29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK
P

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi – misi Bukittinggi Hebat, berlandaskan Adat Bersandi Sara’ dan Sara’ Bersandi Kitabullah (ABS – SBK).

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ketika menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi 2022, di Balairung Rumah dinas walikota, Senin (5/4/2021).

Defenisi dari program ABS – SBK yakni, Jumat Al Kubra, berupa pengembangan pondok atau rumah Tahfidz, pengembangan ekonomi syariah, penerapan kurikulum SDIT, pengembangan nagari dalam kota, pemberdayaan tokoh agama dan tokoh adat.

Selain itu, Pemkot juga memprioritaskan pengembangan kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, peningkatakan tata kelola pemerintahan, pengembangan sosial kemasyarakatan dan pengembangan sektor pertanian.

Dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, beberapa titik di dalam kota ditata menjadi wisata belanja, yang dijadikan pusat wisata kuliner (street food), yakni Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Moh. Safei dan Jl A. Yani.

Tiga titik sebagai wisata kuliner yang berada di dalam pusat kota itu, akan diperuntukan bagi pedangang kuliner. Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di malam akan diberi nama Minangkabau Night Market.

Untuk pasar-pasar yang sudah ada di Bukittinggi, seperti pasar Lereng, pasar Wisata atau pasar Putih dan pasar Bawah, semuanya akan direvitalisasi. Hal itu dilakukan karena kawasan pasar merupakan tulang punggung ekonomi, sekaligus sebagai destinasi pariwisata.

Di sisi lain, Pemkot mengembangkan taman kota dan ruang terbuka publik dengan memanfaatkan Skate Park Wowo, dan ruang komunitas otomatif terminal Aur Kuning. Taman kota yang akan disulap menjadi ruang terbuka yakni taman DPRD, pedestrian jalan Sudirman, kawasan Jam Gadang dan gate, note serta landmark.

Program lain dikembangkan Pemkot, yakni wisata sentra produk lokal seperti sentra pembuatan kerupuk sanjai, dan sentra pembuatan kopi Bukit Apit.

Sementara pada bidang wisata alam dan keluarga, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Benteng Fort De Kock dan lapangan Pacuan Kuda merupakan hal yang sangat tetap dikembangkan. Tentunya perlu penguatan kawasan destinasi pariwisata eksisting.

Khusus untuk Istana Bung Hatta, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dan Masjid Jami’ Tarok, akan dikukuhkan sebagai wisata pedidikan, kultural dan religi.

Dalam meningkatkan daya tarik wisatawan agar datang ke Bukittinggi, akan dilakukan dengan menggelar acara seperti pergelaran event tentang kepariwisataan.

Untuk program Bukittinggi Hebat di bidang pendidikan, adanya penerapan pendidikan berkarakter berbasis agama dan budaya. Dalam hal itu dilakukan sebuah langkah yakni, peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan, mendorong tumbuh kembangnya perguruan tinggi, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, sistem pembelajaran berbasis teknologi serta meningkatkan sarana prasarana pendidikan.

Meski demikian, tata kelola pemerintahan, bidang sosial kemasyarakatan dan peningkatan bidang pertanian, juga menjadi prioritas.

Pada pemaparan RKPD Kota Bukittinggi 2022 itu, dihadiri Wakil Wali Kota Bukittingi, H. Marfendi, sejumlah anggota DPRD beserta ketua, unsur Forkopimda, beberapa kepala OPD, camat, dan para undangan. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Pertahankan Heritage di Bukittinggi, Marfendi: Banyak yang Bisa Dipatenkan di Unesco

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mempertahankan heritage, dengan membuat pola dan sejarah tertulis sehingga nantinya dapat diusulkan ke Unesco. Demikian disampaikan Wali Kota...

Bukittinggi Rawan Longsor, Wawako Marfendi: Masyarakat agar Selalu Waspada

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kota Bukittinggi rawan longsor terutama di daerah tepi ngarai. Masyarakat berada di zona merah agar selalu waspada. Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi,...

RSUD Bukittinggi Sudah Bisa Terima Peserta JKN-KIS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi per 1 April 2021, telah bekerja sama dengan BPJS cabang kota Bukittinggi. Dengan telah ditandatangani...

Pasar Atas Bukittinggi Nol Pendapatan, Benarkah Gegara Belum Asetnya Pemkot…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah dibangun megah pasca kebakaran 30 Oktober 2017. Kini pasar atas di Kota Bukittinggi sudah beroperasi kembali, tetapi pemerintah kota (Pemkot)...
- Advertisement -