25 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

2 Kali Dilewati Pembalap TDS, Payakumbuh Tuan Rumah Stage V
2

Kategori -
- Advertisement -

Warga kota Payakumbuh akan dimanjakan peserta Tour de Singkarak (TDS) VI/2014. Para pembalap akan melewati Payakumbuh sebanyak dua kali, dengan hari dan tanggal berbeda. Sekitar 200 pembalap luar negeri dan nasional itu, akan mengitari jalur jalan dalam kota, sepanjang lebih kurang 20 Km, masing-masing 9 dan 11 Juni 2014.  Tahun-tahun sebelumnya, rombongan pembalap TDS hanya mengitari 10 Km jalan dalam kota Payakumbuh.

Pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, ajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif menyukseskan iven internasional ini. “Partisipasi seluruh elemen masyarakat sangat menentukan suksesnya kegiatan TDS 2014 ini,” ajak Wakil Walikota Suwandel Muchtar, ketika memberi arahan dalam rapat persiapan penyelenggaraan TDS 2014, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Rabu (14/5).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, melaporkan, tahun ini Payakumbuh dipercaya sebagai tuan rumah pada stage atau etape V   dari total IX etape. Ketika berlangsung etape III, Harau – Istana Pagaruyuang, pada 9 Juni,  pebalap juga akan lewat di Payakumbuh.

Etape III, setelah star dari gerbang kantor bupati di Sarilamak,  pebalap menuju destinasi Lembah Harau dan Kelok Sembilan, untuk selanjutnya menuju Istana Pagaruyuang, lewat  Jalan Sudirman Payakumbuh dari perbatasan dengan Limapuluh Kota sampai Simpang Kaniang Bukik. Dari Simpang Kaniang Bukik menuju Simpang Napar, belok kiri menuju Simpang Bunian, Simpang Masjid Ansharullah Muhammadyah, belok kanan menuju Bundaran Adipura, belok kiri menuju Simpang Labuh Basilang hingga Lintau.

Sementara, ketika Payakumbuh menjadi tuan rumah etape V, Payakumbuh – Singkarak, Rabu 11 Juni, seluruh peserta akan dilepas Walikota Payakumbuh, dari garis star  di Jalan Sukarno-Hatta, tepatnya di depan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah.

Dari garis star, pebalap akan mengitari jalur jalan dalam kota, yaitu jalan-jalan lingkar luar utara menuju Simpang Tanjung Anau, belok kanan Jalan Sudirman hingga Simpang Kaniang Bukik, Simpang Napar, dan belok kiri menuju Simpang Bunian, belok kiri menuju Simpang Masjid Ansarullah Muhammadyah, belok kanan menuju Bundaran Adipura dan terus menuju batas kota di gerbang timur Payakumbuh, untuk selanjutnya berpacu ke Danau Singkarak lewat Batusangkar.

Kepala Dinas PU Payakumbuh Muswendri Evites, melalui Kabid Bina Marga H. Zul Arman, ST, menjamin seluruh jalan yang dilewati TDS akan mulus, bebas dari lobang besar dan kecil. Saat ini, katanya, rekanan pelaksana tengah memperbaiki jalan-jalan  yang akan dilewati rombongan TDS tersebut.

Menurut Kadisparpora Syahnadel, TDS etape V di Payakumbuh, akan dimeriahkan dengan Pacu Terbang Itik dan Lomba Sepeda Sehat. Ratusan itik terlatih akan terlibat dalam pacu terbang itik, di kawasan garis star di Pakan Sinayan. Sedangkan, ribuan anggota komunitas sepeda sehat akan dilibatkan, melakukan olahraga bersepeda mengelilingi kota ini. Kegiatan tersebut, memperebutkan ratusan hadiah dan bingkisan, dan diharapkan sebelum star, tepat pukul 11.00 WIB, sudah berakhir.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img