30 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya
P

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,– Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Sosialisasi tersebut, dibuka oleh Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin. Terlihat hadir, Kepala Puskesmas Ulakan Drg. Wiwiek Else Loraina, Kapolsek Nan Sabaris diwakili Kanit Binmas Ipda. Afrizal, Danramil 07 Pauah Kamba diwakili Serda Ricky Efendi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Kasi Kesra Kecamatan Asni Gusti.

Adapun peserta yang mengikuti Sosialisasi terdiri dari Wali Nagari dan Ketua Bamus, Kepala Sekolah kepala UPT se Kecamatan Ulakan Tapakih. Sebagai narasumber pada Sosialisasi ini, Drg. Wiwiek Else Loraina dan dr. Risya Diana Dewi dari Puskesmas Ulakan Kabupaten Padang Pariaman.

Plt. Camat Ulakan Tapakih, Syafruddin mengucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Ulakan yang telah menggelar sosialisasi ini. Karena, vaksinasi covid-19 merupakan program Nasional dan Instruksi Presiden untuk pelaksanaannya. Namun, diketahui bahwa pemahaman tentang vaksinasi oleh petugas pelayanan maupun informasi yang berkembang di tengah masyarakat masih bervariasi.

“Sangat tepat sekali dilaksanakan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 ini, sebelum dilakukan penyuntikan kepada tenaga pendidik dan petugas pelayanan publik serta masyarakat. Untuk itu, diharapkan kepada semua peserta dapat menyampaikan kepada teman-teman se profesi dan lingkungan kerja, tentang manfaat dari vaksinasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ulakan, Drg. Wiwiek Else Loraina menjelaskan tentang tahapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Katanya, ada empat pos yang harus dilalui dalam tahapan ini. Pos pertama, orang yang akan disuntik vaksin lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi SDK online. Kemudian ke pos dua untuk skrining dan anamnase. Di pos ini, calon penerima vaksin akan diperiksa dan ditanya secara detail. Termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

“Pos dua ini akan diberikan beberapa pertanyaan, termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin,” ungkap Kapus yang akrab disapa Cece itu.

Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga. Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini, untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

“Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dimasukkan ke kamar KIPI,” sambungnya.

Kapus Ulakan ini menegaskan, efek samping yang muncul atau KIPI tidaklah membahayakan. Biasanya gejala yang muncul adalah alergi, mengantuk dan pegal-pegal seperti yang terjadi pada vaksin-vaksin lain.

Materi selanjutnya, disampaikan oleh dr. Risya Diana Dewi terkait pengaruh cairan vaksin dalam tubuh penerima, apa dan bagaimana vaksin Sinovac serta resiko yang mungkin ditimbulkannya apabila tidak divaksin. Kemudian, manfaat vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) dan melindungi sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Sosialisasi ini, diakhiri dengan sesi tanya-jawab terkait permasalahan vaksinasi covid-19.

Sebelum dilaksanakan sosialisasi, tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Ulakan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para peserta. Diawali dengan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), screening TBC, penimbangan berat dan tinggi badan serta pengukuran tekanan darah dan jantung para peserta. Apabila terdapat hasil pemeriksaan yang diluar batas normal, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -