26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sebanyak 31 Gala Sako Nagari Pasie Laweh di Lewakan, Bupati Eka Putra : Ini Bisa Jadi Contoh bagi Daerah Lain
S

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar ,Beritasumbar.com,- Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano dari Partai Demokrat menyerahkan bantuan pokir berupa benih ikan kepada 12 kelompok tani di Tanah Datar, Padang Panjang dan Dharmasraya sebanyak 111 ribu ekor, di antaranya benih ikan nila 60 ribu ekor ukuran 5-8 cm dan 21 ribu benih lele ukuran 5-8 cm. Di Tanah Datar diberikan kepada 8 kelompok tani, Padang Panjang 3 kelompok tani dan Dharmasraya 1 kompok tani.

“Saya menyampaikan selamat atas palewakan gala sako kepada 31 niniak mamak dari Suku Chaniago, Mandahiliang, Piliang dan Gugun, serta pelantikan manti, dubalang, malin dan khatib masing-masing suku,” kata Eka Putra.

Diungkapkan Bupati lagi, selama 2,5 tahun menjabat baru kali itu ia menghadiri kegiatan lewa gala yang begitu ramai, baik dari niniak mamak ataupun masyarakat yang hadir.

“Alhamdulillah, meski ada sedikit permasalahan namun sudah bisa terselesaikan dengan baik dan hari ini melaksanakan kegiatan palewakan gala dengan kompak dan semeriah ini. Tentu ini harus diapresiasi dan menjadi contoh bagi nagari dan daerah lainnya di Tanah Datar,” sampainya.

Bupati menambahkan, alek batagak gala pangulu ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kaum, terutama untuk mambangkik batang tarandam, menghidupkan kembali gala nan talipek, dan juga menjadi pengayom bagi anak kemenakan dan suku serta kaumnya.

“Terlepas dari itu, tentunya ke depan Saya berharap pangulu yang menyandang gala menjadi pengayom bagi anak kemenakannya serta juga mendukung Program kegiatan di nagari ataupun Pemerintah Tanah Datar, terutama dalam menghidupkan dan melestarikan kembali adat budaya salingka nagari,” ujarnya.

Terakhir, Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, baik di kampung halaman ataupun yang ada di rantau.

Ketua KAN Jhoni Azhar Dt. Tanaro menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak di Nagari Pasie Laweh sehingga kegiatan palewakan gala dapat terlaksana.

“Alhamdulillah, berkat dukungan masyarakat di kampung halaman dan perantau, kegiatan lewa gala atas 31 orang ninik mamak hari ini bisa dilaksanakan, terima kasih atas dukungannya,” katanya.

Jhoni juga menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati Tanah Datar bersama rombongan menghadiri pembukaan lewa gala di Nagari Pasie Laweh tersebut.

Turut hadir Wakil Bupati Richi Aprian, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, Kajari Otong Hendra Rahayu, Bupati Sisa jabatan 2021 Zuldafri Darma, OPD di Lingkup Pemkab Tanah Datar, Camat Sungai Tarab bersama Forkopimca, LKAAM Kecamatan, Wali Nagari dan undangan lainnya. (prok/N).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img