23 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Perjuangan Belajar Daring Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Di Daerah Yang Belum Terjangkau Jaringan Internet
P

- Advertisement -
Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Salah satu langkah pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 adalah dengan program dirumah saja. Baik Pegawai Negeri, swasta maupun pelajar dan mahasiwa di instruksikan untuk melakukaan kegiatan via online.
Pelajar dan mahasiswa belajar daring alias online dengan materi melalui aplikasi yang di kirim guru atau dosen. Ternyata tidak semuanya bisa melaksanakan dengan nyaman di rumah masing masing. Beberapa daerah di Sumatera Barat masih jauh dari jangkauan signal internet.
Seperti yang dirasakan puluhan pelajar dan mahasiswa dari Jorong Nenan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota ini. Saban hari mereka harus menempuh jarak 3 sampai 5 kilometer dengan kondisi jalan sangat parah. Tanjakan dan turunan menantang maut terpaksa mereka tempuh untuk bisa terkoneksi dengan jaringan internet.
Titian Panjang nama puncak pendakian antara Jorong Ronah Dan Nenan satu satunya lokasi yang bisa untuk akses jaringan internet disini. Setiap hari puluhan anak muda Jorong Nenan baik yang berstatus pelajar maupun mahasiswa berkumpul di pondok pondok yang sengaja dibuat untuk peristirahatan dalam perjalanan menuju Nenan dan Sungai Nyanyiang. Disini mereka baru bisa membuat tugas sekolah atau kampus.
Pondok kecil pinggir jalan jadi tempat belajar mereka saban hari. Bergantian untuk bisa duduk sambil mengerjakan tugas sekolah yang dikirim via online oleh guru masing masing.
Rifa Nirmana salah seorang mahasiswi asal jorong Nenan Berharap kepada pemerintah agar jaringan internet bisa segera menjangkau setiap pelosok negeri ini. Seperti sekarang ini setiap hari kami harus ke Titian Panjang untuk bisa dapatkan jaringan internet. Tugas sekolah atau kampus setiap hari dikirim secara online cerita Rifa Nirmala kepada BeritaSumbar.com pada Minggu 12/4 sore.(*)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img