25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Komisi A Ajak Sekretariat Pemko Lebih Agresif
K

Kategori -

Rapat kerja Komisi A DPRD Payakumbuh dengan Sekretariat Pemko, di gedung dewan setempat, berlangsung cukup komunikatif, Selasa (13/5). Rapat kerja dipimpin Ketua Komisi A, H. Maharnis Zul, S.Pd, membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Payakumbuh 2013. Rombongan sekretariat pemko dipimpin langsung Asisten II Setdako H. Amriul Dt. Karayiang.

Secara keseluruhan, empat anggota Komisi A DPRD, masing-masing Nasrul (PKS), Isa Aidil (PBB), Alhadi Hamid (PPP) dan Maharnis Zul (Golkar), memberikan apresiasi terhadap kinerja Sekretariat Pemko Payakumbuh. Target keuangan cukup efisiensi, mencapai 77,59%, atau Rp13.400.576.732 dari pagu dana Rp17.270.047.010, dengan capaian kinerja lumayan baik, rata-rata 90,22%.

Dilaporkan Asisten II Amriul, minimnya anggaran yang diaplikasikan, bukan karena kegiatan kurang berjalan maksimal. Hanya saja, disebabkan, akibat sejumlah kegiatan yang tak bisa dibelanjakan, karena terbentur regulasi. Asisten II Amriul, mencontohkan, pemberian honor atau intensif terhadap garin masjid, guru TPA/penyuluh agama, pada semester II. Selain itu, disebabkan berlebihnya sisa perjalanan dinas pada masing-masing bagian.

Menyikapi jawaban Asisten II itu, semua anggota Komisi A, berharap, agar seluruh bagian di sekretariat pemko, lebih agresif menjalankan program dan kegiatan yang telah dirancang. Misalnya, untuk Bagian Kesra, diminta, meningkatkan pelatihan adat istiadat, meningkatkan kemampuan guru TPA/MDA, serta mencarikan regulasi yang tepat terhadap peningkatan kesejahteraan garin masjid, guru TPA/MDA bersangkutan.

Begitu juga, terhadap Bagian Tapem, agar lebih intensif dalam mensosialisasikan Perda terhadap penggabungan dan penghapusan kelurahan. Selain berupaya meningkatkan kapasitas staf diseluruh kelurahan.

Terhadap Bagian Organisasi dan Bagian Hukum, diminta untuk mengaplikasikan analisa jabatan di jajaran pemko. Analisa jabatan, sebut anggota Komisi A, akan membantu kepala daerah untuk menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensi pejabat atau staf bersangkutan. Sedangkan, Bagian Hukum diminta melakukan iventarisasi perda, mana yang sudah jalan atau yang mandul. Sosialisasi perda, agar lebih dipergencar, sebut maharnis Zul.

Bagian Humas juga diminta untuk lebih tancap gas dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan pemko. Kerjasama dengan media dan insan pers terpelihara kondusif, tapi harus lebih ditingkatkan lagi. Terhadap Bagian Perekonomian, agar meningkatkan koordinasi dengan SKPD terkait, dalam memacu ekonomi kota ini. Karena, masih ada SKPD yang belum komit dengan kinerjanya sebagai instansi teknis dalam bidang perkoperasian.

Sedangkan, buat Bagian Dalminbang dan Bagian Administrasi Umum, untuk terus mengawal kegiatan-kegiatan pengadaan barang dan jasa di kota ini. Agar seluruh belanja modal yang dilakukan pemko, benar-benar bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -