31 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Rezka Oktoberia Dilantik Sebagai Anggota MPR RI Saat Kota Payakumbuh Merayakan Hari Jadi Ke 50
R

Kategori -

Jakarta,BeritaSumbar.Com, – Rezka Oktoberia, Srikandi Luak Limopuluah dilantik menjadi anggota MPR RI di saat kota Payakumbuh memasuki usia emas. Pelantikannya pun bertepatan dengan Hari lahir Kotamadya Payakumbuh yaitu 17 Desember. Yang mana tahun ini sudah 50 Tahun usia Kota yang awalnya berjulukan kota Galamai ini berusia.

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik enam anggota MPR pergantian antar waktu (PAW) periode 2019-2024. Pelantikan itu digelar dengan menggunakan protokol Covid-19.

Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke 50 Kota Payakumbuh, 17 Desember 2020, Rezka Oktoberia diambil sumpah jabatannya sebagai anggota MPR RI di Gedung Nusantara 5.

Perempuan berdarah minang itu memakai baju khas Minangkabau saat dilantik langsung oleh Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam acara yang digelar dengan protokol Covid-19 ketat itu.

Para anggota MPR RI yang baru dilantik yakni, Muhammad Hasanuddin Wahid (Fraksi PKB) dari daerah pemilihan Jawa Timur V, Bambang Hermanto (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII, Rezka Oktoberia (Fraksi Partai Demokrat) dari daerah pemilihan Sumatera Barat II, Heru Widodo (Fraksi PKB) daerah pemilihan Kalimantan Selatan II, Y Jacki Uly (Fraksi Partai NasDem) daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II, dan Cen Sui Lan (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Kepri.

“Pelantikan kali ini digelar di tengah keprihatinan wabah Covid-19. Sehingga tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujar Bamsoet saat melantik PAW anggota MPR RI, di komplek MPR RI, Jakarta, Kamis (17/12/20).

Selain itu, Bamsoet juga menyampaikan selamat kepada para anggota MPR RI yang baru dilantik dan berpesan kepada semuanya untuk ikut mensosialisasikan program vaksin covid-19 gratis yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia. “Sebagai tokoh yang berpengaruh di masyarakat, harus turut mengedukasi masyarakat, khususnya konstituen di masing-masing dapil agar mau ikut program vaksinasi,” kata Bamsoet saat memberikan sambutan.

Pelantikan Rezka sebagai anggota MPR-RI mencatatkan sejarah baru bagi Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh). Uni Rezka, begitu sapaan akrabnya, menjadi perempuan pertama yang mewakili daerah pemilihan Sumbar II meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat. Pasalnya, sejak Luak Limopuluah berdiri belum ada satupun wakil yang berhasil duduk di Senayan dari dapil tersebut.

“Amanah ini pasti sekuat tenaga akan saya tunaikan dengan mengusung semangat baru dan menyuarakan setiap aspirasi masyarakat Sumbar, Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar dan langsung dipimpin oleh Ketua MPR, Bapak Bambang Soesatyo,” kata Rezka usai pelantikan.

Rezka menyinggung, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 baru usai terselenggara pada 9 Desember 2020 lalu. Baik wajah baru maupun lama, Rezka berharap, semuanya dapat saling berkontribusi bagi masyarakat Sumbar. Pilkada telah usai, perbedaan pilihan sudah tidak ada lagi, mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah.

Untuk diketahui, pada Pilkada 2020, Sumatera Barat melangsungkan 14 pemilihan serentak. Jumlah itu, terdiri dari pemilihan gubernur dan pemilihan di tingkat 13 kota/kabupaten di Sumatera Barat.

Rezka juga mengatakan bahwa akan ikut andil dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat soal program vaksinasi yang akan segera dilakukan di Indonesia. “Sesuai pesan Pak Bamsoet, kami semua diminta untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program vaksinasi yang akan segera diberikan kepada masyarakat,” ujar Rezka.

Selanjutnya, Rezka juga menyampaikan, akan terus berupaya untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan Pemeritah Kota/Kabupaten di dapil Sumbar II maupun Pemprov Sumbar. Demi kemajuan Sumbar, Ia berharap, semua masyarakat bersatu, bersama sama serta memberikan dukungan untuk pemerintah kab/kota/provinsi.

Disisi lain, Uni Rezka mendapatkan pesan yang sangat luar biasa dari Mantan Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu, Bapak Fahmi Idris, juga banyak lagi tokoh dan masyarakat dari luak 50.

Fahmi Idris yang merupakan tokoh minang, menitipkan pesan, supaya Rezka mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, adat budaya penting sekali dipegang oleh Rezka sebagai perempuan minangkabau.

Tokoh Minang Fahmi Idris menyampaikan pesan kepadanya untuk senantiasa menunjukkan adat, budaya dan keragaman yang ada di Sumatera Barat. “Sebagai salah satu bundo kanduang yang duduk di DPR/MPR, saya berharap saudari Rezka bisa menampilkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang ada di Sumatera Barat”, ujar Fahmi Idris.

“Orang minang dikenal memiliki adat budaya yang cukup tinggi, elok dilihat, dan elok dirasakan masyarakat. Sebagai senior, harapan kami kepada Rezka agar tampil dengan baik mewakili masyarakat dan wanita Sumatera Barat. Selamat kepada Rezka, kita bersyukur Sumbar II memiliki perwakilan anggota DPR-RI perempuan, kebanggaan ini tentu juga dirasakan masyarakat Luak Limopuluah,” kata Fahmi.

Dipenutup pembicaraan Uni Rezka mengharapkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, Provinsi Sumatera Barat,”ucap srikandi Luak 50 itu.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -