24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Semen Padang Kirim Pulang Persija Jakarta
S

Kategori -

Persija hanya bisa menang lewat babak adu penalti dan tidak membantu mereka untuk ke semi-final.

Persija Jakarta mampu menutup petualangan mereka di turnamen Piala Jenderal Sudirman dengan kemenangan atas Semen Padang, Minggu (20/12) malam, di Stadion Manahan, Solo.

Sayang kemenangan tersebut didapat lewat adu penalti, yang artinya tak membantu tim Macan Kemayoran untuk bisa ke semi-final. Persija hanya bisa mengamankan lima poin, sedangkan Kabau Sirah memiliki tujuh poin untuk menjadi jawara grup D delapan besar.

Babak Pertama

Hasil dari laga Mitra Kukar kontra PS TNI membuat laga Persija Jakarta kontra Semen Padang jadi makin penting. Bukan hanya Persija, tapi juga Semen Padang. Di mana kemenangan Mitra 3-1 atas PS TNI bisa saja membahayakan tim Kabau Sirah.

Umpan Irsyad Maulana yang mampu menerobos masuk sisi kiri kotak penalti Persija nyaris saja membawa Semen Padang unggul sejak meit keempat. Sayang umpan matang Irsyad malah tak bisa disambut dengan tenang dan baik oleh Nur Iskandar, yang sebenarnya tak begitu dijaga ketat oleh barisan belakang Persija.

Menit 12′, giliran Persija yang mendapat peluang lewat tendangan bebas dari jarak ideal. Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne yang mengambil tendangan masih gagal menemui sasaran, bola yang diluncurkan striker berpaspor Belgia itu membentur pemain Semen Padang.

Nur Iskandar lagi-lagi membuang peluang pada menit 22′. Kecerdasan Yu Hyun-koo memberi umpan terobosan kepada Nur Iskandar di kotak penalti tak mampu diselesaikan dengan finishing yang bagus, tendangan Nur Iskandar hanya melenceng tipis dari gawang kawalan Andritany Ardhiyasa.

Laga bisa dibilang cukup alot karena kedua tim begitu sulit memaksimalkan sedikit peluang yang tercipta. Semen Padang sempat mengancam lewat tendangan bebas Satrio Syam dari sisi kanan, tapi tembakan eks PSM Makassar melenceng tipis dari target.

Di menit-menit akhir sebelum istirahat, umpan jauh Hendra Adi Bayauw membahayakan pertahanan Persija, tapi Andritany berhasil mengamankan bola sebelum dijangkau oleh Nur Iskandar. Beberapa menit berselang, Persija lewat serangan balik yang digalang Pacho hanya mampu menghasilkan tendangan yang terlalu mudah diamankan Jandia Eka.

Babak pertama pun akhirnya harus berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Di awal-awal paruh kedua, Semen Padang lebih banyak menguasai bola. Pada menit ke-53 Yu Hyun-koo melakukan tendangan bebas dari jarak ideal. Tapi Andritany Ardhiyasa masih bisa menangkap bola yang mengarah tepat ke sasaran.

Persija kesulitan untuk berkembang dan menciptakan peluang. Raphael Maitimo pun ditarik keluar untuk digantikan Dedi Hartono, tapi permainan tim Macan Kemayoran malah jadi kurang seimbang. Bahkan mereka harus dihukum penalti setelah Maman Abdurrahman melanggar Hendra Adi Bayauw yang melakukan penetrasi di menit 63′.

James Koko Lomell pun dipercaya menjadi algojo penalti, Andritany yang pernah melakukan penyelamatan saat Persija kontra Sriwijaya FC di fase grup tak bisa mengulanginya. Sebagaimana eksekusi James di menit 65′ bisa mengelabui Andritany. 1-0 untuk Semen Padang.

Jelang waterbreak, Persija coba menekan Semen Padang yang mulai menurunkan tensi serangan. Usaha Aldi Al Achya yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi Jandia Eka. Semen Padang pun mengganti pemain di sektor belakang, Saepulloh Maulana nampak keram dan digantikan Novrianto.

Terlalu fokus menyerang, Persija malah kembali tersengat oleh Semen Padang. Lagi dan lagi Semen Padang menciptakan gol lewat serangan balik – taktik yang kerap mereka andalkan selama turnamen. Hendra Bayauw mampu lolos dari jebakan offside, mengelabui Andritany yang coba menerjang dan Maman yang mengejar dari belakang. 2-0 untuk armada Nilmaizar menit 82′.

Laga sempat dihentikan karena ulah suporter yang menyalakan bom asap dan flare ketika laga sedang berjalan, Persija yang sedang membutuhkan gol pun kehilangan momentum mereka. Ketika laga dilanjutkan, Persija akhirnya bisa mencuri gol balasan di menit 89′. Pacho yang menguasai bola di kotak penalti tak mendapat adangan berarti, sehingga mudah saja mencetak gol.

Empat menit termasuk waktu tambahan coba dimaksmalkan Persija, namun tak mudah karena Semen Padang sudah menumpuk pemain di daerah pertahanan. Nur Iskandar bahkan masih bisa mengancam lewat tendangan keras dari sisi kiri yang melenting dari target.

Jelang laga berakhir, Pacho harus dilanggar di kotak penalti oleh Handi Ramdhan. Pacho yang jadi eksekutor pun mampu menyempurnakan tugasnya dengan gol sekaligus menyamakan kedudukan yang memaksa laga harus ditentukan dengan babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Hendra Bayauw jadi penendang pertama dan mampu memberikan angka untuk Semen Padang. Persija pun mampu mengamankan penalti pertama lewat eksekusi Emmanuel Kenmogne yang tak bisa diantisipasi Jandia Eka.

Andritany Ardhiyasa mampu menggagalkan penendang kedua dari Semen Padang, Satrio Syam. Tendangan Satrio lemah ke sisi kanan dan bisa dibaca Andritany. Maman Abdurrahman sebagai penendang kedua Persija mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -