25.1 C
Padang
Thursday, December 3, 2020
Beritasumbar.com

Semen Padang Kirim Pulang Persija Jakarta
S

Kategori -

Persija hanya bisa menang lewat babak adu penalti dan tidak membantu mereka untuk ke semi-final.

Persija Jakarta mampu menutup petualangan mereka di turnamen Piala Jenderal Sudirman dengan kemenangan atas Semen Padang, Minggu (20/12) malam, di Stadion Manahan, Solo.

Sayang kemenangan tersebut didapat lewat adu penalti, yang artinya tak membantu tim Macan Kemayoran untuk bisa ke semi-final. Persija hanya bisa mengamankan lima poin, sedangkan Kabau Sirah memiliki tujuh poin untuk menjadi jawara grup D delapan besar.

Babak Pertama

Hasil dari laga Mitra Kukar kontra PS TNI membuat laga Persija Jakarta kontra Semen Padang jadi makin penting. Bukan hanya Persija, tapi juga Semen Padang. Di mana kemenangan Mitra 3-1 atas PS TNI bisa saja membahayakan tim Kabau Sirah.

Umpan Irsyad Maulana yang mampu menerobos masuk sisi kiri kotak penalti Persija nyaris saja membawa Semen Padang unggul sejak meit keempat. Sayang umpan matang Irsyad malah tak bisa disambut dengan tenang dan baik oleh Nur Iskandar, yang sebenarnya tak begitu dijaga ketat oleh barisan belakang Persija.

Menit 12′, giliran Persija yang mendapat peluang lewat tendangan bebas dari jarak ideal. Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne yang mengambil tendangan masih gagal menemui sasaran, bola yang diluncurkan striker berpaspor Belgia itu membentur pemain Semen Padang.

Nur Iskandar lagi-lagi membuang peluang pada menit 22′. Kecerdasan Yu Hyun-koo memberi umpan terobosan kepada Nur Iskandar di kotak penalti tak mampu diselesaikan dengan finishing yang bagus, tendangan Nur Iskandar hanya melenceng tipis dari gawang kawalan Andritany Ardhiyasa.

Laga bisa dibilang cukup alot karena kedua tim begitu sulit memaksimalkan sedikit peluang yang tercipta. Semen Padang sempat mengancam lewat tendangan bebas Satrio Syam dari sisi kanan, tapi tembakan eks PSM Makassar melenceng tipis dari target.

Di menit-menit akhir sebelum istirahat, umpan jauh Hendra Adi Bayauw membahayakan pertahanan Persija, tapi Andritany berhasil mengamankan bola sebelum dijangkau oleh Nur Iskandar. Beberapa menit berselang, Persija lewat serangan balik yang digalang Pacho hanya mampu menghasilkan tendangan yang terlalu mudah diamankan Jandia Eka.

Babak pertama pun akhirnya harus berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Di awal-awal paruh kedua, Semen Padang lebih banyak menguasai bola. Pada menit ke-53 Yu Hyun-koo melakukan tendangan bebas dari jarak ideal. Tapi Andritany Ardhiyasa masih bisa menangkap bola yang mengarah tepat ke sasaran.

Persija kesulitan untuk berkembang dan menciptakan peluang. Raphael Maitimo pun ditarik keluar untuk digantikan Dedi Hartono, tapi permainan tim Macan Kemayoran malah jadi kurang seimbang. Bahkan mereka harus dihukum penalti setelah Maman Abdurrahman melanggar Hendra Adi Bayauw yang melakukan penetrasi di menit 63′.

James Koko Lomell pun dipercaya menjadi algojo penalti, Andritany yang pernah melakukan penyelamatan saat Persija kontra Sriwijaya FC di fase grup tak bisa mengulanginya. Sebagaimana eksekusi James di menit 65′ bisa mengelabui Andritany. 1-0 untuk Semen Padang.

Jelang waterbreak, Persija coba menekan Semen Padang yang mulai menurunkan tensi serangan. Usaha Aldi Al Achya yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi Jandia Eka. Semen Padang pun mengganti pemain di sektor belakang, Saepulloh Maulana nampak keram dan digantikan Novrianto.

Terlalu fokus menyerang, Persija malah kembali tersengat oleh Semen Padang. Lagi dan lagi Semen Padang menciptakan gol lewat serangan balik – taktik yang kerap mereka andalkan selama turnamen. Hendra Bayauw mampu lolos dari jebakan offside, mengelabui Andritany yang coba menerjang dan Maman yang mengejar dari belakang. 2-0 untuk armada Nilmaizar menit 82′.

Laga sempat dihentikan karena ulah suporter yang menyalakan bom asap dan flare ketika laga sedang berjalan, Persija yang sedang membutuhkan gol pun kehilangan momentum mereka. Ketika laga dilanjutkan, Persija akhirnya bisa mencuri gol balasan di menit 89′. Pacho yang menguasai bola di kotak penalti tak mendapat adangan berarti, sehingga mudah saja mencetak gol.

Empat menit termasuk waktu tambahan coba dimaksmalkan Persija, namun tak mudah karena Semen Padang sudah menumpuk pemain di daerah pertahanan. Nur Iskandar bahkan masih bisa mengancam lewat tendangan keras dari sisi kiri yang melenting dari target.

Jelang laga berakhir, Pacho harus dilanggar di kotak penalti oleh Handi Ramdhan. Pacho yang jadi eksekutor pun mampu menyempurnakan tugasnya dengan gol sekaligus menyamakan kedudukan yang memaksa laga harus ditentukan dengan babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Hendra Bayauw jadi penendang pertama dan mampu memberikan angka untuk Semen Padang. Persija pun mampu mengamankan penalti pertama lewat eksekusi Emmanuel Kenmogne yang tak bisa diantisipasi Jandia Eka.

Andritany Ardhiyasa mampu menggagalkan penendang kedua dari Semen Padang, Satrio Syam. Tendangan Satrio lemah ke sisi kanan dan bisa dibaca Andritany. Maman Abdurrahman sebagai penendang kedua Persija mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang

Padang,- Pada saat ini masih ditemukan balita dengan kasus gizi kurang dan gizi buruk di kota Padang, karena penanganan masalah gizi kurang...

Diterjang Banjir, Satu Jembatan Putus Di Tapan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Satu unit jembatan permanen sepanjang 4 meter di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan putus diterjang banjir, Rabu (25/11)....

Bank Indonesia Buat MoU Dengan Tenun Balai Panjang

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi dan Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Yusnita menandatangani Nota Kesepahaman dan Komitmen Bersama Pencanangan Transformasi Tenun...

Audy Joinaldy Sanbangi Kantor DPN LPPKI

Padang,BeritaSumbar.com,-Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir.Audy Joinaldy mengunjungi kantor sekretariat Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN LPPKI) Jalan...

Bundo Kanduang Dan Puti Bungsu Unjuk Gigi, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura Apresiasi Panitia Pasar Ekraf 2020

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com, - Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura menilai dengan Pasar Ekraf 2020 yang memfasilitasi Bundo Kanduang dan Puti Bungsu...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pocket Book Panduan Penilaian Melalui E-Learning Platforms Bagi Guru IPA Tingkat SMP Di Kota Padang

Sejak wabah Covid-19 mulai muncul di Kota Padang, nasional hingga mancanegara, kegiatan pembelajaran di sekolah yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka terpaksa...

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa

Keberadaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswanya.

Temukan Pungli Di Padang Panjang, Segera Lapor Ke Rumah Aspirasi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang Panjang Dwi Indrayati, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Minang...

Dua Minggu Menghilang,Juragan Padi Di Temukan Meninggal Dunia, Diduga Gantung Diri.

Tanah Datar,beritasumbar.com - Dua minggu pergi dari rumah,juragan padi di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar di temukan tidak bernyawa dan sudah...

Bappeda Sumbar Gelar FGD di Payakumbuh Timur untuk Susun Profil Daerah Irigasi Batang Agam

Payakumbuh, BeritaSumbar - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat menggelar fokus grup diskusi (FGD) dalam rangka penyusunan profil sosial ekonomi teknik...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku...

Zusneli Zubir Saat Seminar BPNB Sumbar Angkat Keberadaan Kerajaan Jambu Lipo di Sijunjung

Berdasarkan memori kolektif dan tradisi yang masih lestari di tengah masyarakat Kanagarian Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, terungkap, bahwa pernah berdiri Kerajaan Jambu Lipo di daerah tersebut. Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Ketua Tim Peneliti bersama para anggotanya: Efrianto, SS., dan Rismadona, S.Sos. melaporkan hasil kajian mereka tentang keberadaan Kerajaan Jambu Lipo pada Seminar Hasil Kajian Nilai Budaya, digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) pada Senin 16 - 17 November 2020 di Kyriad Bumiminang Hotel, Jalan Bundo Kanduang No. 20 - 28, Padang.

Meski Defisit Anggaran, Payakumbuh Tetap Alokasikan Insentif Guru Mengaji-Tahfiz

Payakumbuh, beritasumbar.com- Meski mengalami defisit anggaran pada 2021 karena adanya pemotongan akibat Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh memastikan tetap menganggarkan intensif bagi...

Tingkat Pelayanan Kesehatan Di Payakumbuh Empat kali Jumlah Penduduk

Payakumbuh, beritasumbar.com -Tingkat pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh melebihi jumlah penduduk, bahkan angkanya mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk 138.000 jiwa,...

Ratna Dewi Pettalolo Resmikan Pusat Layanan Informasi Publik Bawaslu 50 Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo mengunjungi Luak Limopuluah dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meresmikan...
- Advertisement -