25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau
P

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Direktur PNP, DR. Surfa Yondri yang didampingi oleh Kepala P3M (Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat) PNP: DR. Yuhefizar dan beberapa orang Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini mengatakan, Politeknik siap membantu mendukung kegiatan masyarakat yang ada di nagari dalam Kecamatan Sungai Limau ini. “Kami siap membantu masyarakat di Sungai Limau ini,” ujarnya saat berkunjung ke Sungai Limau, Selasa (2/2) kemarin.

Katanya, kegiatan ini adalah revitalisasi industri pariwisata, program Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk bidang pertanian, perikanan dan peternakan, melakukan pendidikan dan pelatihan staf nagari yang ada di Kecamatan Sungai Limau dalam rangka pengadaan Sistim Informasi Nagari, dan lain sebagainya.

Salah satu peserta rombongan PNP, Drs. H. Roswaldi, SK., menjelaskan, bahwa kerja sama antara perguruan tinggi dengan pihak pemerintahan, baru akan terwujud setelah dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Bupati Padang Pariaman, dan ditindaklanjuti dengan diadakannya MOA (Memorandum of Agreement) antara pihak PNP dengan nagari-nagari yang ada di lingkungan Kecamatan Sungai Limau, antara lain Nagari Guguak Kuranji Hilir, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Nagari Kuranji Hilir dan Nagari Pilubang.

Sementara itu, Camat Sungai Limau, Arlis, S.Sos., sangat bahagia dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran PNP, yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat Sungai Limau, H. Ali Akbar, yang mana baru kali ini terjadi adanya hubungan kerja sama antara pihak pemerintahan dengan pihak perguruan tinggi.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung rencana kegiatan ini demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masayarakat kami disini,” kata Arlis. Hadir dalam acara tersebut pihak Politeknik Negeri Padang (berjumlah 8 orang), Bapak Camat Sungai Limau, Walinagari atau yang mewakili, Bamus Nagari serta tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Sungai Limau. Peserta yang hadir sangat antusias menanggapi kehadiran pihak perguruan tinggi PNP dengan banyaknya komentar dan tanggapan positif yang dikemukakan.

Dalam kesempatan itu, Direktur PNP, DR. Surfa Yondri menyerahkan kenang-kenangan kepada Camat Sungai Limau berupa plakat cantik bertuliskan “Politeknik Negeri Padang – Sumatera Barat – Indonesia” dan kalender PNP tahun 2021 kepada peserta yang hadir. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan kesiapan Posko Sekat Operasi Ketupat Singgalang 2021 di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di...
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Cabul Terhadap Anak Bawah Umur

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman dan gabungan Unit PPA Polres Padang Pariaman berhasil meringkus pelaku tindak pidana pencabulan anak dibawah umur, yang berusia 10 tahun dan masih pelajar kelas 3 SD.

Sembako Kejut Grand Azizi Residence (GAR); Warga Apresiasi Allex Saputra

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,- Dampak pandemi Covid-19 masih dapat dirasakan dengan jelas oleh sejumlah masyarakat, termasuk salah satunya adalah berdampak di bidang perekonomian. Kehilangan pekerjaan dan keterbatasan dalam mengakses kebutuhan pokok menjadi salah satu penyebab utama senjangnya tingkat kesejahteraan di tengah masyarakat.

Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com. Dalam rangka peningkatan taraf ekonomi masyarakat pertanian, Pemkab Padang Pariaman Turunkan Bantuan alsintan. Batuan Alat pertanian tersebut diserahkan lansung oleh Bupati Padang Pariaman Suahtri Bur. Ada 20 Kelompok tani dan 2 KWT yang menerima bantuan alat pertanian.

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah

Padang Pariaman, beritasumbar.com, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.
- Advertisement -