Agam, BeritaSumbar.com,- Jumlah sapi qurban di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, pada Idul Adha 1439 hijriyah, naik jadi 383 ekor sapi dari data sebelumnya.

Di mana, data sebelumnya sapi qurban di Kecamatan Tanjung Raya hanya 369 ekor, sedangkan untuk kambing qurban tetap 22 ekor.

Seperti dijelaskan Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Selasa (21/8) menyebutkan, penambahan kuota hewan qurban ini terjadi di Nagari Maninjau, data sebelumnya sapi qurban 45 ekor, naik menjadi 59 ekor.

Sedangkan Nagari lain masih bertahan dengan data sebelumnya, masing-masing Nagari Tanjuang Sani sebanyak 70 ekor sapi, Nagari Duo Koto 36 ekor sapi, Nagari Sungai Batang 51 ekor sapi, Nagari Bayua sebanyak 41 ekor sapi, Nagari Koto Gadang 21 ekor sapi, Nagari Koto Kaciak 39 ekor sapi, Nagari Koto Malintang 29 ekor sapi dan Nagari Paninjauan 37 ekor sapi, sementara untuk kambing tersebar di seluruh nagari.

“Penyembelihan hewan qurban dijadualkan serentak diseluruh nagari, besok Rabu (22/8) usai shalat Idul Adha,” ujar camat.

“setelah perubahan kuota, jumlah hewan qurban di Kecamatan Tanjung Raya tahun ini menjadi 383 ekor sapi dan 22 ekor kambing, yang diikuti perantau dan masyarakat di kampung,” ujarnya.

Camat memprediksi perputaran dana di Kecamatan Tanjung Raya pada moment hari raya Idul Adha 1439 hijriah mencapai Rp.6,7 miliyar lebih, dari estimasi harga sapi qurban Rp.17,5 juta per ekor dan harga kambing Rp2,5 juta per ekor.

Disebutkan, daging qurban akan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di Kecamatan Tanjung Raya, dan termasuk warga binaan lapas Maninjau. (fadil)

loading...