28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK
P

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi – misi Bukittinggi Hebat, berlandaskan Adat Bersandi Sara’ dan Sara’ Bersandi Kitabullah (ABS – SBK).

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ketika menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi 2022, di Balairung Rumah dinas walikota, Senin (5/4/2021).

Defenisi dari program ABS – SBK yakni, Jumat Al Kubra, berupa pengembangan pondok atau rumah Tahfidz, pengembangan ekonomi syariah, penerapan kurikulum SDIT, pengembangan nagari dalam kota, pemberdayaan tokoh agama dan tokoh adat.

Selain itu, Pemkot juga memprioritaskan pengembangan kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, peningkatakan tata kelola pemerintahan, pengembangan sosial kemasyarakatan dan pengembangan sektor pertanian.

Dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, beberapa titik di dalam kota ditata menjadi wisata belanja, yang dijadikan pusat wisata kuliner (street food), yakni Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Moh. Safei dan Jl A. Yani.

Tiga titik sebagai wisata kuliner yang berada di dalam pusat kota itu, akan diperuntukan bagi pedangang kuliner. Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di malam akan diberi nama Minangkabau Night Market.

Untuk pasar-pasar yang sudah ada di Bukittinggi, seperti pasar Lereng, pasar Wisata atau pasar Putih dan pasar Bawah, semuanya akan direvitalisasi. Hal itu dilakukan karena kawasan pasar merupakan tulang punggung ekonomi, sekaligus sebagai destinasi pariwisata.

Di sisi lain, Pemkot mengembangkan taman kota dan ruang terbuka publik dengan memanfaatkan Skate Park Wowo, dan ruang komunitas otomatif terminal Aur Kuning. Taman kota yang akan disulap menjadi ruang terbuka yakni taman DPRD, pedestrian jalan Sudirman, kawasan Jam Gadang dan gate, note serta landmark.

Program lain dikembangkan Pemkot, yakni wisata sentra produk lokal seperti sentra pembuatan kerupuk sanjai, dan sentra pembuatan kopi Bukit Apit.

Sementara pada bidang wisata alam dan keluarga, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Benteng Fort De Kock dan lapangan Pacuan Kuda merupakan hal yang sangat tetap dikembangkan. Tentunya perlu penguatan kawasan destinasi pariwisata eksisting.

Khusus untuk Istana Bung Hatta, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dan Masjid Jami’ Tarok, akan dikukuhkan sebagai wisata pedidikan, kultural dan religi.

Dalam meningkatkan daya tarik wisatawan agar datang ke Bukittinggi, akan dilakukan dengan menggelar acara seperti pergelaran event tentang kepariwisataan.

Untuk program Bukittinggi Hebat di bidang pendidikan, adanya penerapan pendidikan berkarakter berbasis agama dan budaya. Dalam hal itu dilakukan sebuah langkah yakni, peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan, mendorong tumbuh kembangnya perguruan tinggi, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, sistem pembelajaran berbasis teknologi serta meningkatkan sarana prasarana pendidikan.

Meski demikian, tata kelola pemerintahan, bidang sosial kemasyarakatan dan peningkatan bidang pertanian, juga menjadi prioritas.

Pada pemaparan RKPD Kota Bukittinggi 2022 itu, dihadiri Wakil Wali Kota Bukittingi, H. Marfendi, sejumlah anggota DPRD beserta ketua, unsur Forkopimda, beberapa kepala OPD, camat, dan para undangan. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kamasril CS Tolak Dedi Chandra Ketua DPD Golkar Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Kota Bukittinggi pada Jumat (9/7/2021), bertempat di kantor DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat, di Kota...

Yuen Karnova Bisa Jabat Sekdako Bukittinggi hingga 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi menjadi sekdako di kota tersebut hingga...

Perselisihan Kabag Adum IPDN Bukittinggi dengan Rekanan, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com - Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Namun demikian, terkadang kesalahan dialami seseorang, bukan akibat kelalaian dirinya, melainkan efek dari pekerjaan yang...

Pemko Bukittinggi Minta Hentikan Aktifitas Perdagangan Sembako di BTC

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Para pedagang sembako yang berjualan di seputaran Banto Trade Center (BTC), agar mengosongkan sendiri kawasan tersebut dari aktifitas perdagangan. Hal itu menyusul...

Rekanan Disuruh Kerja, IPDN Bukittinggi Tak Membayar…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Malang benar nasib dialami CV. Gres Bram Karya. Disuruh mengerjakan sejumlah kegiatan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Bukittinggi, Sumatera...

Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal Ceramah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Patut dicontoh, apa yang dilakukan pengurus Masjid Tawakkal Surau Bacamin Magek, Kabupaten Agam. Ustad terkenal sengaja didatangkan berceramah guna memakmurkan Masjid...

Bersihkan Kawasan Potensi Banjir, Erman Safar: Ikhtiar Tanggulangi Banjir

Bukittinggi, beritsumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membersihkan kawasan yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun banjir...

Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Bukittinggi, Fiona: Sejalan dengan Kegiatan Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di tiga kecamatan yang ada di kota itu pada Kamis, (24/06/2021). "Kegiatan...

Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Belajar di Bawah Ancaman Maut

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak lima lokal siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Bukittinggi belajar di bawah ancaman maut, menyusul lokal merupakan aula yang...

TPS Bukittinggi akan Dipantau CCTV

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi akan memasang CCTV di tempat pembuangan sampah (TPS), guna memantau warga membuang sampah tidak pada jamnya. "Sebanyak 15...
- Advertisement -