25.8 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

STAIDA Lepas Delapan Mahasiswanya KKN Ramadhan

Sebanyak delapan mahasiswa  Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Alqur’an (STAIDA) Payakumbuh tahun terakhir, menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di Jorong Lakuang Nagari Situjuah Batur, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, selama 40 hari, 16 Juni sampai 27 Juli 2015.

Sebelum terjun ke tengah masyarakat, kedelapan  mahasiswa KKN itu, dilepas Ketua STAIDA Ahmad Deski, MA, bersama Wakil Ketua II Devitra, M.Si, dan Wakil Ketua III Isra Hayati Darman, M.Pd, dalam acara di kampus STAIDA,  Rabu (17/6).  Saat melepas mahasiswa ini juga hadir sejumlah dosen dan mahasiswa STAIDA.

Kegiatan KKN mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan jurusan Ilmu Alqur’an itu, mengambil momentum Ramadhan, agar lebih banyak bersama masyarakat dan jemaah tarwih. Tema yang diusung dalam KKN ini, Mewujudkan Manusia Terbaik dgn Menebarkan Manfaat Bagi Manusia Lain Melalui Pengabdian Kepada masyarakat Sebagaui Human Capital. Thema tersebut sangat cocok dalam peningkatan iman dan taqwa umat Islam dan masyarakat secara luas. Makanya selama Ramadhan, mahasiswa diharapkan berperan aktif di masjid, mushalla dengan menghidupkan aktifitas keagamaan, kata ketua STAIDA Ahmad Deski.

Momentum  KKN itu, tambahnya,  juga bagian dari sosialisasi keberadaan STAIDA  sebagai satu-satunya perguruan tinggi Ilmu Alqur’an di Luak Limopuluah.  Tidak hanya mahasiswa KKN, mahasiswa STAIDA lainnya juga diberi tugas untuk melakukan sosialisasi yang sama, dengan memberikan dakwah pada sejumlah tempat peribadatan di kedua daerah Payakumbuh dan Limapuluah Kota.

Kemampuan mahasiswa STAIDA dalam berdakwah, dikatakan, Insya Allah tidak mengecewakan. Karena, selama menekuni pendidikan di STAIDA seluruh mahasiswa belajar sambil berpraktek dalam menyampaikan ilmu-ilmu Alqur’an. Harapan Ahmad Deski, dengan banyaknya mahasiswa terjun ke tengah masyarakat, makin  terbuka hati orang tua memotivasi putera-puterinya melanjutkan kuliah di STAIDA Payakumbuh, simpulnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pesanan Randang Dijemput PT Muhibbah Mulia Wisata Ke Payakumbuh, Dipasarkan Online

Payakumbuh --- PT Muhibbah Mulia Wisata datang untuk menjemput pesanan tahap pertama dari sebanyak 5000 sachet Randang mereka ke Koperasi Sentra Randang...

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Sultani : Petani Itu Adalah Kita

Tanah Datar,- Sultani, calon wakil bupati tanah datar mengatakan bahwa kita harus memperhatikan petani dengan memunculkan berbagai program yang menguntungkan dan membantu...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -