31 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Saatnya, partai NON Parlemen, Menyatakan Sikap
S

Kategori -

Agregasi kepentingan kekuasaan telah mencapai titik akumulasi tertingginya, dalam kekuatan politik lokal, khususnya untuk meneruskan agenda musiman (pilkadal) per 5 (lima) tahun nya.
Itu telah dapat kita simak, dari setiap kabar berita politik di seantero negeri ini.

Dimana, para praktisi politik sudah menunjukkan hasil kerja nya, satu persatu. Apakah itu dengan mengusungkan sendiri pasangan kandidat maupun berkoalisi dengan partai lainnya, dalam rangka mewujudkan cita-cita politik (dibaca; kekuasaan) di tingkat daerah (bupati-walikota-gubernur) pada periode ini.

Di sisi lain, dari sejumlah partai politik yang ada, terdapat perbedaan yang saling menguatkan, tidak saja partai yang berkursi di dewan perwakilan rakyat, namun juga terdapat partai non parlemen, sebutannya. Itu, berbeda-beda perolehannya dari satu daerah dan daerah lainnya. Dengan kondisional yang sedemikian, diharapkan partisipasi (politik) publik pun tetap saja musti dapat diterjemahkan secara jelas oleh pemangku kepentingan partai politik pada setiap daerah itu dan juga pada tingkatan tertingginya sekalipun, pada posisi di wilayah propinsi untuk pemilihan Gubernur, misalnya.

Penterjemahan kepentingan kekuasaan oleh partai politik ini, harus diiniasi secara jelas dan terukur oleh setiap elit partai lokal yang ada, bahkan musti didorong sekuatnya oleh pimpinan pusat partai itu sendiri.

Maka, bagi kami, yang adalah juga sebagai Pengurus Inti di rumah ummat bernama partai Bulan Bintang di Sumatera Barat, pada GAGASAN ini, menghimbau partai-partai lain, non parlemen, khususnya untuk sesegeranya pun dapat menetapkan arah dukungannya kepada pasangan kandidat yang sudah didukung (ditetapkan) oleh partai parlemen tadinya.

Saya menyadari, hal pendukungan ini, tentu musti memenuhi kaidah partisipasi politik itu juga dengan sepenuhnya. Dimana Komunikasi politik lintas partai, akan menjadi salah satu hal yang menentukan, bagi pihak yang akan menemukan kesepahaman dukungan nya. Lalu, yang juga akan menjadi pertimbangan utama untuk mewujudkan koalisi dukungan ini, adalah suara rakyat yang berafiliasi pada setiap partai itu sendiri. Disadari atau tidak, ada sejumlah besar suara pemilih telah terinternalisasi pada setiap partai peserta pemilu, sebelumnya. Dimana akumulasi dari suara itulah yang menjadi satu-satunya ukuran untuk didapatinya kursi parlemen itu oleh partai.

Maka, sekaitan dengan peristiwa yang akan terjadi pada waktu dekat ini, mendukung para pengusung kandidat, adalah sebuah keharusan politik, bagi partai non parlemen. Ini, tidak hanya tentang ikut-tak-ikutnya partai dalam agenda pilkadal itu, tapi hal ini, lebih pada meneruskan harapan juga cita-cita politik pemilih partai itu sendiri.

Dengan demikian, stigma bahwa dinamika partai non parlemen tak jadi perhatian, akan beralih menjadi partai yang sangat diharapkan. Ingat, dengan proses man man-one vote hari ini, maka nilai satu tusukan pemilih, tentunya amat menentukan capaian akhir dari setiap pasangan kandidat dari partai pengusung itu sendiri.

Disini juga, saya ingin katakan, marilah baiyo dalam satido, dan bersinergi untuk memenuhi harapan pemilih. Tak jumpa, rasa tiada, bertemulah jua maka akan saling merindu. Itulah politik sebagai sebuah kesejatian pilihan dalam menentukan arah dan gagasan masa depan, pada setiap tingkatan pemerintahan daerah ini.

Semoga…

Oleh; RAMDALEL
(Praktisi Lokal)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...

Budidaya Sri Rejeki, Pilihan Bisnis Santai Namun Menjanjikan Saat Pandemi

Oleh: Iga Permata Hany & Jelita Putri Adisti Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan ibu-ibu saat ini, siapa lagi kalau...

Indikasi Bunuh Diri Relawan Covid-19 China di Brasil, Ada apa dengan Pengujian Klinis Vaksin Covid-19?

Oleh : Ramadhila Sari - Penulis adalah Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Kasus infeksi Covid-19 meningkat di 80 negara sebagian orang di belahan bumi utara menghabiskan...

Pandemi Covid-19 Dapat Mengancam Penurunan Populasi Hiu?

Oleh: Nada Julista. S - Mahasiswa Biologi FMIPA Unand Selama pandemi Covid-19 ini, tentunya kita dihadapkan dengan pencarian solusi terkait masalah ini dengan berbagai upaya...

Urgensi Vaksin Covid-19

Oleh: Ayu Resti Andrea Suri - Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Baru-baru ini masyarakat telah digencarkan oleh banyaknya vaksin yang beredar untuk mengatasi Covid-19, akan tetapi...
- Advertisement -