27 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pilkada 50 Kota Panas, Incumbent Terancam Tak Dapat Partai
P

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, – Bupati Irfendi Arbi mengaku khawatir tidak akan mendapat partai, hal itu diungkapkannya kepada media ini setelah mengikuti sosialisasi visi – misi Partai Golkar (PG). “Biar saya selesaikan dulu masalah partai ini, nanti Bapak tidak dapat kendaraan,” katanya di Mushalla rumah dinas Bupati, Maghrib Minggu (09/02/2020).
Bukan tak beralasan, kekhawatiran incumbent itu muncul setelah mengetahui munculnya Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota, Safarudin Dt. Rajo sebagai kandidat calon Bupati dari partai Golkar. PG sendiri memiliki 5 kursi, sedangkan syarat mendaftar ke KPU minimal 7 kursi.
Incumbent yang juga ketua DPC Partai PDIP itu, merasa gundah dengan susahnya mendapatkan dukungan dari Parpol lain. Diketahui PDIP sendiri hanya memiliki 2 kursi, sedangkan menurut Ketua DPD PDIP Sumatra Barat, Alex Indra Lukman, “Irfendi Arbi belum ada menjalin komunikasi terkait pencalonan dirinya kembali,” katanya melalu staf ahlinya Ramanda Saputra.
Selain Golkar dan PDIP, Irfendi Arbi juga mendaftar ke sejumlah partai seperti PPP, Demokrat dan Hanura tetapi dari pantauan redaksi ini punggawa – punggawa partai tersebut juga berani untuk ikut sebagai bakal calon Bupati. Terbukti punggawa partai Hanura Asyirwan Yunus ikut menyampaikan visi misi pada konvensi Hanura di hotel Sago Bungsu 2 lalu. Punggawa partai PPP Drh. Harmen juga terlihat serius untuk maju dan punggawa Partai Demokrat juga terlihat serius dan bersemangat.
Terpisah, incumbent Ferizal Ridwan telah memantapkan diri maju sebagai calon Independen, berpasangan dengan Nurkhalis. Ketua Partai PKB Limapuluh Kota itu sepertinya juga malu mendukung Irfendi Arbi, sebab masalah internal mereka, “kita carikan calon lain nanti yang akan diusung oleh PKB,” katanya saat menghadiri acara khatam alqur’an di Jorong Tanjuang Bungo, Nagari Situjuah Gadang, beberapa waktu lalu.
Sedangkan Gerindra sebagai partai pemenag pemilu dengan 6 kursi, nampaknya juga enggan memberi dukungan kepada Irfendi Arbi. Pasalnya punggawa Partai Gerindra Deni Asra, jauh – jauh hari sudah banyak mengkritik kinerja Bupati. Selain itu Partai Gerindra nampaknya juga serius dipinang oleh pengusaha M. Rahmad dan Riski Kurniawan. Juga diinginkan oleh sejumlah tokoh lain seperti Kolonel Yuni Hermon, Hikmat Israr dan Deni Asra sendiri sebagai ketua partai juga berpotensi.
Terakhir partai apakah yang akan mengusung Irfendi Arbi? Mari sama – sama kita lihat saat pendaftaran ke KPU pertengahan bulan Juni 2020, nanti.(red)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img