30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Pendidikan Kepanduan Masuk di Kurikulum Pedidikan UAD
P

Kategori -

Jogjakarta – Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memasukan pendidikan kepanduan ke dalan kurikulum pendidikan di fakultas tersebut. Pendidikan kepanduan masuk dalam mata kuliah pilihan di program studi pendidikan kewarganegaraa (PKn) dan menjadi keahlian tambahan bagi lulusan FKIP UAD.

Menurut Dekan FKIP UAD, Trikinasih Handayani, pendidikan kepanduan ini mulai 2015 masuk mata kuliah di FKIP. Terkait hal tersebut FKIP menggandeng Kwartir Wilayah (Kwarwil) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) DIY. Kerjasama kedua pihak ditandatangani di kampus UAD, Sabtu (12/12). Nota kerjasama ditandatangani Dekan FKIP Trikinash Handayani dan Ketua Kwarwil HW DIY, Muhammad Bustani.

“Ini mata kuliah pilihan di semester awal dan menjadi keahlian lulusa kita karena ada sertifikat kepanduannya,” ujarnya.

Kepala Prodi PKn FKIP UAD, Sumaryati mengatakan, mata kuliah pendidikan kepanduan ini dihitug dua sks dalam kurikulum PKn UAD. “Pendidikan kepanduan ini sangat dekat sekali dengan PKn. Kedua pendidika in sama-sama untuk membangun karakter bangsa. Ada muatan patriotisme dan cinta tanah air,” katanya.

Menurutnya, selain masuk mata kuliah, mahasiswa yang mengambil pendidikan kepanduan ini juga akan memperoleh pelatihan terkait kepanduan. Mereka akan dididik menjadi pandu HW dan memperoleh sertifikat untuk bisa menjadi pembina HW di sekolah dasar maupun menengah. “Ini tambahan kompetensi,” kattanya.

Melalui kerjasama dengan Kwarwil HW DIY, makka pelatihan kepanduan dan materi kepanduan akan dilakukan oleh kwarwil HW DIY.

Sementara itu Kepala Labolatorium PKn FKIP UAD, mengatakan, untuk menerapkan pendidikan kepanduan menjadi kurikulum, pihaknya menggelar seminar pendidika kepanduan untuk dosen PKn, guru PKn dan mahasiswa PKn se Jawa Tengah dan DIY. Seminar in diikuti 300 peserta.

“Melalui ajang ini kita akan mengidentifkasi masalah dan mencari masukan yang terbaik untuk peningkatan pendidikan kepanduan sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di UAD dan Muhammadiyah pada umumnya,” ujarnya. (Yulianingsih)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -