28 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi
W

Kategori -

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat progres pengembangan Pondok Pesantren yang berada di Komplek Perguruan Kauman Padangpanjang jalan RI Dt Sinaro Panjang nomor 1-6, Kelurahan Tanah Pak Lambiak.

Didampingi oleh istri, buya Anwar Abbas berpesan kepada seluruh civitas akademika Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, bahwa dalam membangun peradaban santri perlu kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja keras disetiap unsur yang terlibat.
“Sebagai umat Islam kita mesti mengembangkan kecerdasan yang dianugerahkan Allah kepada kita. Kecerdasan kita tidak hanya kecerdasan spritual, atau emosional, tapi juga kecerdasan Ukhrawi, duit kita dapatkan, syurga kita dapatkan juga hendaknya” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pondok pesantren Kauman yang sampai saat ini masih berjuang dalam lahirkan kader-kader hebat dan tangguh.
“Pondok pesantren Muhammadiyah merupakan upaya persyarikatan untuk ikut serta memajukan manusia indonesia dan ikut serta mencerdaskan Bangsa.

Kalau dulu kita ajarkan dan lahirkan kader-kader yang bisa menanggung resiko kehidupan berbangsa dan negara. Kalau sekarang lulusan ponpes mesti mampu meminimalisir resiko-resiko yang akan terjadi kedepannya.” Katanya

Dalam kunjungannya, buya diajak oleh pimpinan pondok pesantren Kauman Padangpanjang melihat kampus dua yang berada di kelurahan Koto Katiak kota Padangpanjang. Mudir Ponpes Kauman, Derliana, MA menyampaikan bahwa progres pengembangan ponpes saat ini difokuskan untuk pembebasan gedung yang saat ini masih sewa.

“Pengembangan pondok pesantren kali ini dipusatkan untuk pembelian gedung yang saat ini masih kita sewa. Kedua adalah pembangunan asrama putra yang baru dua bulan dilakukan peletakan batu pertama oleh Walikota Padangpanjang.” Ungkap kandidat doktor UIN Imam Bonjol Padang ini.

Selanjutnya, Derliana, MA juga berharap melalui buya Anwar Abbas rencana pengembangan Ponpes segera dapat direalisasikan.
“Kami atas nama pondok pesantren berharap melalui buya Anwar Abbas, rencana pengembangan kampus dua kita dapat segera kita realisasikan. Agar di tahun ajaran baru setelah lebaran nanti, santri kita tidak lagi merasa khawatir dan cemas menempati gedung yang saat ini disewa. Kekhawatiran itu pasti ada jika progres pengembangan ponpes berjalan ditempat. Karenanya kami benar-benar berharap melalui buya Anwar Abbas dapat mencarikan bantuan dana untuk pembelian gedung tersebut.” Tutupnya.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Ketua panitia pengembangan Pondok Pesantren Kauman, H. Ali Usman Syuib, SE. Pengusaha asal Pesisir Selatan ini menyampaikan bahwa pengembangan pondok pesantren perlu dilakukan mengingat dan menimbang semakin banyaknya santri yang menimba ilmu di ponpes ini.

“Saat ini yang perlu kita lakukan adalah pengembangan Ponpes. Pengembangan itu kita fokuskan dengan sarana prasarananya. Dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana sangat menentukan minat dan bakat calon santri yang akan masuk kesini. Percaya atau tidak jika tampilan fisiknya tidak memadai tentu kita tidak bisa meyakinkan calon santri untuk menuntut ilmu disini.”ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa ponpes membuka donasi untuk membantu pembelian gedung sekolah kepada donatur-donatur yang ingin berinvestasi akhirat.
“Kita disini juga membuka donasi untuk pembelian gedung tersebut. Donasi bisa disalurkan secara langsung ke alamat sekretariat pengembangan Pondok Pesantren di jalan RI Dt Sinaro Panjang, atau melalui rekening BRI Atas nama MA Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah
Norek 0231-01-01124050-9 ” tutupnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Mutasi Kembali Bergulir di Padang Panjang, Maini Kembali Pimpin Disdukcapil, Lila Yanwar Jabat Direktur RSUD

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kembali melakukan penyegaran di jajaran kabinetnya. Kali ini, Dra. Maini, MM...

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

Padang Panjang Dinobatkan Sebagai Kota Peduli HAM

Padang Panjang, beritasumbar.com - Awal tahun 2021 menjadi permulaan yang sangat baik bagi Pemerintah Kota Padang Panjang. Kota berjulukan Serambi Mekkah ini dinobatkan sebagai...

Fadly-Mardiansyah Raih Nirwasita Tantra dari KLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengganjar penghargaan Nirwasita Tantra kepada Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Ketua DPRD Mardiansyah A.Md, atas kebijakannya yang peduli terhadap lingkungan hidup.
- Advertisement -