30 C
Padang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemkab Sijunjung Terima Sertifikat Bebas Frambusia
P

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung BeritaSumbar.com,-Pemerintah Kabupaten Sijunjung menerima Sertifikat Bebas Frambusia dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan dalam acara peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTD’s) tahun 2023 di Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta Timur, Selasa (21/2).

Kabupaten Ranah Lansek Manih salah satu dari 103 Bupati dan Wali Kota seIndonesia yang menerima sertifikat frambusia.

Frambusia merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, dan sangat menular. Infeksi ini biasanya terjadi di negara wilayah tropis yang memiliki sanitasi buruk dan penyakit ini biasanya juga banyak menyerang anak-anak usia dibawah 15 tahun.

“Penerimaan sertifikat ini membuktikan bahwa kondisi sanitasi di Ranah Lansek Manih sangat baik. Mari kita jadikan sebagai motivasi dan apresiasi untuk mengoptimalkan serta meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Sijunjung, yang tidak hanya bebas Frambusia melainkan bebas dari penyakit menular lainnya,” kata Sekda melalui Kadis Kominfo David Rinaldo.

Dengan mendapatkan sertifikat sebagai Kabupaten Bebas Frambusia, kita berupaya mempertahankan status Bebas Frambusia dan menjaga derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan.

Keberhasilan ini merupakan kerja keras dan kebersamaan semua stakeholder dan masyarakat yang telah menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Untuk itu perlu diapresiasi Keberhasilan ini,karena menjadi tanggung jawab semua, kata David.

“Untuk mempertahankan status bebas Frambusia, tentunya harus menjaga kesehatan melalui pembangunan kesehatan yang berwawasan lingkunga serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tuturnya.

Pemkab Sijunjung akan terus mendukung Indonesia bebas Frambusia di tahun 2024 dengan ikut berkomitmen menggerakkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan kolaborasi dan bekerjasama dalam mendukung Indonesia bebas Frambusia.

“Kita di Pemkab Sijunjung bertekad untuk menggerakkan seluruh masyarakat dalam mencegah munculnya Frambusia dengan melakukan kegiatan promosi kesehatan,” tambah David. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img