31 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi
W

Kategori -

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat progres pengembangan Pondok Pesantren yang berada di Komplek Perguruan Kauman Padangpanjang jalan RI Dt Sinaro Panjang nomor 1-6, Kelurahan Tanah Pak Lambiak.

Didampingi oleh istri, buya Anwar Abbas berpesan kepada seluruh civitas akademika Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, bahwa dalam membangun peradaban santri perlu kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja keras disetiap unsur yang terlibat.
“Sebagai umat Islam kita mesti mengembangkan kecerdasan yang dianugerahkan Allah kepada kita. Kecerdasan kita tidak hanya kecerdasan spritual, atau emosional, tapi juga kecerdasan Ukhrawi, duit kita dapatkan, syurga kita dapatkan juga hendaknya” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pondok pesantren Kauman yang sampai saat ini masih berjuang dalam lahirkan kader-kader hebat dan tangguh.
“Pondok pesantren Muhammadiyah merupakan upaya persyarikatan untuk ikut serta memajukan manusia indonesia dan ikut serta mencerdaskan Bangsa.

Kalau dulu kita ajarkan dan lahirkan kader-kader yang bisa menanggung resiko kehidupan berbangsa dan negara. Kalau sekarang lulusan ponpes mesti mampu meminimalisir resiko-resiko yang akan terjadi kedepannya.” Katanya

Dalam kunjungannya, buya diajak oleh pimpinan pondok pesantren Kauman Padangpanjang melihat kampus dua yang berada di kelurahan Koto Katiak kota Padangpanjang. Mudir Ponpes Kauman, Derliana, MA menyampaikan bahwa progres pengembangan ponpes saat ini difokuskan untuk pembebasan gedung yang saat ini masih sewa.

“Pengembangan pondok pesantren kali ini dipusatkan untuk pembelian gedung yang saat ini masih kita sewa. Kedua adalah pembangunan asrama putra yang baru dua bulan dilakukan peletakan batu pertama oleh Walikota Padangpanjang.” Ungkap kandidat doktor UIN Imam Bonjol Padang ini.

Selanjutnya, Derliana, MA juga berharap melalui buya Anwar Abbas rencana pengembangan Ponpes segera dapat direalisasikan.
“Kami atas nama pondok pesantren berharap melalui buya Anwar Abbas, rencana pengembangan kampus dua kita dapat segera kita realisasikan. Agar di tahun ajaran baru setelah lebaran nanti, santri kita tidak lagi merasa khawatir dan cemas menempati gedung yang saat ini disewa. Kekhawatiran itu pasti ada jika progres pengembangan ponpes berjalan ditempat. Karenanya kami benar-benar berharap melalui buya Anwar Abbas dapat mencarikan bantuan dana untuk pembelian gedung tersebut.” Tutupnya.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Ketua panitia pengembangan Pondok Pesantren Kauman, H. Ali Usman Syuib, SE. Pengusaha asal Pesisir Selatan ini menyampaikan bahwa pengembangan pondok pesantren perlu dilakukan mengingat dan menimbang semakin banyaknya santri yang menimba ilmu di ponpes ini.

“Saat ini yang perlu kita lakukan adalah pengembangan Ponpes. Pengembangan itu kita fokuskan dengan sarana prasarananya. Dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana sangat menentukan minat dan bakat calon santri yang akan masuk kesini. Percaya atau tidak jika tampilan fisiknya tidak memadai tentu kita tidak bisa meyakinkan calon santri untuk menuntut ilmu disini.”ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa ponpes membuka donasi untuk membantu pembelian gedung sekolah kepada donatur-donatur yang ingin berinvestasi akhirat.
“Kita disini juga membuka donasi untuk pembelian gedung tersebut. Donasi bisa disalurkan secara langsung ke alamat sekretariat pengembangan Pondok Pesantren di jalan RI Dt Sinaro Panjang, atau melalui rekening BRI Atas nama MA Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah
Norek 0231-01-01124050-9 ” tutupnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia

Kakankemenag Padang Panjang Ikuti Rapat Evaluasi PPKM Darurat

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H.Gusman Piliang mengikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Padang Panjang bersama Walikota Padang Panjang H.Fadly Amran, Datuak Paduko Malano beserta seluruh Pimpinan Forkompinda Kota Padang Panjang di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Sabtu (17/07/2021)

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Khair Kota Padang Panjang Terima Izin Operasional

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H Gusman Piliang menyerahkan Izin Operasional Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Khair Kota Padang Panjang kepada Kepala Madrasah Marlena, M.Pd berlaku semenjak 24 April 2021 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diruang kerja Kakankemenag, Kamis (15/07/2021).

Kementerian Agama Padang Panjang Terima Pendampingan Hukum Dari Kejari

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Pendampingan Hukum (Legal Assistance) dari Kejaksaan Negeri Padang Panjang terkait Kegiatan Pekerjaan Fisik Proyek yang dibiayai Program Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2021, Kamis (15/07/2021).

Kakankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Rapat Persiapan Pray From Home Tingkat Sumbar

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, ikuti Rapat Dinas Persiapan Pray From Home (PFH) tingkat Sumbar secara Virtual via Zoom Meeting dari ruang kerja beliau di Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang, Rabu (14/07/2021).

Padang Panjang PPKM Darurat, Pembinaan ASN MAN 2 Padang Panjang Secara Daring

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H.Gusman Piliang memberikan materi Pembinaan ASN dilingkungan MAN 2 Padang Panjang secara Daring, Selasa (13/07/2021).

Padang Panjang Pray From Home, Kakankemenag Sosialisasikan SE No.15 dan 16

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang memberikan Sambutan dan arahan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Padang Panjang via Link G-meet dan Live di Spenfive TV, Selasa (13/07/2021) pukul 09.00 Wib.
- Advertisement -