25.5 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Menteri Rini: Bongkar Muat Teluk Bayur Sudah Efisien
M

Kategori -

Padang Pariaman – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut kondisi Pelabuhan Teluk Bayur di Padang, Sumatera Barat, sudah cukup bagus karena aktivitas bongkar muat dinilai telah efisien.

“Jadi sekarang tidak banyak lagi kapal menunggu. Saya sudah lihat pelebaran lebih lanjut sehingga dapat menampung lebih banyak kapal,” ujar dia di Padangpariaman, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu di Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman usai meninjau kondisi bandara dan pengerjaan jalur kereta api menuju bandara.

Menurutnya, dulu waktu tunggu kapal di pelabuhan Teluk Bayur cukup panjang karena lambatnya aktivitas bongkar muat.

Sekarang sudah bagus, dengan semakin pendeknya waktu tunggu kapal diharapkan akan meningkatkan ekspor minyak sawit melalui pelabuhan itu, lanjut dia.

Ia mengatakan saat ini sedang disiapkan pelebaran lebih lanjut untuk membuat tangki penampung minyak sawit.

Sebelumnya Direktur Komersial dan Pengembangan Perusahaan Pelindo II Saptono Rahayu Irianto mengatakan Pelabuhan Teluk Bayur dapat menjadi salah satu rute alternatif persinggahan kapal karena semakin padatnya lalu lintas di perairan Selat Malaka.

“Lalu lintas kapal di perairan Selat Malaka sudah padat, ini dapat menimbulkan kondisi stagnan. Maka perlu rute alternatif, yaitu pantai barat Sumatera dan yang paling memungkinkan adalah Pelabuhan Teluk Bayur,” kata dia.

Menurut Saptono, Teluk Bayur merupakan pelabuhan terbesar yang ada di kawasan pantai barat Sumatera dan telah dilengkapi sejumlah fasilitas moderen sehingga siap menjadi salah satu alternatif.

“Saat ini Teluk Bayur telah dilengkapi dengan terminal kargo, terminal curah, terminal semen hingga terminal batu bara yang dapat melayani bongkar muat barang,” ujar dia.

Ia mengatakan Pelabuhan Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan samudra yang terbuka untuk pelabuhan internasional.

Selain itu pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur juga akan memberikan dampak positif bagi Sumbar karena menjamin kelancaran arus barang dari Sumatera ke Jawa maupun ke luar negeri, kata dia.

Ia menambahkan karena lokasi yang strategis pemerintah akan terus melakukan pembenahan agar pelabuhan ini menjadi salah satu pintu masuk arus perdagangan barang.

Kepala BPS Sumbar Yomin Tofri mengatakan Pelabuhan Teluk Bayur merupakan salah satu pelabuhan strategis menjadi pintu masuk bagi aktivitas ekspor dan impor di Sumbar. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.
- Advertisement -

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -