Berolahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -