24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital
P

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Kopertis adalah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), dan di Wilayah X mengkoordinir Sumatera Barat, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau. Koperasi Pegawai Negeri Kopertis Wilayah X didirikan pada tahun 1992, dan pada 2017 beranggotakan 600 orang untuk membantu kebutuhan anggotanya dan sedikit pembangunan sarana di sana.

Kopertis X mendorong kampus yang ada di bawah pengawasannya membangun dan mengembangkan koperasi guna menyejahterakan civitas akademika.

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas yang juga salah satu Pengawas KMDM) pernah menyatakan bahwa “koperasi bermanfaat untuk membangun kesejahteraan anggotanya sekaligus meningkatkan rasa kekeluargaan sesama”.

Dalam pertemuan tersebut, dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Koperasi Kopertis X, sedangkan dari KMDM diwakili oleh Bendahara KMDM, Direktur Pasar Rabu Tani (PRT), dan Operator PRT.

Pertemuan antara KMDM yang baru berdiri pada 20 Januari 2020 dan beranggotakan 60 orang dengan Pengurus Koperasi Kopertis X tersebut berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang Minimarket Digital yang selama ini sudah dipraktekkan oleh KMDM melalui pasarrabutani.com.

Bendahara KMDM, Eli Ratni, S.Pt., MP., pernah menyatakan bahwa “kerja-kerja KMDM diselenggarakan di dunia nyata maupun di dunia maya. Salah satunya dalam menyelenggarakan unit usaha PRT, selain menggunakan laman daring atau web, juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram, selain WhatsApp untuk mengkomunikasikan transaksi dengan para produsen dan konsumen PRT”.

Bahkan, dalam pengelolaan KMDM sebagai koperasi, juga menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dalam mengkoordinasikan kerja-kerja pengelolaan sebagai lembaga, administrasi, dan keanggotaan.

Direktur PRT, Zukri Zulkifli menyampaikan bahwa yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah (1) Pengurus KPN Kopertis X ingin belajar memasarkan produknya secara online. (2) Selama ini untuk pemasaran online mereka baru memakai orderan via whatsapp. (3) PRT menjelaskan bahwa pemasaran online yg efektif bisa dilakukan dengan website berformat toko online dan aplikasi mobile berformat toko online. Dan (4) Pengurus KPN Kopertis X sangat tertarik dengan website PRT dan berencana menduplikasikan untuk minimarket yg mereka kelola.

Bagi KMDM, setiap pertemuan dengan pengurus koperasi lainnya, baik yang berkantor di Kota Padang maupun di luar kota, selalu menjadi langkah awal kerja sama selanjutnya. Baik dalam berbagai bentuk program kerja sama, maupun upaya pembentukan koperasi sekunder.

Laporan oleh: Virtuous Setyaka, Ketua KMDM

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).
- Advertisement -

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

LPPKI Dukung Pelaku Usaha Untuk Polisikan Konsumen Nakal

Padang,BeritaSumbar.com,-Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) Azwar Siri.SH dalam suasana Idul Fitri mengingatkan pada konsumen indonesia untuk tidak terlalu kosumtif dan terlena menggunakan keuangan sehingga lupa untuk hal yang penting. Hal tersebut dikatakan oleh Azwar Siri.SH di Padang Sumatera Barat, Rabu 19/5/2021.

Menko Marves : Revitalisasi Danau Maninjau Butuh Biaya 237 Milyar

PADANG -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan program penyelamatan Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat menelan biaya hingga Rp 237 Miliar. Angka sebesar itu dibutuhkan untuk proyek pengerukan sedimen sisa pakan dan kotoran ikan yang selama berpuluh-puluh tahun mengendap di dasar danau.

Wagub Dorong Percepatan UGGp Geopark Ranah Minang Untuk Ikon Pariwisata Sumbar

Padang, BeritaSumbar.com,- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy sangat mendukung dan mendorong Percepatan UNESCO Global Geoparks (UGGp) Geopark Ranah Minang "Patahan Besar Sumatera Danau Tektonik Singkarak" untuk ikon pariwisata Sumatera Barat.

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -