Walikota Mahyeldi menyerahkan hadiah kepada pemenang.

Lomba penulisan berita bertema “Padang Bersih, Pers Bersih” yang digelar di Ruang Sidang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Senin (2/2) diikuti ratusan peserta dari unsur wartawan dan kategori pelajar. Lomba ini diinisiasi sejumlah wartawan dan difasilitasi Bagian Humas Kota Padang, dimaksudkan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional 2015.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi kegiatan itu, terlebih dikaitkan dengan tema Padang Bersih yang menjadi fokus kerja Pemerintah Kota Padang saat ini. “Lomba penulisan berita ini kita sambut positif, karena kita yakin hasilnya akan memberikan pencerahan masyarakat dan sekaligus kontrol bagi pemerintah,” ujar Walikota saat membuka lomba.

Mahyeldi menambahkan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan indikasi dukungan dari insan pers terhadap program Pemerintah Kota Padang. Dukungan itu, menurutnya, tidak saja yang berhubungan dengan kebersihan yang tengah dicanangkan akan tetapi juga terhadap pembangunan yang sedang dilaksanakan dan yang dalam perencanaan.

Ia juga tidak menafikan, pemberitaan wartawan melalui media masing – masing terkadang cukup tajam ‘menohok’, tetapi itu merupakan lecutan bagi pemerintah untuk bekerja lebih optimal sehingga memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kita berharap, tema yang diusung ini akan menjadi sebuah kenyataan dimana Padang Bersih terwujud, bukan saja bersih lingkungan, bersih dari maksiat namun juga pemerintahannya juga bersih. “Begitu juga dengan Pers Bersih, semoga tema ini teraplikasi sehingga kita memiliki pers yang profesional dan memiliki integritas yang tinggi,” ujar Wako.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar dalam sambutannya menyampaikan, pers sebagai berfungsi sebagai kontrol sosial disisi lain juga merupakan lembaga ekonomi yang mencari keuntungan untuk menghidupi dirinya. “Meskipun terkadang terjadi dilema dan tarik menarik, tetapi pers tidak boleh kehilangan kontrol sosialnya,” ujarnya.

Terkait lomba penulisan berita kerjasama media dengan Bagian Humas ini, Basril Basyar menyambut baik, dan diharapkan berkelanjutan. “Dengan kegiatan seperti ini, akan memberikan pengalaman kepada pelajar terkait dunia pers,” ujarnya.

Sementara itu, Tafrizal selaku panitia mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seratusan lebih pelajar SLTA, SMP bahkan dari SD. “Sedangkan untuk kategori wartawan, diikuti oleh seluruh wartawan dari media cetak harian dan mingguan di Kota Padang, media elektronik diikuti oleh wartawan radio dan TV, serta wartawan media online,” kata Kasubag Pemberitaan Humas dan Protokol Kota Padang ini.

Adapun untuk hadiah, Tafrizal menyebutkan, juara pertama mendapatkan tropi bergilir dan sejumlah, juara dua dan tiga mendapatkan piala tetap serta sejumlah uang.

 

Humas Padang
Pewarta: DU
loading...