30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Riza Ingatkan, Pimpinan SKPD Jeli dan Teliti Dengan Administrasi

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, minta seluruh pimpinan SKPD lebih jeli dan teliti dalam menangani sistem administrasi keuangan. Kerapian administrasi dengan mematuhi segala peraturan keuangan yang ada, bakal memelihara atau menjamin pejabat bersangkutan terbebas dari persoalan hukum. Walikota tak ingin, ada di antara pimpinan SKPD atau pejabat keuangan lainnya, tersangkut kasus keuangan dan berurusan dengan aparat penegak hukum.

“Saya akan tetap nyinyir menyampaikan persoalan ini kepada seluruh pimpinan SKPD atau pejabat pengelola keuangan di jajaran pemko, agar terbebas dari persoalan hukum. Saya ingin, setiap rupiah yang dikeluarkan benar-benar akuntabel dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Walikota Riza Felpi saat dihubungi, Rabu (14/5).

Menurut Walikota Riza Falepi, Pemko Payakumbuh punya komitmen tinggi dalam pemberantasan korupsi. Seluruh pimpinan SKPD membuat kesepakatan dalam bentuk perjanjian dengan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, untuk menyanggupi pencapaian kinerja yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan, sebagai bentuk aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi di jajaran pemko.

Untuk itu, seluruh pimpinan SKPD diminta walikota, agar melakukan pengawasan ketat terhadap administrasi keuangan yang dibuat staf pengelola keuangan. “Setiap surat pertanggungjawaban keuangan yang diberikan bawahan, jangan asal teken saja. Seyogianya, dibaca dengan teliti. Jika ragu, jangan segan bertanya kepada staf dimaksud,” tegasnya.

Dikatakan, pengalaman membuktikan, di antara pejabat yang tersangkut korupsi, juga banyak akibat kelemahan administrasi keuangan. Dampaknya, meski secara fisik pejabat bersangkutan tak ikut menikmati, tapi akibat kelalaian adminstrasi, juga harus dimintai pertanggungjawabannya. “Kasihan, pejabat dimaksud harus pindah tempat tidur ke hotel prodeo. Karena itu, saatnya para pejabat Payakumbuh hati-hati dengan administrasi keuangan ini,” ingatnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

Delmansyah Siap Memenagkan Darma Tani Di Tanjung Emas

Tanah Datar, - Struktur tim pemenangan darma tani kecamatan Tanjung emas Tanah Datar Resmi dibentuk pada minggu ( 18/10/20) malam.

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -