27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Pemprov Sumbar Izinkan TK-SD Libur Terkait Asap

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengizinkan pemerintah kabupaten dan kota di daerah itu, yang masih diselimuti kabut asap tebal untuk meliburkan murid TK dan SD.

“Murid TK dan SD rentan terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), jika kabut asap masih tebal, karena itu pemerintah kabupaten dan kota diperbolehkan untuk meliburkan mereka,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Ali Asmar di Padang, Senin.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan instruksi Penjabat (Pj) Gubernur Reydonnyzar Moenek beberapa waktu lalu terkait kabut asap.

“Selain itu, layanan kesehatan juga harus buka 24 jam untuk mengantisipasi warga yang terkena penyakit karena menghirup kabut asap ini,” ujarnya.

Dia mengakui, tiga hari terakhir kualitas udara di Sumbar semakin buruk akibat kabut asap yang semakin tebal.
Puncaknya, menurut dia, pada Senin (26/10) pagi, sejumlah penerbangan terganggu dan level kualitas udara berbahaya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh merupakan salah satu pemerintah daerah yang mengambil kebijakan untuk meliburkan murid sekolah di Sumbar.

“Murid TK dan SD diliburkan hingga Kamis oleh Pemkot. Ini sangat membantu. Anak bisa tetap berada dalam ruangan di rumah dan lebih terlindung dari kemungkinan sakit akibat kabut asap,” kata Ellya (30) warga Payakumbuh.

Dia mengatakan, kualitas udara di daerah tersebut memang memburuk sejak beberapa hari terakhir.

“Beruntung, Pemkot Payakumbuh merespon cepat keadaan ini dengan meliburkan murid TK dan SD,” katanya. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Darma-Tani Lintau IX Koto Solidkan Kekuatan Menuju Kemenangan

Demi meraup suara besar, tim pemenangan, relawan dan simpatisan Darma Tani Lintau IX Koto, sepakat solidkan serta satukan kekuatan pada sabtu (24/10/20)...

Club Sepak Bola LPPKI FC Ikut Ambil Bagian Dalam Turnamen U-14

Padang,- Club sepak bola LPPKI FC turut ambil bagian dalam kejuaraan sepak bola U-14 memperebutkan Piala SIWO PWI Sumatra Barat yang diselenggarakan...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

3 Kabag Sekretariat Daerah Jadi Kepala Dinas

Payakumbuh --- Tiga posisi kepala dinas yang sebelumnya kosong di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh telah terisi kembali. Tahapan demi tahapan penilaian cukup...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -