25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Kopertis adalah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), dan di Wilayah X mengkoordinir Sumatera Barat, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau. Koperasi Pegawai Negeri Kopertis Wilayah X didirikan pada tahun 1992, dan pada 2017 beranggotakan 600 orang untuk membantu kebutuhan anggotanya dan sedikit pembangunan sarana di sana.

Kopertis X mendorong kampus yang ada di bawah pengawasannya membangun dan mengembangkan koperasi guna menyejahterakan civitas akademika.

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas yang juga salah satu Pengawas KMDM) pernah menyatakan bahwa “koperasi bermanfaat untuk membangun kesejahteraan anggotanya sekaligus meningkatkan rasa kekeluargaan sesama”.

Dalam pertemuan tersebut, dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Koperasi Kopertis X, sedangkan dari KMDM diwakili oleh Bendahara KMDM, Direktur Pasar Rabu Tani (PRT), dan Operator PRT.

Pertemuan antara KMDM yang baru berdiri pada 20 Januari 2020 dan beranggotakan 60 orang dengan Pengurus Koperasi Kopertis X tersebut berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang Minimarket Digital yang selama ini sudah dipraktekkan oleh KMDM melalui pasarrabutani.com.

Bendahara KMDM, Eli Ratni, S.Pt., MP., pernah menyatakan bahwa “kerja-kerja KMDM diselenggarakan di dunia nyata maupun di dunia maya. Salah satunya dalam menyelenggarakan unit usaha PRT, selain menggunakan laman daring atau web, juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram, selain WhatsApp untuk mengkomunikasikan transaksi dengan para produsen dan konsumen PRT”.

Bahkan, dalam pengelolaan KMDM sebagai koperasi, juga menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dalam mengkoordinasikan kerja-kerja pengelolaan sebagai lembaga, administrasi, dan keanggotaan.

Direktur PRT, Zukri Zulkifli menyampaikan bahwa yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah (1) Pengurus KPN Kopertis X ingin belajar memasarkan produknya secara online. (2) Selama ini untuk pemasaran online mereka baru memakai orderan via whatsapp. (3) PRT menjelaskan bahwa pemasaran online yg efektif bisa dilakukan dengan website berformat toko online dan aplikasi mobile berformat toko online. Dan (4) Pengurus KPN Kopertis X sangat tertarik dengan website PRT dan berencana menduplikasikan untuk minimarket yg mereka kelola.

Bagi KMDM, setiap pertemuan dengan pengurus koperasi lainnya, baik yang berkantor di Kota Padang maupun di luar kota, selalu menjadi langkah awal kerja sama selanjutnya. Baik dalam berbagai bentuk program kerja sama, maupun upaya pembentukan koperasi sekunder.

Laporan oleh: Virtuous Setyaka, Ketua KMDM

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img