31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Program Rutin Jumat Berkah Bersama Koperasi Mandiri Dan Merdeka Melalui Unit PRT
P

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) melalui unit usaha Pasar Rabu Tani (PRT) secara rutin menyelenggarakan Program Jum’at Berkah dengan menghimpun donasi berupa dana segar dari para donatur baik dari internal atau Anggota KMDM dan eksternal atau Non-Anggota KMDM yang tersebar bukan hanya di Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), namun di daerah-daerah lainnya di Indonesia bahkan di luar negeri. Kemudian Tim Manajemen Program Jum’at Berkah dari PRT KMDM membelanjakan hasil donasi tersebut untuk bahan pangan segar dan sehat serta tambahannya dari para produsen baik petani, peternak, dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang dan sekitarnya yang selama ini menjadi pemasok PRT. Paket Sedekah Pangan plus tersebut kemudian didistribusikan kepada anak-anak di berbagai panti asuhan, rumah tahfidz, sekolah, masjid/mushola, dan sebagainya di Kota Padang.

Pada hari Jum’at, tanggal 13 November 2020 adalah pekan ke sepuluh penyelenggaraan Jum’at Berkah PRT KMDM, Paket Sedekah Pangan plus didistribusikan untuk para Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) di Masjid Al-Wathan dan Mushalla Al-Jadid yang berada di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pemilihan lokasi-lokasi tersebut didasarkan pada pertimbangan karena berada di lingkungan terdekat dari Kampus Universitas Andalas (Unand) dan Kantor KMDM sekaligus Gudang PRT. Direncanakan kegiatan ini akan diselenggarakan dan dilanjutkan ke wilayah lainnya sebagai bentuk kepedulian sosial yang diperluas sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.   

Pada kesempatan itu, KMDM berkolaborasi dengan Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand. Sebelum pendistribusian Paket Sedekah Pangan oleh PRT KMDM, terlebih dahulu dilaksanakan Kegiatan Edukasi Penerapan Kebiasaan New Normal untuk para Santri dengan materi: pengenalan pandemi Covid-19 dan langkah pencegahannya, praktik mencuci tangan sesuai protokol kesehatan, cara memakai masker sesuai protokol kesehatan, dan motivasi untuk menerapkan cara dan gaya hidup sehat.

Penyerahan donasi sejumlah 114 Paket Sedekah Pangan plus untuk para Santri TPA dan 10 paket untuk para Guru di TPA-TPA tersebut. Tambahan Paket Sedekah Pangan yang didistribusikan adalah 5 kilogram kurma, 7 botol sabun cuci tangan, 6 spanduk Edukasi Covid-19, dan 114 masker kain.

Pada awal kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, Tim PTB LPPM Unand dipimpin oleh DR. Gusti Sumarsih menggunakan metode bercerita atau story telling dan kemudian dialog interaktif serta praktik langsung dengan para Santri TPA bersama para Guru mereka yang mengikuti rangkaian acara dengan antusias. Bahkan sebagian orang tua para Santri TPA juga hadir menyaksikan langsung proses edukasi yang diselenggarakan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan donasi yang sebelumnya diawali dengan penyampaian permohonan doa bersama para Guru dan Santri TPA untuk para donatur yang dipimpin oleh Direktur PRT KMDM Eli Ratni.

Dalam kesempatan setelah rangkaian kegiatan tersebut, Eli menyatakan bahwa kerja sama PRT KMDM yang berkolaborasi dengan PTB LPPM Unand tersebut berawal dari kegelisahan bersama setelah sembilan pekan sebelumnya melihat dan menghadapi kenyataan kurangnya kepedulian masyarakat secara umum dan khususnya para penerima Paket Sedekah Pangan plus yang belum menerapkan protokol kesehatan di era kelaziman baru ini.  

Ketua KMDM, Virtuous Setyaka menyampaikan bahwa Program Jum’at Berkah berupa penghimpunan donasi dan pendistribusian Paket Sedekah Pangan plus adalah serangkaian kegiatan yang selama ini diselenggarakan dengan maksud mengajak kepada siapapun untuk terus berbuat baik dan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak (multiplier effect). Efek pelipatgandaan manfaat dari Paket Sedekah Pangan plus bagi para donatur adalah mendatangkan kebahagiaan karena berbagi rezeki dengan orang lain. Mereka mendapatkan manfaat dalam aspek moral dan spiritual sebagai tanda syukur dan kepedulian sosial.

Bagi para produsen yang memasok produk mereka ke PRT selama ini, hal tersebut berarti terus memperpanjang bergulirnya produksi yang mereka lakukan. Mereka mendapatkan manfaat dalam aspek ekonomikal yang berkelanjutan. Sedangkan para penerima manfaat dari Paket Sedekah Pangan plus ini merasakan terbantu secara langsung dalam pemenuhan kebutuhan pangan plus kesehatan, sekaligus motivasi untuk terus belajar agama dan bekerja sosial. Secara budaya, Program Jum’at Berkah dengan Paket Sedekah Pangan plus ini juga sebuah kerja bersama atau gotong royong untuk menghadapi beragam persoalan khususnya di masa pandemi yang mendatangkan ancaman bagi krisis kesehatan, krisis pangan, dan krisis ekonomi agar tidak berlanjut menjadi krisis moral yang lebih besar dan krisis sosial yang lebih luas.

Program Jum’at Berkah dalam bentuk Paket Sedekah Pangan plus PRT KMDM diselenggarakan bukan hanya sebagai kegiatan kepedulian sosial yang spontanitas, namun dikelola secara struktural dan sistematis di dalam wadah koperasi agar terus berkelanjutan. Selain itu, juga memberi kesempatan kepada para Dosen atau Akademisi dari berbagai kampus yang menjadi Anggota KMDM maupun Non-anggota KMDM untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat berkelanjutan. Selain Program Jum’at Berkah dalam bentuk Paket Sedekah Pangan plus, KMDM juga memiliki program kerja pendampingan para petani, peternak, dan pelaku UMKM yang selama ini dihimpun sebagai produsen dan pemasok PRT KMDM agar terwujud kemandirian ekonomi mereka.

Virtuous Setyaka, Dosen HI FISIP Unand dan Ketua KMDM.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

P2TP2A Kota Payakumbuh kunjungi SMPN 4 Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Saat sekarang ini bahaya yang kerap menyerang anak-anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin meningkat. Tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dapat mengancam generasi masa depan bangsa indonesia.
- Advertisement -

P2TP2A Kota Payakumbuh kunjungi SMPN 4 Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Saat sekarang ini bahaya yang kerap menyerang anak-anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin meningkat. Tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dapat mengancam generasi masa depan bangsa indonesia.

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.

Arif Berbahagia, Usai Direhab Kunci Rumahnya Diserahkan Oleh Langsung Wawako

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) dan istrinya Delfarita (36), warga Padang Palasan Kelurahan Sicincin tak kuasa menahan haru bahagia saat Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyerahkan kunci secara simbolis pertanda rumahnya telah selesai di rehab, Senin (8/3).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Aliansi Intelektual Lintas Organisasi kepemudaan Gelar Unjuk Rasa Di Kantor BPBD Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan masa yang terdiri dari Pergerakan Milenial Minang (PMM), AMPERA Sumbar, Garda Nkri Sumbar, Garda Empat Pilar Kebangsaan Sumbar, dan Limapia bersatu di dalam Aliansi Intelektual Lintas Organasasi kepemudaan melakukan unjuk Rasa di kantor BPBD Sumbar , di Gubernur dan Mapolda Sumatera Barat, Senin (08/03/2021)

Mahyeldi : Hindari Hoax untuk Pembangunan Sumbar yang Kondusif

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebagai mitra strategis pemerintah, media massa diharapkan bisa berperan aktif dalam menciptakan suasana kondusif untuk menunjang pembangunan di Sumbar, yang pada gilirannya berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

SLB Negeri 1 Padang Lakukan Ujian Akhir Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Tim PKM Biologi Unand dan BaSE KMDM Gelar Kerja Sama Pelatihan Budidaya Maggot BSF

Padang,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Andalas (Unand) dengan Ketua Dr. Resti Rahayu, S.Si., M.Si., bekerja sama dengan Bank Sampah dan Ecoenzyme – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (BaSE – KMDM) dengan Direktur Rio, S.P., menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Teori dan Praktek Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga” pada Sabtu, 6 Maret 2021 di Rumah Maggot, Belimbing Baru Indah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Grosir Beras LPPKI Diresmikan

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Azwar siri.SH meresmikan langsung unit usaha kecil Menengah (UKM) yaitu Usaha Grosir Beras LPPKI yang bertempat di Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumbar. Sabtu 6/3/2021.

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.
- Advertisement -