26.2 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Polres Sawahlunto Uji Coba Pengamanan Jalur TDS 2015
P

Kategori -
- Advertisement -

Sawahlunto – Kepolisian Resor Kota Sawahlunto, Sumatera Barat melakukan uji coba rencana pengamanan jalur Tour de Singkarak (TdS) 2015, di mana kota itu menjadi lokasi start untuk etape IV.

Kapolres setempat, AKBP Djoko Ananto, di Sawahlunto, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan persiapan akhir jelang pelaksanaan TdS etape IV yang rencananya akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2015, yang dipusatkan di jantung kawasan objek wisata heritage “Kota Lama” Sawahlunto, yakni di depan lapangan segitiga.

“Di samping uji coba pengamanan jalur, kami juga melakukan pengecekan kondisi jalan yang akan dilalui oleh peserta TdS untuk memetakan titik kerawanan yang menjadi prioritas untuk diantisipasi guna menekan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan lain sebagainya,” kata dia.

Dari hasil pengecekan tersebut, lanjutnya, diperkirakan penutupan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan raya secara total akan terjadi selama dua jam dan akan kembali dibuka secara bertahap setelah seluruh rombongan TdS selesai melewati ruas jalan tersebut.

Menurutnya, keadaan jalan yang masih berlubang serta jalur yang melewati permukiman padat penduduk dan lokasi yang diperkirakan menjadi konsentrasi massa menjadi perhatian utama jajarannya, seperti kawasan persimpangan jalan depan Bank Mandiri, pertigaan Sapan, kawasan Kampung Teleng, Kawasan permukiman Tangsi Baru, serta Simpang Muaro Kalaban.

Dia mengatakan, pada kawasan-kawasan tersebut masih ditemui adanya kegiatan pengerjaan proyek infrastruktur serta perbaikan jalur lintasan, sehingga membutuhkan kerjasama dengan pihak terkait untuk menghentikan kegiatan pada proyek infrastruktur sementara waktu serta dapat menyelesaikan proses perbaikan lintasan dengan tepat waktu.

“Kami menyarankan agar dilakukan kembali pengecekan terkait kesiapan pelaksanaan TdS ini secara bersama-sama oeh seluruh pihak terkait, agar pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar, aman dan terkendali,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Sawahlunto, Dedi TM Wijaya, menjamin seluruh kegiatan perbaikan lintasan akan tuntas pada Minggu (4/10) mendatang.

“Pengerjaannya terus dilakukan siang dan malam agar bisa selesai tepat waktu,” ujar dia.

Terkait masih adanya kegiatan pada proyek infrastruktur di kawasan Kota Lama, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak pelaksana kegiatan agar menghentikan kegiatan untuk sementara waktu, hingga rangkaian kegiatan TdS etape IV selesai dilaksanakan.

“Kami upayakan pada Minggu(4/10) seluruh kegiatan sudah dihentikan dan jalur lintasan bisa dibersihkan sebelum start etape IV dimulai,” kata dia.

Sebelumnya, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menyiagakan sebanyak 240 personel polisi diwilayah hukumnya untuk melaksanakan operasi pengamanan event balap sepeda berskala internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2015.

Kapolres setempat, AKBP Djoko Ananto SIK, di Sawahlunto, Kamis, mengatakan para petugas kepolisian tersebut akan disebar dalam tiga bidang pengamanan, yakni pengamanan route, penginapan dan keramaian serta pengamanan khusus bagi warga negara asing oleh petugas Satuan Intel dan Keamanan serta Satuan Sabhara.

“Untuk pengamanan route yang akan dilalui oleh peserta, kami menerjunkan personel sebanyak 150 orang lebih dengan sasaran utama operasi meliputi kelancaran dan keselamatan route bagi peserta dan pengunjung serta pengamanan arus lalu lintas pengguna jalan lainnya,” kata dia. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img