25.9 C
Padang
Kamis, Januari 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Rp.330 Juta Akan Diberikan Pemkab Pasaman Barat ke 44 Masjid
R

Kategori -
- Advertisement -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan bantuan sebesar Rp330 juta kepada 44 masjid selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah tahun 2015.

” Masing-masing masjid akan memperoleh bantuan Rp7,5 juta. Jumlah masjid penerima meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 41 masjid,”kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Getri Ardenis di Simpang Ampek, Jumat.

Ia mengatakan selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan sebanyak 220 Alquran, tafsir sebanyak 220 buah, buku khutbah jumat sebanyak 220 buah dan buku penyelenggara jenazah sebanyak 220 buah.

“Masing-masing masjid akan memperoleh lima buah masing-masing dari Alquran, tafsir, buku khutbah jumat dan buku penyelenggara jenazah tersebut,”jelasnya.

Ia menyebutkan bantuan untuk masing- masing masjid akan langsung diberikan melalui tim ramadhan melalui kunjungan tim safari yang telah dibentuk mulai dari Senin (22/6) sampai Senin (6/7).

Menurutnya, jumlah masjid yang akan memperoleh bantuan itu telah melalui survei dan merupakan masjid yang kurang layak serta membutuhkan bantuan.

Kriteria masjid yang dibantu adalah dari segi fisik masih belum mamadai untuk menampung jemaah, masjid yang belum pernah memperolah bantuan tahun sebelumnya dan merupakan usulan dari tingkat jorong, nagari dan kecamatan.

“Mudah-mudahan bantuan itu akan memberi manfaat bagi masjid dalam upaya pembinaan umat Islam,” katanya.
Ia mengharapkan melalui masjid itu hendaknya bisa menjadi penarik umat Islam untuk kembali belajar dan mengaji. Selama ini masjid kurang terperhatikan dan cendrung dilupakan.

Pihaknya juga akan membantu kaum fakir miskin selama ramadhan menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah. Bantuan tersebut nantinya melalui anggaran Badan Amil Zakat (BAZ).

“Berapa jumlah penerimanya kita saat ini masih mendata dan dalam waktu dekat akan kita umumkan. Biasanya tahun lalu masing-masing memperoleh bantuan konsumtif sebesar Rp500 ribu,” ujarnya.

“Kami mengharapkan dana BAZ itu diterima oleh masyarakat yang berhak menerimanya sehingga tepat sasaran. Mudah-mudahan bantuan ini akan sedikit membantu beban warga miskin yang ada nantinya,”katanya.

(Antara/Oleh Altas Maulana)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img