25.8 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat Dihentikan

Simpang Ampek – Penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dihentikan akibat kabut asap yang semakin pekat sehingga mengganggu jarak pandang.

“Benar, jadwal penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari (PAN) dari Pasaman Barat menuju Padang sudah dihentikan lima kali penerbangan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat Bobby F Riza didampingi Kepala Bandara PAN Eva Wardi Putra di Simpang Ampek, Senin.

Penghentian penerbangan tersebut dilakukan akibat kabut asap yang semakin pekat sebab penerbangan di Bandara PAN masih secara visual tergantung dari jarak pandang pilot.

“Jarak pandang pilot sudah terganggu sehingga diputuskan penghentian penerbangan untuk sementara. Saat ini jarak pandang sudah sekitar 500 meter,” ujarnya.

Ia menyebutkan untuk tahap awal penghentian penerbangan akan dilakukan sebanyak enam kali penerbangan.
“Saat ini sudah dihentikan sebanyak lima kali penerbangan dan satu kali lagi penerbangan Selasa (27/10) besok,” tambah Eva.

Menurut Eva, jika kabut asap masih pekat dan mengganggu jarak pandang maka penghentian penerbangan akan diperpanjang.

Untuk jadwal penerbangan di Bandara PAN setiap minggunya sebanyak tiga kali penerbangan yakni setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu dari Pasaman Barat menuju Kota Padang.

Ia menjelaskan sesuai Peraturan Mentri Nomor 73 Tahun 2015 tentang tarif angkutan udara perintis maka harga tiket terbaru Pasaman Barat-Padang naik dari Rp197.000 menjadi Rp392.000.

“Mudah-mudahan kabut asap cepat mereda sehingga jadwal penerbangan kembali bisa dilakukan. Kepada masyarakat diharapkan untuk dapat bersabar,” harap Eva. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

30 Orang Terjaring Razia Prokes Di Kawasan Batang Agam

Payakumbuh --- 30 orang harus memilih diberikan sanksi kerja sosial di Kawasan batang Agam. Warga yang terkejut kedatangan Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh...

Heboh, Bawaslu Hentikan Proses Hukum Dugaan Kasus Money Politic Eka- Richi

Tanah Datar, - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanah Datar menghentikan kasus dugaan money politik salah satu paslon pilkada tanah datar karena tidak...

Bawaslu Sijunjung Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

Sijunjung, Berita Sumbar--Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Hustrial Tatul, mohon maaf kepada Kepala OPD dan ASN Ranah Lansek Manih, yang berani main api,...

Tetap Konsisten Pertahankan Kampung Tangguh, Dit Pam Obvit Polda Sumbar Apresiasi Warga Kubang Gajah

Payakumbuh --- Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto bersama Kasubdit Wisata Ilva Siswanto mendatangi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -