24.2 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

PNS Pemkab Pasaman Barat Miliki Izajah Palsu?
P

Kategori -

Simpang Ampek, Sumbar – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) segera melakukan pemeriksaan ijazah PNS terkait maraknya informasi tentang ijazah palsu.

“Kalau seandainya ada ditemukan ijazah palsu, maka tindakan tegas berupa pencopotan jabatan akan diberikan kepada pejabat tersebut,” tegas Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Yasri Uripsyah di Simpang Ampek, Sabtu.

Ia mengatakan hingga saat ini surat edaran soal ijazah palsu dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) belum sampai ke Pemkab Pasaman Barat.

Pihaknya hingga kini masih menunggu surat edaran tersebut, termasuk menunggu pedoman dan teknis dari Gubernur Sumbar.

Ia mengakui di Pasaman Barat tidak tertutup kemungkinan ada pejabat atau oknum PNS yang memakai ijazah palsu tersebut.

“Rencana kita memang akan ada melakukan pemeriksaan izajah palsu terhadap pejabat/pegawai dilingkungan Pemkab. Tapi karena masih terkendala surat edaran dari MenPAN RB dan pedoman teknis dari Gubernur Sumbar belum diterbitkan makanya kita tunggu dulu,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pemeriksaan ijazah palsu itu akan dibentuk tim dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pasaman Barat.

Isu ijazah palsu itu memang diakui sudah jadi isu nasional. Apalagi surat edaran Nomor 3 Tahun 2015 tersebut diterbitkan terkait terungkapnya kasus ijazah palsu yang saat ini dinilai banyak beredar.

Ijazah palsu yang akan diperiksa itu mulai dari izajah perguruan terendah hingga tertinggi. Karena akibat pegawai memakai ijazah tersebut sangat merugikan negara dan masyarakat.

“Artinya, oknum PNS/pejabat yang memakai gelar S2 dan lainnya itu dibayar oleh negara kepada mereka. Padahal, ijazahnya palsu,”ujarnya.

Sementara, Kepala BKD Pasaman Barat, Nofdinal Yefri menambahkan, memang rencana dalam waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan ijazah palsu bekerjasama dengan inspektorat.

Pemeriksaan ijazah itu khusus yang dari perguruan tinggi. Kapan waktunya belum bisa disampaikan oleh mantan Kepala Dinas Kehutanan Pasaman Barat ini.

Biasanya mengenai izajah palsu itu banyak dipakai oleh seorang guru atau pegawai yang bertugas pada Dinas Pendidikan.

Kemudian pada bidang kesehatan, seperti di Dinas Kesehatan, RSUD dan lainnya. Sanksi yang diberikan kalau ada diketahui PNS memakai gelar palsu adalah dicopot dari jabatannya hingga diberhentikan.

“BKD dan inspektorat dalam waktu dekat akan turun memeriksa izajah PNS. Kalau ketahuan bisa diberhentikan sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Sementara Sekretaris LSM Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) Pasaman Barat, Devi Irawan Lubis menyampaikan pemeriksaan izajah PNS nantintinya diharapkan dilakukan secara transparan.

Sebab, tidak tertutup kemungkinan ada oknum PNS/pejabat yang sengaja memakai gelar akademik seperti MM, M Kes dan lainnya padahal izajahnya palsu atau bodong.

“Kita minta kepada tim Pemkab apakah dari BKD atau inspektorat dalam pemeriksaan izajah palsu itu melibatkan wartawan atau LSM,” tegasnya.

Ia menjelaskan, praktik izajah palsu ini sudah jelas melanggar Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Kalau ada ditemukan PNS memakai izajah palsu, diharapkan jangan hanya dicopot atau diberhentikan saja, tapi kalau ada celah hukumnya, dipidanakan saja ke pihak penegak hukum,”tegasnya.

 

[Ant/Oleh Altas Maulana]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -