Padang – Himpunan Kekeluargaan Seniman Minang (HIKASMI) Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengadakan festival lagu “Teluk Bayur” untuk yang ketiga kalinya pada 4 sampai 6 Juni 2015.

“Festival lagu ‘Teluk Bayur’ III ini untuk melestarikan sejarah, budaya, serta pesona keindahan pelabuhan teluk bayur,” kata panitia festival lagu “Teluk Bayur III”, Armen Chaniago di Padang, Senin.

Ia mengatakan, acara ini juga untuk mencari generasi-generasi baru untuk lagu Minang, sekaligus menjalin silaturahmi antar seniman Minang Sumbar.

Untuk pendaftaran festival lagu teluk bayur ini, katanya, HIKASMI membatasi umur peserta, yaitu dari umur 17 tahun keatas

“Pendaftaran dimulai pada 11 Mei hingga 2 Juni 2015 dengan uang pendaftaran sebesar Rp100.000,” katanya.
Ia menjelaskan, peserta akan membawakan lagu wajib yaitu lagu “Teluk Bayur”, serta satu lagu pilihan dari lima lagu Minang yang disediakan oleh panitia.

“Kami menetapkan lima lagu pilihan untuk pria dan lima lagu pilihan untuk wanita,” ujarnya.

Lima lagu Minang pilihan untuk pria adalah “Tarapuang-apuang”, “Diseso Bayang”, “Jurang Dalam”, “Manyuruak Dilalang Sahalai” dan “Ratok”.

Sementara lagu Minang untuk wanita yaitu, “Alah Bapaga Makonyo Patah”, “Guguak Manyambah Bateh Penantian”, “Kelok 44” dan “Gadih Tuladan”.

Ia mengatakan, akan ada dua unit sepeda motor dan tabanas sebesar Rp20 juta yang akan diperebutkan sebagai hadiah, serta memperebutkan piala bergilir.

Festival lagu “Teluk Bayur” yang pertama diadakan pada 28 sampai 30 April 2013 dan festival kedua diadakan pada 16-18 April 2014.

 

Sumber: Antara/Junisman
loading...