31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pentingnya Cara Merawat Bayi, Dosen Dan Mahasiswa FKEP Unand Edukasi Ibu Baru Melahirkan
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Sovia Susianty
Dosen Fakultas Keperawatan Unand

Saat seorang bayi baru lahir, dunia mereka terbuka lebar dengan keajaiban dan tantangan yang menanti. Di tengah kebahagiaan kelahiran ini, seorang ibu memiliki peran sentral dalam membimbing langkah pertama bayinya. Namun, seberapa pentingkah pengetahuan ibu dalam merawat bayi?.

Pengetahuan ibu adalah kunci utama untuk memberikan perawatan dan kasih sayang yang baik kepada bayinya. Ibu adalah orang pertama yang berinteraksi dengan bayi dan memiliki pengaruh besar pada perkembangan fisik dan emosional anaknya.

Pengetahuan ibu mencakup berbagai aspek yang mencakup perawatan fisik dan emosional bayi. Ini termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti Asi ekslusif, kebersihan, tidur, dan perlindungan dari bahaya. Menyusui adalah salah satu cara terbaik untuk memberi bayi gizi yang diperlukan dalam tahap awal kehidupannya.

Ibu harus memahami pentingnya pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Selain itu, pengetahuan ibu juga mencakup pemahaman tentang tahap perkembangan bayi, seperti kapan mereka mulai berbicara, berjalan, dan mencapai tonggak-tonggak penting lainnya.

Pengetahuan ibu harus dimulai sejak awal kehamilan. Ibu harus mengumpulkan informasi sebelum bayi lahir dan terus belajar sepanjang perjalanan perkembangan anak mereka.. Pengetahuan ibu harus diterapkan di mana saja dan kapan saja, terutama di rumah.

Ini adalah lingkungan utama di mana bayi akan tumbuh dan berkembang. Ibu juga dapat mencari dukungan dan sumber daya di komunitas lokal, pusat kesehatan, atau melalui sumber online yang terpercaya.

Pengetahuan ibu juga dapat membantu mencegah bahaya dan risiko yang mungkin mengancam kesehatan bayi. Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan pengetahuan ibu yang baik. Pertama, ibu dapat mengikuti kelas prenatal untuk memahami perkembangan janin dan perawatan selama kehamilan.

Setelah bayi lahir, ibu dapat mengambil kursus atau mengikuti konseling tentang perawatan bayi. Selain itu, berbagi pengalaman dan tips dari keluarga, dan ibu lain di komunitas dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga.

Terkait dengan edukasi keluarga pada ibu yang baru memiliki bayi, pada, Pada minggu , 24 September 2023 mahasiswa Program Profesi Ners fakultas Keperawatan Universitas Andalas, pada siklus Keperawatan Komunitas melakukan Asuhan Keperawatan Keluarga, dengan topik edukasi tentang penting pemberikan ASI ekslusif pada bayi 0-6 bulan, serta penjelasan mengenai tumbuh kembang bayi.

Ibu Ns.Sovia Susianty, M.Kep selaku Pembimbing Akademik Program Profesi juga mengharapkan mahasiswa harus mengoptimalkan kesempatan yang diberikan oleh Puskesmas Pauh dan kelurahan dalam praktek profesi Ners ini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img