27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

PKS Sumbar Luncurkan Gerakan Tanggap Asap
P

Kategori -

Padang – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat meluncurkan gerakan tanggap asap sebagai bentuk kepedulian dan turut serta menangani dampak kabut asap.

“Gerakan nasional tanggap asap bentuk kepedulian kami dalam melayani dan aksi nyata dalam berkhidmat untuk rakyat,” kata koordinator gerakan tanggap asap PKS Sumbar, Nurfirman Wansyah di Padang, Selasa.

Menurut dia, PKS akan membuka posko dan program layanan peduli untuk korban asap di wilayah Sumbar dan Riau.

Rencananya, gerakan tanggap asap PKS Sumbar akan membuka posko di Payakumbuh dan Padang dilengkapi alat penjernih udara, tim kesehatan, dan tempat penampungan sementara pengungsi korban asap dari Riau, ujar dia.

Nurfirman menyebutkan gerakan tanggap asap PKS Sumbar juga membuka donasi untuk berbagai program pengungsi, kesehatan dan tanggap asap lainnya dengan no rekening 7092882227 BSM cabang Padang a.n Fitria Heny.

Hingga saat ini, musibah asap masih terjadi di Sumatera dan Kalimantan, di sebagian wilayah dalam level berbahaya bagi kesehatan, katannya.

PKS siap bersinergi dengan pemerintah untuk menanggulangi musibah asap khususnya pada masyarakat yang menjadi korban, lanjut dia.

Ia mengatakan peluncuran program gerakan tanpa asap PKS juga akan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Sumbar mewajibkan seluruh puskesmas untuk bersiaga selama 24 jam hingga status siaga kabut asap di provinsi tersebut berakhir.

“Kami sudah melayangkan surat edaran ke 265 puskesmas di Sumbar untuk buka 24 jam karena beberapa kali hasil pengukuran kualitas udara di sebagian wilayah Sumbar menunjukkan kadar kualitas yang berbahaya,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Sumbar Irene Susilo.

Ia mengatakan dari total puskesmas tersebut terdapat 105 puskesmas perawatan yang memang sudah wajib 24 jam dan sisanya nonperawatan diminta untuk siaga menanggapi bencana kabut asap.

Bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap, diharapkan untuk langsung mengunjungi puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan dan perawatan sesegera mungkin, ujarnya. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -