26.6 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Pesisir Selatan Kembangkan KTM Silaut Sebagai Sentra Padi

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengembangkan kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kecamatan Silaut kabupaten setempat sebagai daerah sentra komoditi padi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesisir Selatan, Doni Gusrizal di Painan, Rabu, mengatakan, upaya tersebut sesuai dengan potensi yang dimiliki kawasan KTM dengan ketersediaan areal yang cukup luas.

Dalam menunjang upaya itu pemkab setempat membangun mesin penggilingan padi modern guna menampung semua hasil panen sehingga padi hasil produksi pertanian masyarakat setempat dapat berkualitas lebih baik.

“Tersedianya alat mesin penggilangan padi modern ini kita harapkan dapat menampung semua hasil panen padi di kawasan ini khususnya Silaut sehingga hasilnya berkualitas bagus dan dapat diekspor keluar daerah,” katanya.

Untuk pengembangan KTM Silaut, pada tahun 2015 pemerintah pusat mengalokasikan dana melalui APBN 2015 sebanyak Rp9,8 miliar. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun berbagai infrasruktur jalan di sekitar kawasan KTM Silaut.

Sedangkan melalui APBD kabupaten 2015 pemkab mengalokasikan dana sebanyak Rp700 juta. Anggaran tersebut untuk pembangunan los pasar di sekitar KTM Silaut. Dana itu juga dimanfaatkan untuk pembangunan gudang penyimpanan hasil jagung masyarakat setempat.

Ia mengatakan, pengalokasian anggaran melalui APBD kabupaten 2015 merupakan wujud dari keikutsertaan pemkab dalam upaya pengembangan KTM Silaut. Hingga kini pembangunan KTM Silaut sudah memasuki tahap VIII sejak tahun 2009.

Pembangunan yang sudah dilakukan sejak 2009 itu seperti infrastruktur kota transmigrasi, mulai jalan lingkar menuju lokasi hingga bangunan toko dan sebagainya.

Pada 2014 pemerintah pusat juga mengalokasikan anggaran untuk KTM Silaut sebanyak Rp9 miliar. Dana tersebut dimanfaatkan untuk melanjutkan pembangunan berbagai infrastruktur di sekitar kawasan KTM Silaut seperti pembangunan ruas jalan nagari (desa adat) yang ada di sekitar lokasi, pembangunan air bersih dan pusat bisnis KTM Silaut.

Menurutnya, KTM merupakan program strategi pemerintah pusat dalam pengembangan daerah transmigrasi. Tujuannya adalah untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi, pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan mengatasi masalah penyebaran penduduk di daerah transmigrasi.

Ia berharap program itu dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar kawasan KTM dan Pesisir Selatan umumnya.

 

Sumber: Antara/Oleh Junisman
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Darma-Tani Lintau IX Koto Solidkan Kekuatan Menuju Kemenangan

Demi meraup suara besar, tim pemenangan, relawan dan simpatisan Darma Tani Lintau IX Koto, sepakat solidkan serta satukan kekuatan pada sabtu (24/10/20)...

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...

Operasi Yustisi Baru 9 hari! Satgas Covid-19 Tertibkan 196 Orang Pelanggar Di Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dalam Pengendalian dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -