24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sebelum laksanakan BBKT, Seluru Pengurus Karang Taruna Di Sumbar Ikuti Bimbingan Peningkatan Kapasitas
S

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,-Merupakan tantangan bagi Generasi Muda Kita untuk menumbuhkembangkan Organisasi yang berwadahkan Nilai Nilai Sosial yang kerap dikenal dengan “Organisasi Karang Taruna”.
Karang Taruna yang merupakan organisasi Sosial dalam pengembangan generasi Muda yang tumbuh kembangnya atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, dari,oleh, untuk masyarakat terutama generasi diwilayah desa/nagari kelurahan terutama bergerak dibidang usaha sejahteraan social.
Karang taruna hadir sebagai organisasi yang diharapkan mampu merespon persoalan sosial yang ada di tengah masyarakat, disamping itu karang taruna juga siap mengantisipasi krisis pembangunan di bidang kesejahteraan sosial kaum muda.
Beberapa poin kegiatan dan program karang taruna yang meliputi : Pembinaan dan pengembangan Generasi Muda, Penguatan organisasi, Peningkatan usaha kesejahteraan sosial yang meliputi usaha ekonomi produktif, Rekreasi olah raga dan kesenian melalui kemitraan sesuai dengan nilai nilai kebutuhan.
Karang taruna akan Tumbuh, Maju, Berkembang, dan Percontohan, berdasar kerjasama, sebuah organisasi sosial kemasyarakatan ini akan berkembang dan terus tumbuh.
Karang taruna memiliki kesamaan hak dengan lembaga lain dinagari / desa seperti PKK, LPM, Posyandu, yang diperkuat dengan landasan hukum melalui Kemendagri dan Kemensos Republik Indonesia.
Maka dari itu Organisasi Karang taruna selalu dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat setiap tahun dalam pembahasan penggangaran. Untuk itu karang taruna sebagai pendampingan pemerintah dibawah naungan Dinas Sosial dan Kementerian Sosial pusat sebagai kemandirian tegaknya organisasi tersebut yang memiliki tanggungjawab dengan program kesejahteraan di tengah masyarakat
Menyikapi salah satu kegiatan karang taruna setiap tahun selalu mengadakan BBKT ( Bulan Bhakti Karang Taruna ) . Untuk Tahun sekarang BBKT Provinsi Sumatera Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung selama 3 hari dari Tanggal 10-13 November 2018 yang akan diikuti oleh deklarasi karang taruna se- Sumatera Barat.
Tertumpang harapan BBKT tahun ini berjalan dengan baik dan sukses tentunya perlu dukungan dan kerjasama semua pihak. Kegiatan ini juga dibahas dalam agenda “ Bimbingan Kapasitas Bagi Pengurus Karang Taruna Se-Sumatera Barat di Kawana Hotel selama dua hari Tanggal 5-6 November 2018 di Kota Padang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Abdul Gafar, Kabid Dinsosprov Esti Pratiwi, Mahdianur Musa sebagai tonggak Karang taruna Sumatera Barat yang pasti hadir selam kegiatan berlansung.(Syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img