25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.
P

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi, S.Sos. MM. didampingi Kabid Pengembangan Wisata Wiwiek Herawati itu, diikuti oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Ulakan Tapakih yaitu Plt. Camat Hj. Nurmalis SE. MM, Danramil 07/PK Kapten Inf. Agus Lesmono, Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkanaini, Kepala KUA Muhammad Amin dan Plt. Sekcam Anesa Satria beserta para Kasi dan Kasubag. Sementara dari Tungku Tigo Sajarangan (pemangku Adat, pemangku Syara’ dan pemangku Undang) dihadiri oleh niniak mamak nan sapuluah dan ampu Syara’ beserta seluruh Wali Nagari dan Ketua Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Dalam laporannya, Camat Nurmalis mengatakan. Bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah, untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan dengan Niniak Mamak nan sapuluah, Alim Ulama yang terdiri dari Kadi di Ulakan, Kali di Tapakih dan Katik di Katapiang beserta Tuangku Kalifah dan Cadiak Pandai yang tergabung dalam Tungku tigo sajarangan.

“Karena pertemuan ini sudah sangat lama tidak dilaksanakan, kedepannya akan dilakukan secara berkala dengan lokasi bertempat di Nagari secara bergantian,” jelas Nurmalis.

“Kemudian, kita akan merumuskan jadwal dan tempat pertemuan antara Tungku Tigo Sajarangan Ulakan, Tapakih dan Katapiang dengan Bupati dan Muspida Kabupaten Padang Pariaman serta membahas program pembangunan Pariwisata di Kecamatan Ulakan Tapakih ke depan, khususnya yang berkaitan dengan nilai adat dan agama,” ujar Nurmalis.

Dalam kesempatan itu, Danramil 07/PK Kapten Inf. Agus Lesmono mengatakan. Bahwa Rapat Koordinasi yang dilakukan ini, merupakan wadah silaturrahim antara Forkopimca dengan tokoh adat dan agama maupun tokoh masyarakat di sekitar Ulakan Tapakis.

“Hal ini, dapat memupuk kebersamaan dan menimbulkan rasa saling hormat menghormati. Selain bagian dari program Pembinaan Teritorial, sekaligus sebagai media berkomunikasi antara TNI dan Masyarakat,” ujar Agus Lesmono.

Kapten Inf. Agus Lesmono juga menghimbau kepada masyarakat, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan covid -19. Karena hal tersebut untuk keselamatan kita, keselamatan keluarga kita dan keselamatan masyarakat dari bahaya penularan covid -19.

Danramil juga menyampaikan, tentang isu-isu yang berkembang saat ini, serta meminta kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat membantu mensosialisasikan kepada warga. Agar masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang tidak jelas sumbernya, sehingga dapat merugikan masyarakat sendiri.

Sehubungan dengan Kecamatan Ulakan Tapakih yang memiliki potensi wisata yang tidak dimiliki oleh Kecamatan lain. Kepala Dinas Pariwisata Jon Kenedi menyampaikan kepada forum rapat. Agar destinasi wisata yang dimiliki, yaitu Pantai Tiram dan Talao serta Kawasan Makam syekh Burhanuddin dapat dikembangkan dan tingkatkan pemanfaatan. Sehingga akan menggerakkan perekonomian masyarakat di Nagari setempat.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, tentunya juga akan berupaya untuk mencarikan solusi, berupa bantuan dari Kementerian, BUMN dan instansi terkait lainnya. Karena destinasi wisata makam syekh Burhanuddin, merupakan satu-satunya objek wisata religius di Sumatera Barat yang harus kita pikirkan bersama pengembangannya,” kata Jon Kenedi optimis. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Setelah Buron, Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diringkus Polisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Setelah sempat buron alias melarikan diri selama hampir empat bulan, akhirnya salah satu pelaku pengeroyokan korban tewas akibat teriakan maling...

Tim Terpadu Lakukan Pengawasan Perizinan Tambak di Pesisir Pantai Padang Pariaman.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Untuk meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan di daerah. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha tambak udang, yang semakin banyak bermunculan di pesisir pantai daerah itu.

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -