25.7 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Rezka Oktoberia Dilantik Sebagai Anggota MPR RI Saat Kota Payakumbuh Merayakan Hari Jadi Ke 50
R

Kategori -

Jakarta,BeritaSumbar.Com, – Rezka Oktoberia, Srikandi Luak Limopuluah dilantik menjadi anggota MPR RI di saat kota Payakumbuh memasuki usia emas. Pelantikannya pun bertepatan dengan Hari lahir Kotamadya Payakumbuh yaitu 17 Desember. Yang mana tahun ini sudah 50 Tahun usia Kota yang awalnya berjulukan kota Galamai ini berusia.

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik enam anggota MPR pergantian antar waktu (PAW) periode 2019-2024. Pelantikan itu digelar dengan menggunakan protokol Covid-19.

Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke 50 Kota Payakumbuh, 17 Desember 2020, Rezka Oktoberia diambil sumpah jabatannya sebagai anggota MPR RI di Gedung Nusantara 5.

Perempuan berdarah minang itu memakai baju khas Minangkabau saat dilantik langsung oleh Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam acara yang digelar dengan protokol Covid-19 ketat itu.

Para anggota MPR RI yang baru dilantik yakni, Muhammad Hasanuddin Wahid (Fraksi PKB) dari daerah pemilihan Jawa Timur V, Bambang Hermanto (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII, Rezka Oktoberia (Fraksi Partai Demokrat) dari daerah pemilihan Sumatera Barat II, Heru Widodo (Fraksi PKB) daerah pemilihan Kalimantan Selatan II, Y Jacki Uly (Fraksi Partai NasDem) daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II, dan Cen Sui Lan (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Kepri.

“Pelantikan kali ini digelar di tengah keprihatinan wabah Covid-19. Sehingga tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujar Bamsoet saat melantik PAW anggota MPR RI, di komplek MPR RI, Jakarta, Kamis (17/12/20).

Selain itu, Bamsoet juga menyampaikan selamat kepada para anggota MPR RI yang baru dilantik dan berpesan kepada semuanya untuk ikut mensosialisasikan program vaksin covid-19 gratis yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia. “Sebagai tokoh yang berpengaruh di masyarakat, harus turut mengedukasi masyarakat, khususnya konstituen di masing-masing dapil agar mau ikut program vaksinasi,” kata Bamsoet saat memberikan sambutan.

Pelantikan Rezka sebagai anggota MPR-RI mencatatkan sejarah baru bagi Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh). Uni Rezka, begitu sapaan akrabnya, menjadi perempuan pertama yang mewakili daerah pemilihan Sumbar II meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat. Pasalnya, sejak Luak Limopuluah berdiri belum ada satupun wakil yang berhasil duduk di Senayan dari dapil tersebut.

“Amanah ini pasti sekuat tenaga akan saya tunaikan dengan mengusung semangat baru dan menyuarakan setiap aspirasi masyarakat Sumbar, Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar dan langsung dipimpin oleh Ketua MPR, Bapak Bambang Soesatyo,” kata Rezka usai pelantikan.

Rezka menyinggung, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 baru usai terselenggara pada 9 Desember 2020 lalu. Baik wajah baru maupun lama, Rezka berharap, semuanya dapat saling berkontribusi bagi masyarakat Sumbar. Pilkada telah usai, perbedaan pilihan sudah tidak ada lagi, mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah.

Untuk diketahui, pada Pilkada 2020, Sumatera Barat melangsungkan 14 pemilihan serentak. Jumlah itu, terdiri dari pemilihan gubernur dan pemilihan di tingkat 13 kota/kabupaten di Sumatera Barat.

Rezka juga mengatakan bahwa akan ikut andil dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat soal program vaksinasi yang akan segera dilakukan di Indonesia. “Sesuai pesan Pak Bamsoet, kami semua diminta untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program vaksinasi yang akan segera diberikan kepada masyarakat,” ujar Rezka.

Selanjutnya, Rezka juga menyampaikan, akan terus berupaya untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan Pemeritah Kota/Kabupaten di dapil Sumbar II maupun Pemprov Sumbar. Demi kemajuan Sumbar, Ia berharap, semua masyarakat bersatu, bersama sama serta memberikan dukungan untuk pemerintah kab/kota/provinsi.

Disisi lain, Uni Rezka mendapatkan pesan yang sangat luar biasa dari Mantan Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu, Bapak Fahmi Idris, juga banyak lagi tokoh dan masyarakat dari luak 50.

Fahmi Idris yang merupakan tokoh minang, menitipkan pesan, supaya Rezka mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, adat budaya penting sekali dipegang oleh Rezka sebagai perempuan minangkabau.

Tokoh Minang Fahmi Idris menyampaikan pesan kepadanya untuk senantiasa menunjukkan adat, budaya dan keragaman yang ada di Sumatera Barat. “Sebagai salah satu bundo kanduang yang duduk di DPR/MPR, saya berharap saudari Rezka bisa menampilkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang ada di Sumatera Barat”, ujar Fahmi Idris.

“Orang minang dikenal memiliki adat budaya yang cukup tinggi, elok dilihat, dan elok dirasakan masyarakat. Sebagai senior, harapan kami kepada Rezka agar tampil dengan baik mewakili masyarakat dan wanita Sumatera Barat. Selamat kepada Rezka, kita bersyukur Sumbar II memiliki perwakilan anggota DPR-RI perempuan, kebanggaan ini tentu juga dirasakan masyarakat Luak Limopuluah,” kata Fahmi.

Dipenutup pembicaraan Uni Rezka mengharapkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, Provinsi Sumatera Barat,”ucap srikandi Luak 50 itu.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -